financial freedom

Financial freedom adalah salah satu mimpi yang ingin dicapai setiap orang. Ketika kamu bebas finansial, tentu kamu bisa membeli apapun yang kamu butuh. Bahkan gak perlu diragukan lagi gaya hidup kamu karena semua dapat terpenuhi dengan adanya kebebasan finansial.

Untuk mencapai kebebasan finansial kamu harus bisa mengelola keuangan dengan bijak misalnya dengan menabung, berinvestasi, bekerja, berbisnis, dan hal lainnya yang bisa menghasilkan uang yang cukup untuk tujuan masa depan.

Pengertian Financial Freedom

Saat ini banyak anak muda atau milenial mungkin sulit untuk menabung. Sebagian memilih untuk menghabiskan uang mereka demi persaingan gaya hidup. Financial freedom sendiri adalah kondisi dimana kamu bebas secara beban finansial karena aset atau kekayaan kamu mampu memenuhi segala kebutuhan tanpa harus bekerja lebih keras.

Biasanya jika kamu sudah financial freedom, aset kamu bisa menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidup kamu lho. Intinya dari segi keuangan kamu aman deh. Contohnya, pengeluaran kamu per bulan berkisar Rp 10 juta dan kamu mampu menghasilkan Rp 30 juta dari aset bisnis atau investasi kamu ditambah memiliki penghasilan dari gaji sebesar Rp 15 juta. Kalau dihitung-hitung, total per bulan kamu Rp 35 juta ya. Masih ada sisa Rp 25 juta lagi lho. Nah, contoh seperti ini yang disebut financial freedom.

Tips Mencapai Financial Freedom

Mencapai financial freedom memang butuh kesabaran dan kamu harus siap mengikuti prosesnya. Kamu harus pandai mengatur keuangan. Apa saja tips mencapai kebebasan finansial?

1. Belajar Mengatur Keuangan

Seperti yang disebutkan diatas kamu memang dituntut untuk belajar mengelola keuangan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dibanding pendapatan. Apalagi kalau kamu memiliki sifat konsumtif. Kamu harus bisa menyusun anggaran keuangan dengan bijak jadi kamu tahu apa yang harus diprioritaskan untuk dibeli dan apa yang tidak. Jika memang ada yang harus dibayar dengan cicilan. Ini tetap masuk anggaran pengeluaran kamu ya. Tujuannya agar kondisi keuangan tetap stabil.

2. Pahami Kondisi Keuangan Kamu

Mencapai financial freedom gak ada syarat kamu umur berapa. Yang terpenting berapa penghasilan kamu dan kamu bisa mengelolanya. Financial freedom juga gak diukur dari besarnya nilai pendapatan kamu. Berapapun penghasilan, apakah dapat memenuhi semua kebutuhan kamu?

Tentukan tujuan keuangan kamu. Usahakan pendapatan harus lebih besar jumlahnya dibanding pengeluaran.

3. Apa Tujuan Keuangan Kamu

Hal lain yang gak kalah penting adalah mengetahui tujuan keuangan kamu. Karena pada umumnya dalam mengelola keuangan, kamu butuh strategi untuk mencapainya. Misalnya di bulan A kamu bisa menghemat 10% dari total pengeluaran per bulan, usahakan bulan depan jika bisa menghemat lebih dari 10%. Susun anggaran bulanan kamu dengan bijak ya. Jangan menghabiskan uang untuk hal yang memang bisa kamu tunda dulu.

4. Berinvestasi

Untuk membuat uang kamu bekerja menghasilkan uang, kamu bisa memilih investasi seperti reksadana, emas, properti, saham, p2p lending, atau obligasi. Jika ingin return yang tinggi, pilihlah investasi saham. Ini rekomendasi saham blue chip. Setiap instrumen investasi tentu memiliki risikonya masing-masing.

5. Atur Penggunaan Kartu Kredit

Tips yang berikut adalah kamu harus pandai mengatur penggunaan kartu kredit. Jika memang bisa dibayar menggunakan debit atau cash. Jangan menggunakan kartu kredit dengan asumsi bisa dicicil. Ketergantungan kartu kredit hanya akan membawa kamu ke utang yang menumpuk jika tidak dibayar lunas atau dengan pembayaran minimum.

 

Baca Juga : 11 Cara Melunasi Utang Menumpuk

 

6. Pisahkan Tabungan dan Dana Darurat

Salah satu hal penting dalam mengelola keuangan adalah kamu harus membedakan tabungan dan dana darurat. Dana darurat dialokasikan untuk pengeluaran tak terduga. Sedangkan tabungan adalah untuk simpanan uang jangka panjang.

7. Financial Freedom butuh Asuransi

Financial freedom bukan hanya memiliki aset kekayaan dalam bentuk uang, emas, properti. Kamu harus berinvestasi di asuransi baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau asuransi umum lainnya.

Bingung memilih asuransi? Kamu bisa coba fitur SOVIA di Super You, agar bisa mengetahui jenis asuransi apa yang cocok untuk kamu. Premi terjangkau mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan. Dapat uang pertanggungan, dapat santunan harian rawat inap di Rumah Sakit.

Artikel Terkait Lainnya