cara dapat uang dari tiktok

Mungkin kamu sudah tidak asing mendengar sosial media bernama TikTok. Identik dengan jogetan dan video receh anak muda, TikTok sudah berkembang pesat. Sekarang, kamu pun bisa menemukan berbagai cara menghasilkan uang dari TikTok, bahkan sebagai pemula.

Sebelum memulai karir TikTok kamu, yuk simak artikelnya!

 

Memangnya, Apa Itu TikTok?

Bagi kalian yang belum terlalu akrab dengan TikTok, TikTok adalah sebuah sosial media yang memberikan penggunanya keleluasaan untuk membuat video pendek berdurasi pendek. Durasinya pun bisa sependek 15 detik hingga 3 menit.

Ciri khas TikTok antara lain adalah adanya fitur For You Page yang memungkinkan orang menemukan video baru sesuai interest mereka. Walau sempat terkesan alay dan bahkan terblokir oleh Kominfo di tahun 2018, aplikasi ini sudah berubah jauh.

Apakah TikTok Menghasilkan Uang?

Bukan lagi hanya sekedar menari saja, aplikasi ini berkembang pesat. Bahkan di tahun 2020, penggunanya pun mencapai lebih dari 22 juta lho!

Karena itu, berkembang pula berbagai cara dapat uang dari TikTok.

 

Baca Juga: Cobain 4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula!

 

8 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Serupa dengan platform sosial media lainnya, TikTok juga dapat kamu monetisasi. Baik itu melalui iklan, atau menawarkan jasa yang berhubungan dengan pengelolaan TikTok.

Dari sini, muncul 8 peluang berikut. Yuk, cari tahu mana yang cocok menjadi penghasilan TikTok kamu.

  1. Menjadi Influencer TikTok
  2. Donasi atau Payout Coins
  3. Jasa Konsultan TikTok
  4. Jual Beli Akun TikTok
  5. TikTok Marketing
  6. Agensi Influencer
  7. Jual Produk Sendiri
  8. Memulai Karir Sebagai Artis

Penasaran? Cek dulu pembahasan satu per satunya berikut!

1. Menjadi Influencer TikTok

Jika kamu sudah tahu cara mengumpulkan followers dan viewers yang lumayan tinggi, kamu bisa mempertimbangkan menjadi influencer TikTok. Dengan begini, kamu pun bisa membuka endorse atau paid promote untuk brand dan agensi. 

Namun, sebelumnya kamu pun perlu tahu cara membangun akun TikTok kamu. Yang penting adalah mempunyai ribuan di atas followers, serta angka views, likes, dan engagement yang bagus.

Berikut adalah tips mudah meningkatkan followers kamu di TikTok:

  • Tetapkan suatu niche untuk konten kamu;
  • Konsisten dalam mengunggah konten, kalau bisa setiap hari;
  • Pastikan profil TikTok kamu sudah terisi dan jelas, mulai dari nama, username, bio, hingga sosial media lainnya;
  • Gunakan lagu dan ikuti challenge yang viral;
  • Lakukan collab (dengan stitch atau duet) dengan TikTokers lainnya;
  • Pilih waktu yang tepat untuk mengupload.

Penasaran lebih lanjut? Tenang aja, kamu bisa cek penjelasan lebih lanjutnya di bagian Tips Mengembangkan Penghasilan TikTok ya!

2. Donasi Koin TikTok

Berbeda dengan fitur live di platform sosial media lain, TikTok menyediakan fitur “donasi”. Karena itu, jika followers kamu sudah tinggi dan kamu melakukan live, kamu berpotensi mendapatkan donasi, serupa dengan platform Twitch.

Kurang lebih, begini cara kerjanya:

  • Pengguna bisa beli koin, dimana 100 koin setara dengan $1.39 (kurang lebih Rp20 ribu)
  • Koin ini bisa pengguna pakai untuk donasi saat live ke TikToker favorit kamu
  • TikToker bisa mengubah koin yang mereka terima dan mengubahnya menjadi “diamond” yang bisa kamu cairkan melalui PayPal.

Cukup menarik, bukan? Dengan begitu, waktu yang kamu luangkan membuat live, serta followers kamu pun bisa mengapresiasi kamu.

3. Jasa Konsultan TikTok

Jika kamu sudah jago dalam meningkatkan followers dan mengoptimasi konten di TikTok, kamu pun bisa membuka jasa konsultan. Karena TikTok pun relatif baru, masih banyak orang yang belum mengerti cara menggunakannya.

Biasanya jasa konsultan memberikan panduan bagi orang-orang baru yang ingin mencapai ribuan hingga jutaan pengguna TikTok. Ada kemungkinan kerjaan kamu pun meliputi:

  • Mengoptimasi konten;
  • Mengelola akun TikTok mereka;
  • Membuat strategi marketing;
  • Memberikan laporan pertumbuhan akun;
  • Mencari influencer dan tawaran kerjasama.

Mengingat TikTok mempunyai algoritma yang memudahkan konten viral, kamu pun bisa memulai dengan mempelajari dulu cara kerja viral marketing.

4. Memperjualbelikan Akun

Kalau kamu sudah tahu “formula” dalam meningkatkan followers, maka kamu bisa menjual akun yang kamu punya. Kemudian, buat kembali akun baru dan mulai dapatkan followers sedikit demi sedikit dan jual kembali.

Langkahnya pun lumayan sederhana, antara lain:

  • Tentukan niche tertentu;
  • Naikkan followers, like, views, dan engagementnya;
  • Buat komunitas dengan pengikut kamu yang tertarik pada niche kamu;
  • Setelah besar, tawarkan akun kamu ke perusahaan atau bisnis yang berhubungan dengan niche tersebut.

Kenapa Cara Ini Menguntungkan?

Di zaman modern ini, bisnis tidak bisa hanya menjual saja, tetapi harus bisa membangun kedekatan dengan calon pembeli mereka. Karena itu, penting untuk bisa menarik perhatian melalui minat mereka melalui niche yang kamu buat.

Jika kamu berhasil membangun followers dan komunitas pada niche itu, tentu bisnis akan tertarik untuk mempunyai akses, bukan? Karena dengan begitu, mereka bisa menjangkau calon pembeli mereka sesuai minat masing-masing sebelum menawarkan produk mereka.

Kamu mendapat keuntungan, followers kamu pun bisa mendapat manfaat dari produk, sementara bisnis juga mendapatkan penjualan. Semuanya pun sama-sama untung.

5. Mengelola TikTok Ads

TikTok Ads adalah platform pemasaran digital di TikTok. Serupa dengan Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube dan Google AdSense, TikTok pun mempunyai ads yang menggunakan hyper targeting.

Dengan hyper targeting, bisnis pun bisa memasang iklan kepada orang-orang yang relevan, misalnya yang memang tertarik dengan produk yang mereka tawarkan. Jika bisnis menjual makanan, maka lebih baik diperlihatkan kepada pengguna TikTok yang foodie, bukan?

Namun, karena TikTok tergolong platform baru, masih belum banyak yang mengerti cara mengelola TikTok Ads. Jika kamu bisa memanfaatkan peluang ini dan belajar cara mengelola TikTok Ads, maka akan ada banyak bisnis yang belum mengerti cara kerja TikTok yang akan ingin mempekerjakan kamu.

6. Mendirikan Agensi Influencer TikTok

Tidak hanya menjadi influencer, kamu bisa membawa peluang ini selangkah lebih maju dan mendirikan agensi yang berfokus pada influencer TikTok. Agensi berfungsi menjadi penghubung antara influencer dan bisnis. 

Biasanya agensi diperlukan untuk mengatur budget perusahaan, menghubungi dan membuat kerjasama dengan berbagai influencers, serta memastikan materi konten yang influencer akan unggah sudah bagus dan menjual.

Memang TikTok sudah menyediakan fitur bernama Creator Marketplace, dimana bisnis bisa langsung melakukan kerjasama dengan influencer. Namun, biayanya masih terbilang tinggi. Karena itu, pastikan ketika menetapkan harga, kamu dapat memberikan harga yang lebih murah daripada Creator Marketplace.

7. Jual Produk Sendiri

Jika kamu sudah terkenal dan mempunyai followers TikTok yang lumayan banyak, kamu bisa mulai menjual produk sendiri. Mungkin dalam bentuk merch atau bahkan produk make-up kamu tersendiri. 

Contohnya saja Addison Rae Easterling, seorang bintang TikTok yang mempunyai peluang untuk mengeluarkan produk make-up nya tersendiri yang bernama Item Beauty.

8. Memulai Karir Sebagai Artis

Jika kamu mempunyai mimpi untuk menjadi artis, baik itu sebagai aktor, musisi, penyanyi, atau seniman lainnya, maka kamu bisa memanfaatkan TikTok untuk meniti karir sebagai artis. Melihat contoh Baby Ariel, dimana ketenarannya di TikTok berhasil membuatnya mendapat kesempatan untuk berakting di Disney Channel dan Nickelodeon..

 

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang untuk Kaum Rebahan

 

Tips Mengembangkan Penghasilan TikTok

Karena kamu sudah tahu berbagai cara bisa mendapatkan uang dari TikTok, sekarang kamu hanya perlu tahu cara untuk bisa mengembangkan akun kamu. Karena tanpa pertumbuhan followers yang signifikan, akan susah untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok.

1. Memilih Suatu Niche

Niche adalah topik tertentu yang menjadi peminatan pengguna TikTok. Contoh dari niche itu seperti apa sih? Berikut adalah beberapa niche terpopuler di TikTok:

  • Hiburan: Berhubungan dengan film, buku, serial, musik, komik, anime, dan lainnya.
  • Pertunjukan: Komedi, akting, lipsync, cover lagu, prank, dance, challenge, dan lainnya.
  • Gaya hidup: Tips hubungan, sekolah, karir, pengembangan diri, motivasi, dan lainnya.
  • Pembelajaran: Tutorial, teknologi, resep memasak, fotografi atau videografi, dan lainnya.
  • Kecantikan: Makeup, gaya busana, perawatan rambut dan kuku, dan lainnya.

Lantas, bagaimana kamu bisa menunjukkan kepada algoritma TikTok bahwa kamu memilih niche ini? Mudah saja, kamu bisa mulai dengan melakukan trik-trik berikut:

  • Mencari dan menonton konten sesuai niche;
  • Follow TikToker lain yang mempunyai niche sama;
  • Buat konten sesuai dengan niche secara konsisten;
  • Cari hashtag yang berhubungan dengan niche;
  • Ikuti tren yang relevan dengan niche kamu.

Kenapa Memilih Niche Penting? 

Algoritma TikTok menganalisa niche yang kamu buat. Jika kamu konsisten dan fokus ke niche tertentu, maka kemungkinan kamu bisa masuk FYP pun akan lebih tinggi.

asuransi digital

2. Pasang Target Kamu

Niche sudah ada. Berikutnya, kamu perlu memasang target performa akun kamu. Misalnya saja persentase engagement dan followers tertentu. Hal ini penting, karena dari situ, kamu pun bisa menetapkan berapa rate card kamu. 

Cara cepat lainnya, kamu juga bisa menggunakan TikTok Money Calculator yang dibuat oleh Influencer Marketing Hub.

3. Cari Tahu Cara Agar FYP di TikTok

Fitur FYP bekerja ketika algoritma TikTok merekomendasikan postingan kamu ke pengguna TikTok lain. Fitur ini serupa dengan Explore dan bertujuan agar orang yang tidak meng-follow kamu tapi berniche serupa bisa menemukan konten kamu.

Lantas, bagaimana cara agar bisa FYP di TikTok?

  • Gunakan musik yang naik daun;
  • Buat konten sesuai tren;
  • Masukkan kata kunci niche di caption;
  • Sertakan “call to action” di caption untuk mengundang komentar;
  • Gunakan hashtag yang sesuai niche kamu;
  • Gunakan hashtag #foryoupage atau #fyp;
  • Berinteraksi dengan konten di FYP yang sesuai niche kamu.

4. Raup Followers

Pertama, pastikan followers kamu organik. Artinya apa? Orang memang memfollow kamu karena mereka ingin memfollow kamu, bukan karena mereka dibeli. Hal ini akan sangat berpengaruh pada angka engagement kamu.

Lantas, gimana sih cara meraih followers secara organik? Pertama, kamu perlu melakukan semua langkah di atas, dimana kamu menentukan dulu niche dan target, serta berusaha masuk ke FYP. Dengan begitu, semakin banyak orang yang melihat konten kamu.

Setelah itu, pastikan kamu sudah mengisi profil kamu dengan bagus. Pasang username yang menarik, bio yang jelas, serta foto asli kamu.

Siap Dapat Uang dari TikTok?

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara mendapatkan uang dari TikTok. Walau mungkin berbeda dari sosial media lainnya, tapi cara kerjanya pun serupa. Maka dari itu, jangan kenal lelah ya membuat konten dan terus belajar cara mengoptimasinya agar kamu bisa mendapat penghasilan yang lebih tinggi.

Artikel Terkait Lainnya