mining bitcoin

Jika kamu adalah investor atau pemain cryptocurrency, pasti familiar dengan istilah bitcoin miner. Bitcoin miner adalah cara agar kamu bisa mendapatkan bitcoin dengan cara di proses oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah miner atau penambangan. Komputer yang memproses bitcoin tersebut disebut dengan bitcoin miner.

 

Yuk, bahas lebih jauh tentang Mining Bitcoin

Mining bitcoin sama halnya dengan cara kerja blockchain. Di hampir seluruh dunia transaksi bitcoin banyak terjadi secara bersamaan. Transaksi-transaksi ini kemudian dikelompokan ke dalam grup yang sama, grup ini disebut dengan istilah blockchain. Semua orang bisa menjadi bitcoin miner. Namun ada beberapa langkah yang memang harus kamu ikuti untuk memulai penambangan bitcoin.

 

1. Menggunakan Hardware Mining Bitcoin

Untuk menambang bitcoin, sebagai bitcoin miner kamu butuh hardware sebagai mesinnya.

  • CPU (Central Processing Unit)

Mining bitcoin membutuhkan CPU yang mumpuni agar ketika mendapatkan masalah mining, dapat diatasi dengan cepat. Seiring berkembangnya mining bitcoin, orang pun ada yang beralih ke GPU.

  • GPU (Graphics Processing Unit)

GPI adalah pemrosesan komputer yang dapat bekerja lebih cepat dibandingkan dengan CPU. Pada umumnya masalah bitcoin ini terletak pada masalah matematika. Jadi kamu harus banyak research ya sebelum menjadi bitcoin miner.

  • FPGA (Field Programmable Gate Array)

Berikut adalah FPGA yang merupakan unit pemrosesan komputer yang juga dapat digunakan untuk menambang bitcoin.

  • ASIC (Application Specific Integrated Circuit)

ASIC adalah hardware khusus mining bitcoin lho. ASIC cukup terpercaya dalam melakukan penambangan bitcoin. ASIC memang diciptakan dengan tujuan mining bitcoin gratis dalam jumlah yang banyak.

 

2. Gabung Kolam Mining Bitcoin

Cara kedua ini adalah cara yang cukup banyak diikuti. Kolam penambangan bitcoin merupakan sekelompok penambangan bitcoin yang tergabung secara kolektif. Jika kamu pemula dalam mining bitcoin sebaiknya kamu bergabung dengan bitcoin farming atau kolam penambangan bitcoin. Namun pilihlah kolam yang memiliki reputasi baik. Beberapa contoh diantaranya adalah Slushpool, Pool.BTC.com, dan Kanopool.

 

3. Software Mining Bitcoin

Selain hardware yang memegang peranan penting, tentu kamu butuh software khusus untuk mining bitcoin. Software yang dapat mendukung mining bitcoin seperti Mac OS, Windows OS, dan Linux OS. Contoh software yang dapat digunakan untuk penambangan bitcoin adalah CGMiner dan BitMiner. Setelah terpasang perangkat software, lanjut ke cara berikut.

 

4. Buka Bitcoin Wallet

Langkah ini adalah dengan menambang dan membuat dompet bitcoin. Bitcoin wallet diperlukan untuk menyimpan hasil penambangan bitcoin. Ada tiga jenis dompet bitcoin diantaranya dompet web, dompet software, dan dompet hardware. Dari beberapa jenis dompet tersebut, dompet hardware bisa dikatakan lebih aman karena tidak terhubung ke internet.

Mining bitcoin gak hanya bisa dilakukan melalui komputer, kita juga bisa melakukannya melalui aplikasi android. Beberapa aplikasi android untuk mining bitcoin diantaranya adalah MinerGate, Crypto Miner, dan AA Miner.

 

Cara Menambang Bitcoin

1. Menggunakan Alat-Alat Komputer

Gunakan alat komputer khusus untuk mining seperti motherboard, prosesor, hard drive, RAM, dan perangkat lain jika dibutuhkan.

2. Motherboard

Kamu bisa memilih motherboard multi slot PCI-E. Ingat, pilih sesuai budget kamu ya.

3. Prosesor atau CPU

Seperti yang sudah disebutkan diatas CPU merupakan salah satu komponen penting. Minimal kamu harus punya yang Core i5 atau i7.

4. Hard Drive

Minimal kamu punya 250GB dan hard drive SSD. Jangan pake yang HDD ya, agar proses mining berjalan lancar.

5. RAM

Kamu butuh memori RAM team elite 4GB tipe DDR4 PC2400. Kapasitas ini sudah cukup kok.

6. Power Supply

Setidaknya kamu butuh power supply 750 watt agar proses mining tidak terkendala.

7. Kartu Grafis

Kamu butuh setidaknya 2 kartu grafis yang terbaik untuk mining bitcoin.

8. Kipas Pendingin

Kipas pendingin ni bertujuan agar komputer tidak cepat panas.

Demikian beberapa cara mining bitcoin. Tertarik investasi di cryptocurrency? Kamu harus siap dengan risiko yang juga tinggi ya. Ada banyak jenis cryptocurrency selain Bitcoin yang bisa kamu pilih. 

Jaga kantong kamu juga ya dengan asuransi. Ya, tetap butuh asuransi untuk melindungi diri jika sakit agar aset kamu gak terjual habis. Super You memberikan solusi asuransi online dengan premi terjangkau, dapat santunan harian rawat inap per hari. Cari tahu disini.

Artikel Terkait Lainnya