asuransi pendidikan

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu asuransi pendidikan anak, cara kerja, dan risikonya. Kali ini kita akan membahas tepatkan asuransi pendidikan digunakan untuk menjamin masa depan anak? Seperti yang kita tahu bahwa asuransi pada umumnya memang penting untuk membantu kita dimasa depan jika sewaktu-waktu terjadi risiko finansial. Bahkan bagi sebagian orang, asuransi menjadi prioritas untuk proteksi diri dan keluarga.

Asuransi pendidikan dianggap dapat menjadi solusi investasi untuk kebutuhan anak. Tidak jarang, asuransi pendidikan biasanya digabung dengan asuransi jiwa untuk keluarga. Walaupun dianggap penting, namun nyatanya asuransi pendidikan juga jarang digunakan. Mengapa? Hal ini dikarenakan nilai investasi yang dibayar pemegang premi tidak memberikan hasil yang dapat mengimbangi laju inflasi dari biaya pendidikan itu sendiri. Kita tahu bahwa biaya pendidikan setiap tahun meningkat. Hal ini tentu berdampak pada pemegang premi.

Memang ada keuntungan menjadikan asuransi pendidikan layak menjadi pertimbangan orang tua. Anda tinggal menyetor sejumlah premi dalam jangka waktu tertentu yang sudah disepakati bersama pada awal perjanjian asuransi. Jika Anda pemula di dunia asuransi pendidikan, ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

 

  • Perusahaan Asuransi tempat Anda Berasuransi

Hal pertama yang penting adalah Anda harus mengenali betul perusahaan asuransi tempat Anda berasuransi. Di Indonesia, kita tahu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jasa asuransi untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan asuransi umum lainnya. Setiap perusahaan asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk memilih perusahaan asuransi, setidaknya ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan.

  • Kekuatan Keuangan. Untuk menilai kekuatan keuangan suatu perusahaan asuransi Anda harus melihat aset dan liabilitasnya, underwriting policy, dan underwriter-nya. Kekuatan keuangan ini bisa dilihat dari laporan neraca keuangan. Di sisi lain, Anda juga bisa melihat nilai investasi dari suatu perusahaan. Untuk melihat underwriting policy, Anda bisa melihat di neraca laporan tahunan. Disitu Anda bisa melihat apakah asuransinya masih menguntungkan atau mengalami pertumbuhan laba. Dari sisi underwriter-nya, Anda bisa lihat dari profil perusahaan apakah memiliki tenaga berkualitas atau tidak.
  • Jasa Perusahaan. Sisi ini memperlihatkan kualitas dari tenaga kerja perusahaan asuransi terlebih jika produk yang diunggulkan adalah asuransi jasa. Bisa dilihat dari layanan prima yang diberikan kepada para nasabah.

 

  • Pilih Premi Sesuai Keuangan

Berikut yang harus Anda lihat adalah banyaknya penghasilan dan premi yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Apalagi di Indonesia, kita tahu biaya pendidikan setiap tahunnya mencapai 15%. Maka dari itu, Anda harus perhitungkan berapa banyak premi yang mampu Anda bayarkan. Bukan masalah biaya, namun perlu diketahui biaya premi yang kecil tidak akan menutup biaya pendidikan yang besar. Idealnya untuk asuransi pendidikan, Anda butuh kisaran sekitar Rp.500.000 hingga Rp.1000.000 per satu anak di setiap bulannya.

 

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh tentang Premi Asuransi

 

  • Pilih Polis yang Tepat

Berubahnya sistem pendidikan di Indonesia membuat kita harus bijak dalam mengambil keputusan untuk pendidikan anak termasuk dalam memilih polis. Pilihlah polis asuransi pendidikan yang fleksibel. Ada beberapa perusahaan yang menentukan syarat polis hanya bisa diklaim sewaktu-waktu alias hanya pada saja. Asuransi pendidikan jelas merupakan asuransi jangka panjang yang memakan waktu lebih dari 5 tahun.

 

  • Fasilitas Asuransi

Jenis asuransi pendidikan tidak hanya terbatas pada jenis asuransi pendidikan saja. Ada asuransi pendidikan yang memberikan fasilitas tambahan seperti jaminan kesehatan dan jaminan lain yang mungkin saja memotong jumlah polis asuransi Anda. Apa pun jenis polis asuransi, tergantung pada kemampuan finansial Anda.

Demikian pembahasan tentang asuransi pendidikan. Ulasan ini hanya sebagai pertimbangan Anda dalam memilih asuransi yang tepat untuk anak dan sesuai dengan kemampuan Anda. Butuh asuransi online? Super You bisa jadi pilihan Anda ya. Premi terjangkau mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan. Banyak produk bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya