cara mengelola keuangan

Dengan berbagai kondisi finansial di dunia saat ini seperti inflasi yang menyebabkan kenaikan harga, perlu untuk mengetatkan keuangan agar tidak boros. Cara mengelola keuangan banyak bisa ditemukan baik secara online atau offline, tetapi masih sulit untuk menahan keinginan untuk membeli sesuatu yang diinginkan meski bukan suatu kebutuhan. 

Saat ini Indonesia sedang mengalami kesulitan finansial akibat terjadinya inflasi yang diperkirakan oleh Bank Indonesia inflasi sebesar 1,09 persen. Inflasi ini menyebabkan kenaikan harga pada beberapa hal, salah satunya adalah kenaikan harga bbm. Selain berharap keadaan finansial bisa balik seperti semula, belajar cara mengelola finansial bisa dilakukan untuk saat ini. 

Table of Contents

6 Cara Mengelola Keuangan

Cara Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan mungkin sulit untuk dilakukan akibat kesusahan menahan keinginan. Hal yang paling penting untuk belajar cara mengelola keuangan adalah mengetahui perbedaan dari kebutuhan dan keinginan. Jika bisa mengontrol hal yang diinginkan maka bisa memprioritaskan pengeluaran untuk hal yang dibutuhkan dan membuat tabungan. 

Berikut adalah 6 cara mengelola keuangan agar bisa mengontrol pengeluaran bulanan dan mencegah boros akibat keinginan!

  • Membuat Anggaran Bulanan 

Untuk mengontrol pengeluaran bulanan, pastikan untuk membuat anggaran bulanan dan persiapkan setiap awal bulan sebelum membelanjakan penghasilan yang didapatkan. Untuk cara mengelola keuangan ini berhasil harus rajin mencatat pengeluaran dengan rutin.

  • Menyisihkan Penghasilan Sebagai Tabungan 

Jadikan menabung sebagai suatu kewajiban. Dari pada menabung dari sisa pengeluaran, ubah dengan menabung menjadi sebuah prioritas dan sudah menyisihkan sebagian dari tabungan untuk ditabung pada setiap awal bulan.

  • Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak 

Saat menggunakan kartu kredit, pengeluaran akan ditanggung dahulu oleh pihak bank hingga dikirimkan total pengeluaran yang harus dibayar ke bank tiap akhir bulan. Gunakan kartu kredit dengan bijak untuk mencegah situasi dimana tidak bisa membayar tagihan bank. 

  • Membuat Laporan Keuangan Harian

Catat semua pengeluaran yang dilakukan sehingga bisa melacak setiap transaksi dan mengevaluasi pengeluaran mana yang bisa diminimalisir untuk mengontrol pengeluaran setiap bulan.  

  • Membuat Dua Rekening Bank 

Membuat rekening terpisah bisa menjadi cara mengelola keuangan yang baik. dedikasikan satu rekening untuk menabung dan rekening satu lagi untuk menerima gaji dan melakukan pengeluaran. Dengan membedakan kedua rekening tersebut akan lebih mudah melihat transaksi yang dilakukan sambil menabung dan lebih mudah juga untuk mengelola pengeluaran.

  • Melakukan Investasi 

Cara mengelola keuangan yang bisa dilakukan sambil mempersiapkan masa depan bisa dilakukan dengan investasi. Mempersiapkan masa depan hanya dengan menabung sulit untuk dilakukan dan terkadang tidak cukup. Melakukan investasi sejak dini bisa menjadi passive income di kemudian hari saat sudah pensiun atau jika ingin pensiun dini.

Baca Juga: 7 Cara Bisnis Online dari Nol, Apa Saja?

Metode Mengatur Keuangan

Metode Mengatur Keuangan

Selain 6 cara mengelola keuangan tersebut, terdapat 5 metode mengatur keuangan yang bisa diaplikasikan. Pelajari 5 metode tersebut di bawah ini!

  • Kakeibo

Salah satu cara mengelola keuangan bisa dengan kakeibo. Kelola keuangan dengan kakeibo adalah metode yang banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga Jepang karena banyak dari mereka yang berperan sebagai bendahara dalam rumah tangga mereka. 

Untuk melakukan kakeibo hanya membutuhkan buku tulis dan alat tulis, baik pulpen maupun pensil. Kemudian jawab 4 pertanyaan ini setelah menerima gaji:

  • Berapa jumlah uang yang dimiliki?
  • Berapa yang harus disimpan?
  • Berapa yang harus dibelanjakan?
  • Bagaimana cara meningkatkan uang yang ditabung?

Setelah melakukan evaluasi dengan 4 pertanyaan tersebut, rencanakan pengeluaran yang bisa dibagi menjadi 4 kategori:

  • Pengeluaran primer yang merupakan pengeluaran wajib (aktivitas sehari – hari seperti belanja kebutuhan rumah tangga, membayar pajak, dan lainnya.)
  • Pengeluaran sekunder atau pengeluaran yang sifatnya tidak wajib dan bisa ditunda kapan saja 
  • Kultur, pengeluaran untuk aktivitas yang bersifat menambah wawasan seperti pergi ke museum, pergi ke konser atau menonton film
  • Pengeluaran ekstra yaitu pengeluaran yang bersifat tidak terduga seperti jika seseorang jatuh sakit
  • Metode Amplop

Tata Kelola keuangan menggunakan metode amplop sangat bagus jika sering melakukan transaksi cashless

Untuk melakukan metode ini, siapkan beberapa amplop dengan kategori kebutuhan dan keinginan yang akan dilakukan sebagai pengeluaran bulan ini. Tentukan jumlah uang setiap amplop sesuai dengan preferensi yang memadai kondisi keuangan. Saat sudah menerima gaji, masukkan uang pada tiap amplop dan catat pengeluaran yang dilakukan.

  • Metode 50/30/20

Metode 50/30/20 adalah cara mengelola keuangan dengan mengalokasikan 50 persen dari pendapatan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk keinginan pribadi dan 20 persen dari pendapatan akan masuk ke tabungan. 

  • Metode Anggaran Bola Salju

Pengelolaan keuangan dengan melakukan metode anggaran bola salju cocok jika terlibat banyak utang dan ingin melunasinya satu per satu. 

Cara pertama yang dilakukan adalah mengetahui total utang yang wajib untuk dibayar dan dibagi ke jumlah utang yang paling sedikit hingga terbanyak. Jika sudah tahu jumlah utang yang paling sedikit, mulai membayar dari situ dan terus lanjutkan hingga membayar jumlah hutang yang besar.

  • Metode Menggunakan Aplikasi 

Pengelolaan keuangan semakin mudah dengan aplikasi yang tersedia di smartphone sehingga bisa diakses kapan saja. Hanya perlu mengunduh aplikasi dan mengikuti metode cara mengelola keuangan yang disediakan oleh aplikasi tersebut. pada umumnya aplikasi budgeting tersebut menyediakan opsi untuk membuat kategori pengeluaran agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dunia sedang mengalami krisis finansial atau tidak, penting untuk mengetahui cara mengelola keuangan sehingga agar bisa berhemat dan mempersiapkan tabungan di masa depan atau jika ada kejadian tak terduga.

LOVING PARENT Super easy health

Itulah cara mengelola keuangan yang bisa kamu terapkan. Penting untuk melakukan persiapan untuk masa depan, salah satunya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa membantu mengelola keuangan dengan membantu finansial saat terjadi hal tak terduga. Super Easy Health dari Super You bisa membantu proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan, lho! Yuk, cek sekarang!

Artikel Terkait