digital marketing

Strategi digital marketing telah membuat kemajuan besar pada bisnis dan industri selama lebih dari dua decade. Hampir semua pebisnis kini mengarahkan bisnisnya ke ranah digital. Tak heran bila banyak bisnis yang kini dapat diakses melalui internet seperti membeli baju, makanan, sepatu bahkan digital insurance atau asuransi digital.

Namun yang mengejutkan, para pemimpin bisnis masih berjuang untuk menemukan cara untuk mengidentifikasi potensi, mengoptimalkan peluang dan mengimplementasikannya.

Banyak perusahaan telah memulai melakukan transformasi digital tanpa memahami bahwa pendorong utama dari bisnis digital pada dasarnya berbeda dari perusahaan tradisional.  Mereka akhirnya menerapkan strategi marketing lama dan prinsip-prinsip usang pada program digital mereka, yang menghasilkan kegagalan dan rencana bisnis yang tak tercapai

Berikut beberapa langkah mudah, yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan digital marketing dengan sukses.

Bangun SDM yang Berkompeten

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menerapkan digital marketing yang efisien dan sukses ke dalam bisnis kamu adalah dengan membangun SDM yang kompeten, Apakah tim yang Ada sekarang sudah paham dan terbiasa dengan sistem marketing berbasis digital? 

Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih media pemasaran yang tepat, sekaligus menentukan siapa saja yang akan bertugas untuk menjalankan digital marketing ini di dalam perusahaan Anda. 

Cek sistem penjualan dan pemasaran

Hal lain yang perlu kamu persiapkan adalah sistem penjualan atau pemasaran. Apakah sistem tersebut sudah menggunakan sistem digital? Jika belum, ada baiknya kamu mulai membangun sistem penjualan berbasis digital yang akan memudahkan operasional bisnis ke depan.

Selain itu, keuntungan lain dari sistem penjualan digital ini adalah kamu dapat dengan mudah melakukan analisa pasar untuk digital marketing seperti siapa pelanggan kamu, tinggal dimana, umur berapa dan data lainnya.

Tentukan target pasar

Sangat penting bagi seorang digital marketer untuk tahu pasar yang akan dituju. Oleh karenanya buatlah perencanaan yang detail terkait konsumen yang ingin kamu jangkau di media digital. Hal ini penting, mengingat target audience yang begitu luas di media digital. Tujuannya selain meningkatkan penjualan juga untuk menghemat budget marketing.

Baca Juga : 7 Cara Bisnis Online dari Nol, Apa Saja?

 

Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen

Penting untuk memahami pasar yang Anda tuju di dalam bisnis, terutama konsumen yang selama ini membuat kamu tersebut. Kamu harus memahami apa saja alasan mereka untuk membeli produk atau jasa tersebut, termasuk apa saja perbaikan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan konsumen tersebut.

Hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk meningkatkan kualitas produk dan sekaligus mendapatkan langkah yang lebih mudah untuk menjangkau konsumen. Jika konsumen menemukan yang mereka butuhkan dalam produk yang ditawarkan, maka secara otomatis mereka akan lebih loyal pada produk tersebut.

Gunakan konten yang berkualitas untuk beriklan

Siapapun konsumen yang kamu sasar, pastikan pesan dari bran bisnis kamu bisa tersampaikan dengan baik. Hindari melakukan digital marketing dengan menggunakan konten yang tidak bermutu. 

Bukan hanya menghambat penyampaian pesan pemasaran kamu, hal ini juga akan membuat konsumen tidak tertarik dan merasa tidak spesial.

Pelajari strategi dan teknik dasar digital marketing

Cobalah jujur terhadap diri sendiri, apakah kamu sudah cukup kompeten untuk menjalankan digital marketing? Jika belum tidak ada salahnya loh untuk mendalami ilmu dasar dan juga strategi di dalam digital marketing terlebih dahulu. 

Kamu bisa mengikuti kursus singkat atau secara mandiri belajar dari berbagai situs kelas online maupun melalui buku-buku khusus terkait dengan hal tersebut.

Baca Juga : Perlu Buat Proposal Bisnis Plan? Ini Dia Caranya

 

Gunakan media pemasaran yang tepat

Setelah tahu strategi dan teknik dasar digital marketing dengan baik, kamu akan dapat menentukan media pemasaran apa yang akan kamu gunakan. Apakah akan menggunakan social media, google ads, facebook ads, email, SEO, marketplace atau media digital marketing lainnya.

Menerapkan digital marketing di dalam bisnis merupakan salah satu langkah cerdas yang akan membantu kamu mendapatkan penjualan maksimal. Pelajari langkahnya secara detail dan terapkan dengan cara yang tepat, agar berhasil dengan baik. Semua ini akan memungkinkan kamu mencapai tujuan pemasaran dengan lebih mudah, bahkan lebih sukses dari sebelumnya.

Contoh nyata penggunaan digital marketing dapat dilihat misalnya saat ini perkembangan dunia asuransi sudah semakin maju dengan asuransi digital yang mana dipasarkan secara online dan didapatkan juga melalui platform online. Salah satunya adalah asuransi digital Super You by Sequis Online yang hadir sebagai solusi perlindungan asuransi dengan premi terjangkau. Super You menawarkan asuransi penyakit kritis Super Strong Protection, asuransi kesehatan My Hospital, asuransi kecelakaan Super Motor Protection, asuransi jiwa Super Life Protection, dan jenis asuransi lainnya. Mulai dari Rp 30 ribu per bulan kamu sudah bisa terlindungi. Caranya gampang hanya melalui proses online.

Tertarik dengan Asuransi Digital Super You

asuransi online

SHARE

Artikel Terkait Lainnya