bisnis modal kecil

Mungkin berbisnis merupakan salah satu impian semua orang. Siapa yang tidak ingin mendapatkan penghasilan dari usaha yang dibangun sendiri? Meski begitu, ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan sebelum memulai berbisnis. Termasuk modal, waktu, serta risiko untung ruginya.

“Kalau udah mulai tapi nggak berhasil gimana?,” “Kalau modalnya kurang, bakalan nggak jalan dong usahanya?” Nah, pertanyaan-pertanyaan seperti itu kemungkinan mengganggu kan? Bisa jadi kamu ketakutan duluan dan alhasil gagal berani coba.

Eits, jangan panik. Kamu bisa lho menerapkan tips berikut untuk memotivasi diri sebelum memulai bisnismu sendiri!

  • Sesuaikan dengan minat dan modal. Misalkan kamu suka masak, bisa usaha jual makanan. Kan kalau kamu melakukan sesuatu yang disukai, apalagi bisa menghasilkan uang tambahan, pastinya enjoy banget mengerjakannya.
  • Jangan lupa untuk atur jadwal. Jangan sampai bisnis ini mengganggu aktivitasmu yang lain. Usahakan tiap kegiatan ada porsinya masing-masing. Jika kamu merasa tidak sanggup menjalani bisnis sendirian, bisa kok ajak teman atau saudara.
  • Manfaatkan sosial media. Untuk promosi usaha ke orang terdekatmu dulu bisa coba manfaatin sos-med lho. Siapa tahu mereka akan promosi lagi ke teman-temannya. Jadi makin terkenal dong.

Tapi masih merasa ragu soal modal? Relax. Kamu bisa banget hanya modal sosial media dan gadget. Dengan modal yang super minim dan waktu fleksibel, kamu mampu menciptakan usaha yang menguntungkan. Tinggal stay at home, buka sosial mediamu, terus dapat profit deh.

Baca Juga : 45 Ide Usaha Sampingan yang Menguntungkan

 

Kira-kira apa saja ya jenis bisnis modal kecil itu?

Who doesn’t love to eat and drink?

Buat yang hobi memasak, cobain deh buka bisnis makanan atau minuman. Misalnya bikin sesuatu yang jarang dipasarkan oleh orang lain. Dijamin banyak yang penasaran. Kemungkinan kamu hanya butuh modal untuk packaging sebab promosinya dapat dilakukan melalui sosial media.

Handmade stuff is unique!

Barang yang diproduksi secara original biasanya menarik perhatian lho. Jenis usaha ini cocok untuk kamu yang punya kesukaan membuat barang-barang dengan proses yang mudah. Contohnya totebag atau gelang. Hanya butuh kain, benang jahit, dan tali untuk membentuk gelang. Asal rajin-rajin aja nih ya!

E-money counter

Ini nih yang maunya hanya main gadget aja, cobain buka jasa isi saldo, guys. Kalau teman atau saudara butuh pulsa kan jadi lebih mudah. Tapi tidak hanya itu, supplier e-money biasanya menyediakan saldo listrik, top-up saldo game, ataupun aplikasi berbasis e-money

Reseller (Dropshipper)

Jenis kerja ini terbilang populer karena mudah dilakukan, serta tidak menyita modal berlebih. Ketika kamu menjadi reseller/dropshipper, kamu hanya berperan sebagai perantara antara supplier dan pembeli. Artinya, kamu tidak perlu menyimpan barangnya, cukup mempromosikannya lagi dengan harga yang sudah ditentukan supplier. Gimana, gampang kan?

Freelance (penulis, desain grafis)

Yang jago menulis atau membuat desain grafis, jadi freelancer bakalan pas banget untuk mendapatkan uang saku. Pasti banyak orang yang butuh jasa menulis atau membuat desain kok. Hanya butuh promosi diri lewat sosial media dan menyisipkan hasil karya supaya klien percaya terhadap kualitasmu. Sudah deh!

Jadi, sebenarnya mau berbisnis dengan modal kecil juga bisa dijalani semua orang, termasuk kamu nih. Tidak perlu ke luar rumah, cukup dengan teknologi kamu sudah berkesempatan untuk membangun usahamu sendiri dan menghasilkan profit.

Kalau mengalami kegagalan, bukan berarti usahamu 100% gagal kok. Kesuksesan itu butuh proses, tidak ada yang serba instan, guys. Tetap semangat ya dan selamat berbisnis!

Baca Juga : 8 Cara Buat Proposal Bisnis Plan

SHARE

Artikel Terkait Lainnya