giro dan tabungan

Rasanya kata “giro” atau “cek” sudah tidak asing lagi ya di telinga. Kamu pun mungkin pernah mempelajarinya dahulu kala ketika masih di bangku sekolah atau kuliah. Namun, sebenarnya apa itu giro?

Apa perbedaan antara giro, bilyet giro, cek, dan tabungan biasa?

Tenang, kamu tidak butuh menghafalnya. Cukup simak dulu aja artikel ini agar kamu mengerti.

 

Apa Itu Giro?

Yang orang sering sebut giro adalah rekening giro, bukan bilyet giro. Jadi, rekening giro adalah jenis rekening bank yang dimiliki oleh perseorangan atau pun perusahaan, di mana penarikan dananya dapat melalui cek atau bilyet giro. 

Jadi kamu pun tidak harus mentransfer atau menarik dana tunai terlebih dahulu, cukup menggunakan cek atau bilyet giro. Semua orang dan institusi yang sah di mata hukum mempunyai hak untuk membuka rekening giro.

Apa Perbedaan Cek dan Bilyet Giro?

Rekening giro mempunyai dua jenis penarikan dana, yaitu cek dan bilyet giro. Keduanya adalah sebuah jenis surat berharga yang dapat kamu gunakan sebagai alat transaksi pembayaran dan dapat dicairkan di bank.

Lantas, apa perbedaan cek dan bilyet giro?

Cek adalah surat berharga yang kamu bisa cairkan secara tunai kapan saja di bank. Sementara, bilyet giro adalah surat berharga yang kamu bisa cairkan secara tidak tunai dalam jangka waktu tertentu. Jadi dana yang kamu cairkan otomatis di-transfer ke rekening.

 

Apa Itu Tabungan?

Rekening tabungan adalah jenis rekening bank yang penarikan dananya dapat kamu lakukan melalui kartu ATM atau mobile banking. Biasanya rekening jenis ini lebih berguna untuk transfer sehari-hari, seperti menerima gaji dan pembayaran tagihan bulanan.

Penarikan dana pun bisa kamu lakukan secara tunai atau dalam bentuk pemindahbukuan (transfer ke rekening lain). Kamu bisa melakukan penarikan dana ini kapan saja.

 

Baca Juga : Seberapa Penting Memiliki Tabungan Pensiun?

 

Lalu, Apa Perbedaan Giro dan Tabungan?

Walau sama-sama merupakan jenis rekening, rekening giro dan tabungan berbeda. Berikut adalah faktor-faktor pembedanya.

Tanggal Terbit dan Efektifnya

Tabungan tidak mempunyai tanggal terbit dan efektif. Ini artinya penarikan dana bisa kamu lakukan kapan saja. 

Di sisi lain, bilyet giro dan cek sama-sama mempunyai tanggal terbit. Namun, cek bisa kamu cairkan kapan saja. Sementara, bilyet giro punya tanggal efektif dan jatuh tempo sehingga hanya bisa dicairkan dalam waktu tertentu saja. Jika lewat jatuh tempo, maka tidak bisa kamu cairkan.

Rekening Koran

Rekening koran adalah pencatatan transaksi keuangan. Untuk tabungan biasa, ada beberapa yang mempunyai rekening koran berupa buku tabungan dan ada yang tidak. 

Sama halnya, bilyet giro juga bisa dibuat rekening korannya. Namun, cek bersifat lebih seperti pengganti uang tunai. Artinya tidak mempunyai rekening koran.

Penarikan Dana

Tabungan biasa bisa kamu cairkan langsung melalui bank atau di mesin ATM. Namun, jumlah penarikannya pun dibatasi untuk beberapa puluh juta. Jika kamu nasabah prioritas, maka kamu bisa melakukan penarikan lebih tinggi, namun tetap dibatasi.

Di sisi lain, rekening giro menggunakan media penarikan cek dan bilyet giro. Penarikannya pun tidak mempunyai batas. Kamu bisa menulis nilai berapa pun di dalam cek dan bilyet giro. Karena itu, rekening giro cenderung digunakan untuk transaksi-transaksi besar dari perusahaan.

Demikian perbedaan antara giro dan tabungan. Pastikan kamu menabung di instrumen tabungan yang tepat. Jangan lupa juga sisihkan untuk perlindungan diri dengan Asuransi. Di Super You, kamu dapat memilih jenis-jenis asuransi sesuai kebutuhan dan kantong kamu. Premi terjangkau. Dengan Rp 30 ribu-an per bulan, kamu sudah terlindungi! Ingin mencoba? Cari tahu disini.

asuransi online

Artikel Terkait Lainnya