cara menghitung persen

Banyak orang yang bertanya tentang cara menghitung persen di kalkulator, excel, dan google sheets. Namun, sebelum jauh kesana ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian apa itu persen, rumus menghitung persen, hitungan persen, dan lain sebagainya.

Persen pada dasarnya adalah bilangan matematis yang paling sering digunakan dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja potongan harga di pusat perbelanjaan atau supermarket sampai dengan statistic pertandingan beberapa cabang olahraga.

Table of Contents

Apa Itu Persen?

Mengutip laman KBBI, persen diartikan sebagai bentuk bilangan yang mewakili sebagian atau keseluruhan sebuah nilai atau barang dengan membentuk ratio seperseratus. Nilai tertinggi dari persen adalah tak terhingga dan nilai terendahnya adalah 0%. Yang harus menjadi catatan adalah tidak ada nilai minus dari jenis bilangan ini.

Jika berbicara sejarahnya, bilangan persen ini muncul pertama kali karena adanya pemungutan pajak lelang pada zaman romawi kuno dengan menggunakan fraksi 1/100 dari nilai lelangnya atau dalam bahasa latin disebut dengan istilah centesima rerum venalium.

Pada zaman modern sekarang, frasa 1/100 ini sangat mirip dengan perhitungan metode persen untuk mencari bagian dari sebuah populasi atau nilai keseluruhan. Simbol persen yang digunakan pun mengalami perubahan dari generasi ke generasi.

Pada awalnya digunakan kata percento lalu diubah menjadi 2 simbol, yaitu (1) lalu diubah lagi menjadi tanda cetak miring (/), sedang untuk (2) kata cento diubah menjadi 00 hingga pada akhirnya sekarang menggunakan simbol (%).

Baca Juga : Ketahui Rumus Cara Menghitung Harga Emas

Cara Hitung Persen Secara Umum

Cara Hitung Persen Secara Umum

Ada rumus menghitung persen secara sederhana dan bisa dikatakan ini adalah cara termudah yang biasa digunakan untuk cara hitung persen.

Persentase (%) = (Jumlah bagian) ÷ (Jumlah Keseluruhan) x 100%.

Pada dasarnya, kita bisa mengganti bentuk pecahan, pembagian persen, bentuk decimal, bentuk rasio atau bentuk lainnya menjadi bentuk persen.

Untuk bisa menghitungnya, maka perlu mengalikan pecahannya dengan angka 100. Karena persentase itu sangat berhubungan dengan angka 100 yang akan membulatkannya menjadi 100 persen.

Selain rumus menghitung persen sederhana di atas, kamu juga bisa menghitung pecahan dari nilai persentase yang sudah diketahui dengan rumus mencari persentase:

Jumlah bagian = persentase (100%) x jumlah keseluruhan

Dengan rumus itu, maka kita bisa menghitung soal-soal yang memerlukan penyelesaian dengan persentase.

Asuransi sesuai gaji kamu

Contoh Menghitung Persen

Untuk lebih memudahkan kamu dalam cara menghitung persen, berikut kami berikan contoh menghitung persen yang mudah dan semoga bisa menjadi acuan kamu.

Misalnya ada 100 orang dalam satu kantor, lalu ada 10 orang yang tidak masuk, maka berapa persen orang yang tidak masuk?

Mak akita bisa menghitung dengan membagi 10 dengan 100, lalu dikalikan dengan 100%. Sehingga didapat hasil 10/100 x 100% = 10%.

Gampang kan? Kalau kamu mau mengetahui persentase yang masuk tinggal dikurangi saja. 100-10 = 90 orang. Maka 90/100 x 100% = 90%.

Kemudian kalau ingin kebalikannya, maka cara menghitung angkanya adalah 10% dari 100 adalah 10/100 x 100 = 10. Tentu sangat mudah bukan?

Baca Juga : Premi Asuransi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Bagaimana Cara Menghitung Persen di Kalkulator?

Bagaimana Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Cara menghitung persen di kalkulator tentu sangat mudah, prinsipnya sama seperti dengan cara yang sudah dijelaskan. Misalnya saja kamu mau mengetahui 20 itu berapa persen dari 80 sih?

  1. Pertama kamu harus tulis angka 20 di kalkulator
  2. Kedua, kamu bagi dengan angka 80
  3. Lalu, kamu kalikan dengan angka 100
  4. Terakhir, kamu tekan simbol (=) yang ada di kalkulator.
  5. Hasil akan keluar.

Nah, itu lah cara menghitung persen di kalkulator dengan sangat mudah tanpa harus sulit bertanya kepada orang lain.

Menghitung Jumlah Persen dengan Simbol (%)

Nah, cara menghitung persentase dengan simbol di kalkulator ini agak sedikit berbeda dengan cara pertama tadi. Misalnya kamu disuruh menghitung 25% dari 100 itu berapa. Maka, kamu di kalkulator begini cara menghitungnya:

  1. Ketik dahulu angka 25
  2. Lalu, kamu ketik lambang atau simbol % yang ada di kalkulator.
  3. Setelah hasilnya muncul, kamu kalikan dengan angka 100
  4. Terakhir, tekan tanda (=) yang ada di kalkulator, maka hasilnya akan keluar.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Sekarang kamu bisa menghitung persentase di kalkulator dengan sangat mudah dengan hanya menerapkan simbol yang ada.

Baca Juga : Berat Badan Ideal: Cara Menghitung BMI

Cara Menghitung Persentase di Excel dan Google Sheets

Cara Menghitung Persentase di Excel dan Google Sheets

Saat ini, penggunaan teknologi sudah semakin canggih dan mempermudah kehidupan manusia. Termasuk untuk cara menghitung persen di Excel dan cara menghitung persentase di Google Sheets. Kedua aplikasi buatan Google dan Microsoft ini memang sangat dibutuhkan oleh beberapa pihak untuk menghitung berbagai macam data.

Untuk cara menghitung kenaikan persen di Excel memang cukup mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah seperti:

  • Untuk Mengetahui Jumlah

Misal, sebesar 20% dari kolom C. Maka rumusnya adalah

=20%*C1

C1 merupakan kolom yang akan dihitung secara otomatis.

  • Untuk Mengetahui Besar Persen

Contohnya saja kamu disuruh mencari 20 itu berapa persennya dari 100. Maka rumus hitung persennya adalah:

=20/100

Lalu, kamu klik simbol persen (%) di menu bar.

Ini adalah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk cara menghitung persen di excel. Langkah yang sama juga bisa kamu lakukan untuk cara menghitung persen di Google Sheets. Karena pada dasarnya cara kerja dari Microsoft Excel dan Google Sheets sama saja.

Contoh Soal Tentang Hitungan Persen

Contoh Soal Tentang Hitungan Persen

Sekarang kita sampai pada contoh soal hitungan persen yang biasa kamu temui di kehidupan sehari-hari. Pasti ketika sedang pergi ke pusat perbelanjaan, kamu sering menemukan barang yang didiskon dan biasanya ditulis dalam sebuah kertas karton berwarna merah.

Kalau kamu bingung untuk menentukan harganya, berikut kami berikan cara menghitung persen yang sedang ada di pusat perbelanjaan.

Misalnya harga sebuah baju adalah Rp 80.000, tetapi ketika musim diskon tiba baju itu mendapatkan diskon 30%. Maka berapa harga baju itu?

Sekarang kita masukkan rumus menghitung persen yang sudah kita bahas di awal.

30/100 x Rp 80.000 = Rp 24.000

Rp 80.000 – Rp 24.000 = Rp 56.000

Jadi, harga baju tersebut setelah mendapatkan potongan adalah Rp 56.000.

Seperti itu lah kurang lebih cara menghitung persen yang bisa kamu lakukan ketika menemukan barang yang sedang dilabeli dengan label merah diskon.

Itulah tadi rangkuman SuperMin tentang cara menghitung persen yang bisa kamu lakukan dengan cara yang cukup sederhana. Semoga ini bisa bermanfaat untuk kamu semua ya. Oiya, saat ini kamu juga bisa melakukan daftar asuransi kesehatan nggak perlu pakai ribet lagi lho.

Super Well Campaign

Yes, benar sekali karena sudah ada Super Easy Health dari Super You siap melindungi kamu dari risiko penyakit dimulai dengan harga Rp 4.500 aja kok per hari. So, tunggu apalagi, cek premi kamu sekarang juga ya!

Artikel Terkait