Rumus menghitung emas

Emas yang merupakan jenis logam mulia sangat diminati oleh masyarakat. Dengan tingginya minat terhadap emas, cara menghitung harga emas menjadi suatu informasi yang penting agar bisa mengukur kadar emas karena emas dalam bentuk perhiasan berbeda dengan emas murni karena dicampur dengan bahan lain. 

Saat memasuki dunia investasi emas, penting untuk memahami cara menghitung harga emas, tidak hanya karena perbedaan emas perhiasan dengan emas murni, tetapi juga karena harga emas di Indonesia yang cenderung selalu meningkat.  

Cara Menghitung Harga Emas

Penggunaan Emas

Penggunaan Emas

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang diminati untuk berbagai macam hal. Ketertarikan atas emas ini terjadi setiap hari dan bukan musiman. Ketahui penggunaan emas oleh masyarakat hingga emas menjadi sangat berharga!

  • Mata Uang

Salah satu penggunaan emas adalah digunakan sebagai mata uang dalam kata lain untuk melakukan sebuah transaksi. Dulu, saat melakukan transaksi menggunakan emas bentuknya akan beragam, tetapi sekarang bentuk emas yang digunakan untuk melakukan transaksi lebih banyak dibentuk menjadi koin.

  • Konsumsi Perhiasan 

Penggunaan emas yang paling umum adalah sebagai konsumsi perhiasan yang umum bahkan di negara besar, seperti China dan India. Penggunaan emas yang digunakan untuk perhiasan telah mencapai 52% akibat emas menjadi logam mulia yang paling mudah untuk dibentuk.

  • Investasi

Selain sebagai perhiasan, penggunaan emas juga bisa untuk investasi. Namun, emas yang digunakan untuk investasi dan perhiasan berbeda ya. Emas yang digunakan untuk melakukan investasi emas adalah logam mulia utuh, seperti emas batangan atau kepingan. 

  • Elektronik

Tidak banyak yang tahu, tetapi penggunaan emas juga berlaku dalam perakitan elektronik sebagai perangkat lunak, chip memori dan sirkuit cetak, serta perakitan smartphone, tablet dan laptop.

  • Kedokteran 

Emas juga bisa digunakan di kedokteran loh. Kegunaannya dalam pengobatan adalah sebagai bahan implantasi dan perangkat medis. Emas bisa digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit lainnya.

  • Seni 

Emas banyak digunakan untuk bahan pembuatan seni, seperti bahan lukisan, patung atau dekorasi. Bisa juga sebagai hasil seni oleh pengrajin dalam bentuk ukiran kayu dan batu permata.

  • Industri

Dalam industri emas banyak digunakan untuk bahan pembuatan kaca tahan panas. Berbagai industri lainnya yang menggunakan emas adalah industri kosmetik dan farmasi, juga industri pertambangan.

Nah, banyak kan kegunaan dari emas? Kegunaan dari emas tersebut membuktikan bahwa logam mulia sangat penting untuk kehidupan manusia dan karena sifat dari emas adalah langka dan mahal, maka penggunaanya terbatas dan hanya pada aplikasi khusus yang memerlukan kemampuan khusu emas. 

Dengan pentingnya emas sebagai logam mulia, penting untuk mengetahui cara menghitung harga emas, karena itu mari pelajari caranya di bawah ini!

Baca Juga: 7 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Ketahui Sekarang!

Perbedaan Harga Beli dan Jual Emas

Perbedaan Harga Beli dan Jual Emas

Sebelumnya, cara menjual emas agar tidak rugi adalah mengetahui perbedaan dari harga beli dan jual emas. 

Perlu diketahui saat membeli emas, maka pembeli akan dikenakan harga pembuatan, seperti pada saat membeli emas batangan pembeli akan dibebani dengan biaya pembuatan sertifikat. 

Berbeda dengan saat menjual emas. Jika saat membeli akan terkena biaya pembuatan, menjual akan dikenakan berbagai potongan, seperti potongan kegiatan operasional, biaya mencuci agar perhiasan layak dijual kembali, menangani masalah depresiasi kepada logam mulia dan berbagai kegiatan yang akan dilakukan. 

Perlu diketahui juga bahwa jika emas rusak, maka biaya potongannya juga akan berbeda dengan emas yang tidak. Selain itu, saat menjual emas juga akan ada biaya pembuatan yang tidak dihitung.

Alternatif untuk membuat biaya – biaya tersebut lebih kecil, bisa melakukan investasi emas online. Dengan biaya tersebut yang relatif lebih kecil, harga jual dan harga beli menjadi tidak jauh berbeda. 

Cara Menghitung Harga Emas

Nah, sekarang mari ketahui cara menghitung emas. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui, karena itu simak penjelasannya di bawah ini!

Kode Kadar Emas

Jika ingin mengetahui cara menghitung harga emas, perlu mengetahui apa itu kode kadar emas.

Kode kadar emas merupakan cara yang menunjukan persentase kemurnian dari sebuah emas. Emas murni memiliki kadar 100% dan dikenal dengan 24 karat, tetapi logam emas akan dicampur dengan jenis logam lainya untuk meningkatkan kekuatan serta menghasilkan warna yang diinginkan. 

Biasanya kode kadar emas akan terdiri dari dua angka yang diikuti oleh huruf ‘K’. Angka pertama tersebut yang menunjukkan persentase emas dalam campuran tersebut. Contohnya 18K menunjukkan bahwa kandungan tersebut terdiri dari 75% emas dan 25% logam lainnya. 

Kode kadar emas yang perlu diketahui adalah:

  • Kode 150: Ini terdiri dari kadar emas 15% dan 3,6 karat.
  • Kode 300: Ini terdiri dari kadar emas 30% dan 7,2 karat.
  • Kode 333: Ini terdiri dari kadar emas 33% dan 7,9 karat.
  • Kode 375: Ini terdiri dari kadar emas 37,5% dan 9 karat.
  • Kode 420: Ini terdiri dari kadar emas 42% dan 9,6 karat.
  • Kode 585: Ini terdiri dari kadar emas 58,5% dan 10,08 karat.
  • Kode 700: Ini terdiri dari kadar emas 70% dan 14,04 karat.
  • Kode 750: Ini terdiri dari kadar emas 75% dan 16,8 karat.
  • Kode 833: Ini terdiri dari kadar emas 83,3% dan 18 karat.
  • Kode 850: Ini terdiri dari kadar emas 85% dan 19,9 karat.
  • Kode 875: Ini terdiri dari kadar emas 87,5% dan 21 karat.
  • Kode 916: Ini terdiri dari kadar emas 91,6% dan 22 karat.
  • Kode 958: Ini terdiri dari kadar emas 95,8% dan 22,9 karat.

Rumus Menghitung Harga Emas

Rumus Menghitung Harga Emas

Nah, sekarang bagaimana mengetahui cara menghitung harga emas? 

Untuk menghitung harga emas, terdapat beberapa rumus yang bisa digunakan. Yuk, simak caranya di bawah ini!

  • Cara Menghitung Harga Emas Perhiasan 

Untuk menghitung emas perhiasan, perlu diingat bahwa ada campuran dengan perbandingan 75% yang terdiri dari emas murni dan 25% yang terdiri dari campuran lainnya. 

Harga emas x jumlah kadar emas yang terkandung di perhiasan menjadi rumusnya. 

Jika harga emas 24 karat per gramnya adalah Rp 500 ribu per gram, maka akan menjadi:

500 ribu x 75% = Rp 375 ribu potongan emas per gram.

  • Cara Menghitung Emas Per Gram 

Jika emasnya adalah kadar 70, maka cara menghitungnya adalah:

Emas kode 70 memiliki kemurnian 70%, karena itu maka harga jual dari emas 70 = Harga emas x kadar kemurnian emas x berat emas.

Harga jual emas 70 = Rp917.000 x 70% x 5

Harga jual emas 70 = Rp3.209.500

Nah, bagaimana cara menghitung emas per gram jika emas murni?

Emas murni adalah emas kadar 24 karat, cara menghitungnya adalah:

Kadar kemurnian emas = jumlah bagian emas : 24 x 100%

Kadar kemurnian emas = 100

Harga jual emas 24 karat = harga emas x kadar kemurnian emas x berat emas 

Harga jual emas 24 karat = Rp917.000 x 100% x 5

Harga jual emas 24 karat = Rp4.585.000

Tips Menghitung Kadar Emas

Nah, untuk tips menghitung kadar emas bisa dengan cara:

  • Mengetahui harga emas per gramnya dan pastikan untuk mendapatkan informasi terbarunya. 
  • Harga emas dikalikan dengan harga karat. 
  • Menghitung emas bisa dengan menggunakan rumus: harga emas x kadar karat emas. 

Itu lah cara menghitung harga emas. Pastikan saat ingin membeli atau menjual melalui tempat yang aman dan terjamin dengan bukti yang jelas. 

super payday

Tidak hanya emas, kesehatan juga perlu aman, karena itu memiliki asuransi kesehatan dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait