investasi tanah

Ada banyak jenis investasi, mulai dari investasi emas, saham, deposito, hingga investasi properti. Properti bisa dijadikan investasi? Tentu saja! Menurut penjelasan Prospeku, seperti investasi lainnya investasi properti adalah bentuk permodalan yang melibatkan pembelian penjualan, dan penanganan aset demi mendapatkan keuntungan. Satu hal yang berbeda hanya pada jenis aset yang dikelola dimana aset yang digunakan oleh investasi properti adalah obligasi perumahan. 

 

Apa yang bisa digunakan sebagai aset properti? Maksud dari aset properti ini adalah sebidang tanah, dan semua yang berada diatas tanah tersebut. Jadi dari bangunan atau rumah, jalanan, hingga pohon. Investasi properti bisa berupa rumah, apartemen, ruko, bangunan, dan tanah. Investasi tanah merupakan salah satu investasi properti yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun,apa saja sih syarat tanah untuk menjadi investasi? Yuk, ketahui di bawah ini!

 

Ketahui Syarat Tanah untuk Bisa Dijadikan Investasi

  • Tanah yang Layak untuk Menjadi Investasi

Tentu saja ada persyaratan untuk tanah bisa digunakan sebagai investasi untuk memastikan bahwa investasi tanah yang dilakukan aman dan layak, mengetahui hal ini juga akan membantu mengetahui apa tanah ini bisa menjadi tabungan jangka panjang atau membuat rugi. Berikut ini adalah syarat tanah bisa dijadikan investasi:

  • Legalitas yang Lengkap

Sebelum membeli tanah, yang harus diperhatikan adalah kelengkapan dari legalitas tanah tersebut. kelengkapan ini bisa dilihat dari status tanah beserta landasan hukum seperti sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) dan Hak Guna Usaha (HGU), jangan lupa untuk pastikan masa berlaku kedua hak tersebut. Apabila telah memeriksa dan yakin akan legalitas tanah, maka bisa mulai mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM).

  • Prospek Kenaikan Pada Harga Tanah

Ketahui data kenaikan harga tanah per tahun. Mengetahui ini akan membantu untuk memahami lebih lanjut mengenai investasi tanah, dan bagaimana ini bisa memberikan keuntungan. Kenaikan 5%-20% per tahun adalah nomor yang ideal dan bisa lebih tinggi apabila lokasi tanah berada dekat dengan mal, stasiun kereta, apartemen atau dengan jalan tol. 

  • Lokasi yang Strategis 

Lokasi yang strategis dengan akses yang gampang dan infrastruktur yang lengkap akan sangat membantu tanah untuk memiliki nilai investasi tinggi. Cara mengetahui apakah lahan tersebut memiliki nilai investasi yang tinggi bisa dilihat dari lokasinya yang strategis serta harus rutin untuk memperhatikan perkembangan dari nilai jual tanah dan bangunan di area sekitar per tahunnya.

  • Risiko yang Bisa Terjadi

Perhatikan detail yang berada di sekitar lahan karena hal tersebut bisa menjadi risiko pada portofolio investasi. Beberapa hal yang bisa diperhatikan adalah apa yang bisa menjadi risiko bila tanah tersebut berada di lahan yang miring, di dekat tanah sedang ada area penggalian, berada di area yang rentan banjir atau longsor dan bagaimana hal ini dapat berefek ada investasi tanah tersebut.

  • Cek Peruntukan Tanah

Sebelum melakukan investasi tanah untuk jual atau beli perlu mengecek dahulu mengenai rencana tata kota wilayahnya. Perlu di cek apakah tanah tersebut untuk hunian, bisnis, perumahan baru, dan lainnya, karena tidak boleh melanggar peraturan yang berlaku.

  • Potensi Imbalan

Potensi imbalan untuk membeli tanah kosong dapat dilakukan dengan membandingkan dengan yang ada di area sekitar, cek nilai belinya dan nilai jual apabila asetnya serupa. Kalau sudah bandingkan persentase profit dengan waktu pertumbuhan investasi.

 

Baca Juga: Investasi Properti: 20 Kelebihan dan Kekurangan Investasi Rumah VS Investasi Apartemen!

 

Kelebihan Investasi Tanah

Tetapi mengapa memilih untuk melakukan investasi tanah dibanding investasi lainnya? Ini dia alasannya, yuk ketahui kelebihan dari melakukan investasi tanah!

  • Harga Tanah yang Cenderung Meningkat 

Dengan ketersediaan lahan yang terus berkurang dan demand untuk lahan dan properti bertambah, harga naik setiap tahunnya menyebabkan tanah menjadi investasi yang menguntungkan. 

  • Biaya Perawatan yang Murah 

Perawatan untuk tanah kosong tidak sesulit perawatan untuk bangunan, rumah, ruko atau kos karena biasanya hanya membersihkan rumput liar. Hal ini berbeda dengan apabila yang memiliki bangunan, apabila dikosongkan akan mulai berjamur dan rapuh, bahkan bisa ada hewan liar yang bersarang, atau rayap yang merusak properti. 

  • Jadikan Lahan Bisnis

Apabila memiliki lahan tanah yang tidak digunakan, dari pada dibiarkan terbengkalai akan lebih menguntungkan untuk menggunakan lahan tersebut sebagai lahan bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah lahan tersebut menjadi perumahan cluster, pertokoan ataupun kos-kosan dengan begitu akan mendapatkan passive income tanpa mengurangi nilai tanah tersebut.

  • Memiliki Nilai Tambah 

Melakukan investasi tanah memiliki nilai tambah dimana apabila tanahnya luas bisa membuat cluster atau kavling. Bisa juga dengan dijadikan bisnis dengan membuat ruko.

  • Kompetisi Rendah 

Dibandingkan dengan investasi rumah, apartemen, ruko dan lainnya yang memerlukan waktu lebih saat akan dijual lagi, investasi tanah memiliki saingan yang lebih sedikit jadi ada peluang untuk tanah terjual lebih cepat.

  • Risiko Kehilangan Kecil

Saat melakukan investasi tanah, selama sertifikat lengkap untuk menyatakan bukti kepemilikan ada di kamu maka risiko kehilangan kecil karena itu akan menjadi bukti pendukung kamu sebagai pemilik tanah.

 

Baca Juga: Ingin Melakukan Investasi? Yuk, Ketahui Aplikasi Investasi yang Cocok Untuk Pemula!

 

Kekurangan Investasi Tanah 

Tentu saja ada kekurangannya, ketahui kekurangan dari melakukan investasi tanah disini!

  • Bukan Sumber Pemasukan Tetap

Tidak seperti investasi emas, saham atau deposito yang bisa dicairkan saat membutuhkan uang, investasi tanah tidak bisa dicairkan dengan segera.

  • Terpengaruh Oleh Lokasi 

Lokasi berperan penting dalam investasi tanah karena bisa mempengaruhi daya jual dan capital gain. Contohnya adalah apabila lokasi tanah berada di daerah yang rawan banjir maka bisa harus memberi harga murah.

  • Adanya Risiko Penyerobotan Lahan 

Apabila memiliki lahan kosong, maka harus dijaga dan sering dilihat karena bisa menjadi korban penyerobotan lahan dimana bisa dijadikan tempat parkir tanpa izin atau didirikan bangunan.

  • Teliti Mengenai Legalitas Tanah 

Harus teliti mengenai legalitas tanah tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sertifikat hak milik tanah, karena bisa membantu mengurus proses jual – beli. Menghindari tanah girik, tanahnya memiliki Akta Jual Beli yang lengkap dan keaslian dokumen bisa di cek di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

 

Sekian informasi mengenai investasi tanah. Pastikan untuk berhati – hati saat melakukan investasi, termasuk untuk kesehatan. Proteksi kesehatanmu dengan asuransi kesehatan dari Super You yang memiliki harga terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

Artikel Terkait