Apa Itu Investasi Tanah

Ada banyak sekali jenis investasi, mulai dari investasi emas, saham, deposito, hingga investasi tanah. Apakah tanah bisa di investasi? Tentu saja! Investasi tanah termasuk investasi properti, yaitu bentuk permodalan yang melibatkan pembelian, penjualan, serta penanganan aset demi keuntungan.

Lalu, apa sih yang bisa digunakan sebagai aset properti, apa hanya tanah aja?  Investasi properti bisa berupa rumah, apartemen, ruko, bangunan, dan tanah. Nah, investasi tanah merupakan salah satu investasi properti yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya loh!

Singkatnya, investasi tanah adalah kamu membeli bidang tanah untuk dijual kembali di masa mendatang. Tapi, investasi tanah nggak semudah yang kita bayangkan. Terdapat persyaratan, cara investasi tanah, dan layaknya investasi lain, punya suka duka investasi tanah. Wah, menarik untuk kamu pelajari di sini, yuk!

Table of Contents

Investasi Tanah Kavling Jadi Untung

Investasi Tanah Kavling

Salah satu kesalahan saat memulai investasi tanah adalah menganggapnya akan laku dengan cepat. Padahal investasi tanah bersifat jangka panjang yang perlu persiapan. Maka, salah satu cara memaksimalkan keuntungannya agar lebih cepat, yaitu melalui investasi tanah kavling.

Teman SUPERjuangan, kalau kamu sendiri udah tau belum apa itu investasi tanah kavling? Tanah kavling berasal dari tanah yang besar dan luas, lalu dibagi menjadi petak-petak dengan ukuran tertentu untuk dijadikan bangunan. 

Tapi, pemilihan lokasi investasi tanah kavling nggak bisa sembarangan loh. Pada umumnya, investasi tanah kavling berada di lokasi pinggir kota, lahan hijau, ataupun di dalam perumahan. Nah, supaya investasi tanah kavling jadi untung, coba simak pembagian investasi tanah kavling di bawah ini!

  • Investasi tanah kavling siap bangun

Investasi tanah kavling siap bangun berarti sudah siap digunakan untuk mendirikan bangunan di atasnya, seperti hunian, pertokoan, ataupun gudang. Investasi tanah kavling satu ini menjadi alternatif untuk investasi properti karena harganya lebih murah dibandingkan tanah sudah dengan bangunan.

  • Investasi tanah kavling produktif

Investasi tanah kavling produktif merupakan lokasi tanah kosong yang sudah dibagi per petak secara rapi untuk kegiatan yang menghasilkan produk, misalnya menjadi kebun buah dan sayuran. Jika dikembangkan, bukan cuma untuk dijual, investasi tanah kavling ini bisa dibuka untuk wisata perkebunan.

  • Investasi tanah kavling perumahan

Investasi tanah kavling satu ini juga sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang khusus akan dijadikan hunian. Biasanya, investasi tanah kavling perumahan sudah mendapat fasilitas dari perumahan tersebut loh.

Baca juga: Ini Cara Menghitung Premi Asuransi!

Suka Duka Investasi Tanah

Nggak bisa dipungkiri, memiliki sebidang tanah adalah target pencapaian setiap orang. Meskipun kebutuhan untuk memiliki tanah bisa aja berbeda-beda, misalnya untuk membangun tempat tinggal, keperluan komersial, atau cara menyimpan uang agar nilainya tidak turun.

Meski kini tanah seperti barang langka karena jumlah penduduk yang bertambah banyak, uniknya investasi tanah ternyata masih mampu bersaing loh. Contohnya, investasi tanah kavling di atas. Nah, itu baru salah satu dari suka duka investasi tanah. Kalau kamu juga penasaran, yuk mulai dari sukanya dulu!

1. Kelebihan Investasi Tanah

Keuntungan Investasi Tanah

Bentuk investasi di era modern ini semakin beragam, Teman SUPERjuangan. Tapi, kenapa sih kita harus memilih investasi tanah dibandingkan investasi lainnya? Ini dia alasannya!

  • Harga tanah meningkat

Keuntungan investasi tanah yang pertama adalah harganya yang cenderung akan meningkat. Hal ini disebabkan ketersediaan lahan yang berkurang, sementara kebutuhan untuk lahan dan properti terus bertambah. Harga tanah pun naik setiap tahunnya sehingga menjadi investasi yang menguntungkan.

  • Biaya perawatan yang murah

Keuntungan investasi tanah selanjutnya adalah biaya perawatannya murah. Perawatan untuk tanah kosong nggak sesulit perawatan untuk bangunan, biasanya cukup membersihkan rumput liar yang tumbuh. Sedangkan, apabila bangunan yang dikosongkan akan mulai berjamur dan rapuh.

  • Kompetisi rendah

Dibandingkan investasi bangunan yang memiliki waktu lebih saat mau dijual lagi, keuntungan investasi tanah justru memiliki saingan yang lebih sedikit. Hal ini membuat peluang tanah terjual lebih cepat. 

super easy health

  • Risiko kehilangan kecil

Saat melakukan investasi tanah, selama sertifikat lengkap untuk menyatakan bukti kepemilikan yang sah ada pada kamu, maka risiko kehilangannya kecil. Keuntungan investasi tanah satu ini pun bisa kamu dapatkan.

  • Memiliki nilai tambah

Melakukan investasi tanah mampu menghasilkan nilai tambah tersendiri loh. Ditambah lagi kreativitas, kamu bisa memanfaatkan sebidang tanah menjadi sesuatu yang berguna, bahkan sekadar menanam pepohonan yang berbuah. Kamu tetap bisa merasakan keuntungan investasi tanah.

  • Jadikan lahan bisnis

Apabila memiliki lahan tanah yang tidak terpakai, akan lebih menguntungkan lagi sebagai lahan bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubahnya untuk investasi tanah kavling, pertokoan, ataupun kos-kosan tanpa mengurangi nilai tanah tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Deposito dan Jenisnya!

2. Kekurangan Investasi Tanah

Kekurangan Investasi Tanah

Sebelum ini, kita melihat investasi tanah punya banyak kelebihan, lalu ada nggak sih kekurangannya? Meskipun nggak banyak, investasi tanah tetap punya kekurangan, mengingat namanya suka duka investasi tanah.

Nah, buat kamu yang masih bingung untuk mulai melakukan investasi tanah atau tidak, beberapa kekurangannya berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu. Coba simak ada apa aja sih!

  • Bukan sumber pemasukan tetap

Tidak seperti investasi emas, saham, atau deposito yang bisa dicairkan saat membutuhkan uang, investasi tanah tidak bisa dicairkan dengan segera. Investasi tanah merupakan aset jangka panjang yang butuh waktu cukup lama dalam proses penjualannya.

  • Kurang cocok bagi pemula

Investasi tanah memerlukan dana yang sangat besar, nggak mungkin cuma membeli tanah 1-2 meter aja bukan? Sedangkan, harganya sudah mencapai jutaan rupiah loh. Karena itu, investasi tanah dinilai kurang cocok bagi pemula dalam dunia investasi.

  • Terpengaruh oleh lokasi

Lokasi berperan penting dalam investasi tanah, sebab mempengaruhi daya jual dan capital gain. Misalnya, lokasi tanah berada di daerah rawan banjir, maka harganya cenderung murah. Sebaliknya, lokasi tanah yang strategis akan menaikkan harga jualnya.

  • Adanya risiko penyerobotan lahan

Lahan tanah yang kosong sering menjadi sasaran kejahatan, di mana terjadi penggunaan lahan tanpa izin, pihak yang berpura-pura sebagai pemilik, alias penyerobotan lahan. 

  • Berhubungan dengan legalitas hukum

Saat melakukan investasi tanah, proses mendapatkan, memanfaatkan, juga pengalihan hak tidak terlepas dari legalitas hukum yang berlaku. Itu mengapa, investasi tanah punya ketentuan yang lebih rumit dibandingkan jenis investasi lainnya.

  • Minimnya kredit untuk pemilikan tanah

Kekurangan investasi tanah lainnya adalah kesulitan mengajukan kredit untuk membeli tanah. Masih sangat minim layanan kredit pemilikan tanah untuk saat ini, ditambah lagi bank hanya akan memberi pinjaman jika berencana membangun properti di atas tanah tersebut.

Cara Investasi Tanah

Bagaimana Cara Investasi Tanah

Teman SUPERjuangan, jika pertanyaannya soal apakah tanah bisa di investasi? Jawabannya, tentu bisa dong! Tapi, nggak semua jenis dan lokasi tanah layak untuk dijadikan investasi. Kok begitu?

Kamu pasti ingin investasi tanah ini jadi sangat menguntungkan. Nah, untuk itu ada beberapa cara investasi tanah, termasuk untuk jenis investasi tanah kavling yang perlu kamu perhatikan. Apa aja sih itu? Yuk, cek cara investasi tanah sekaligus tipsnya!

  • Ketahui prospek kenaikan harga

Ketahui data kenaikan harga tanah per tahun. Cara investasi tanah satu ini membantu kamu menghasilkan keuntungan. Kenaikan 5%-20% per tahun dinilai cukup ideal dan bisa lebih tinggi tergantung lokasinya.

  • Pastikan kondisi tanah aman

Cara investasi tanah lainnya adalah memastikan jenis tanah, kontur tanah, dan apakah lokasi tersebut aman dari bencana alam terkait tanah, seperti longsor atau banjir. Sangat disayangkan kalau ternyata lokasi tersebut pernah terjadi bencana.

  • Cari lokasi yang strategis

Cara investasi tanah selanjutnya adalah mencari lokasi yang strategis, yang mana ditentukan oleh akses dan infrastrukturnya lengkap. Kamu juga bisa memperhatikan perkembangan dari nilai jual tanah dan bangunan per tahun untuk area sekitarnya.

  • Teliti pada kelengkapan legalitas

Sebelum membeli tanah, yang harus diperhatikan adalah kelengkapan dari legalitas tanah tersebut. Jangan lupa juga untuk pastikan masa berlakunya. Cara investasi tanah ini nggak kalah penting supaya tanah yang kamu beli aman dari ancaman hukum.

  • Cek peruntukkan tanah

Sebelum melakukan investasi tanah, kamu perlu mengecek dulu rencana tata kota wilayahnya. Apakah tanah tersebut untuk hunian, bisnis, atau lainnya. Cara investasi tanah ini perlu dilakukan agar kamu tidak melanggar peraturan yang berlaku.

  • Pikirkan kemungkinan risikonya

Cara investasi tanah selanjutnya, pikirkan kemungkinan yang bisa menjadi risiko pada portofolio investasi. Misalnya, risiko bila di dekat tanah sedang ada area penggalian, hingga kaitannya dengan keamanan dan kenyamanan untuk area sekitarnya.

  • Bandingkan potensi imbalan

Cara investasi tanah berikut ini dapat dilakukan dengan membandingkannya dengan yang ada di area sekitar, cek juga nilai beli dan nilai jual apabila asetnya serupa. Kalau sudah, bandingkan persentase profit dengan waktu pertumbuhan investasi agar bisa melihat potensi imbalannya.

  • Coba negosiasi harga

Cara investasi tanah yang terakhir ini nggak ada salahnya untuk dicoba. Coba untuk bernegosiasi soal harga. Tapi, kamu juga harus mencari tahu informasi harga tanah di pasaran, termasuk nilai jual objek pajak di setiap lokasi.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai investasi tanah, guys! Tapi, nggak cuma itu, kamu juga harus punya perlindungan diri. Super You menyediakan Super Easy Health, mulai setara Rp4.500 aja per hari, manfaat pertanggungannya sampai 1M loh. Dengan begitu, kamu tetap merasa aman dan nyaman sewaktu-waktu jatuh sakit. Yuk, cek premi kamu sekarang!

Artikel Terkait