jenis investasi pemula

Awal bulan telah tiba. Mumpung gaji masih memadai, awal bulan menjadi waktu yang sangat tepat untuk kalian menyisihkan uang untuk ditabung. Namun, rasanya jika kita hanya menimbun uang saja rasanya sia-sia, apalagi nilai mata uang secara perlahan selalu menurun. Malah, terkadang penimbunan uang ini bisa dengan mudah menggodamu untuk menjadi konsumtif. Karena itu ada baiknya jika kita mulai menginvestasikan uang yang menganggur saja dengan jenis investasi yang berbeda-beda!

Sebelumnya, investasi itu apa sih?

Investasi adalah sebuah tindakan atau upaya yang seseorang lakukan sekarang dengan harapan akan bisa mendapatkan suatu keuntungan atau manfaat yang lebih besarnya di masa depan. Karena itu, investasi sebenarnya tidak sebatas uang saja, tapi bisa dalam bentuk yang lain. Contohnya jika kamu rela menginvestasikan waktu dan perhatian kepada pacarmu, kamu berharap dia akan menjadi pendamping hidupmu di masa depan. Mantap betul.

Namun, tentunya kebanyakan investasi dibicarakan dalam konteks keuangan, dimana investasi finansial adalah sebuah upaya untuk mengakumulasi kekayaan demi menghadapi ketidakpastian finansial di masa depan.

Kenapa penting memilih berinvestasi?

Rasanya kalau bicara kenapa investasi penting, artikel ini bisa menjadi sangat panjang. Namun secara sederhana menurut kampanye Bursa Efek Indonesia, ada tiga alasan mendasar kenapa kita harus menabung:

1. Melawan inflasi

Logika inflasi adalah harga barang secara terus menerus naik sehingga nilai mata uang pun turun. Contohnya jika kita menyimpan 20 ribu, mungkin sekarang bisa untuk membeli secangkir kopi. Tetapi harga secangkir kopi tahun depan naik menjadi 22 ribu, sehingga 20 ribu yang kita simpan ini nilainya turun karena tidak lagi bisa dipakai untuk membeli secangkir kopi. Investasi menjadi perlindungan terhadap inflasi karena jika kita menginvestasikan 20 ribu tersebut, 20 ribu itu bisa bertambah sehingga bisa menyaingi harga kenaikan secangkir kopi.

2. Menyelamatkan masa depan

Walaupun masih lama, tentu semua orang akan menjadi tua. Ada saatnya dimana kita tidak akan bisa lagi bekerja dengan produktif. Ketika waktu itu tiba, harapannya adalah kita bisa menikmati masa tua dimana kita bisa memenuhi kebutuhan hidup setelah pensiun, membayar biaya kesehatan di masa tua, dan menikmati hiburan-hiburan lainnya. Namun, menurut penelitian Wharton Pension Research Council, generasi milenial harus menabung sekitar 40 persen dari gaji bulanan untuk mencukupi kebutuhan masa tua. Investasi bisa menjadi pembantu kita dalam menabung karena investasi bisa berbuah dengan sendirinya dan menjadi passive income.

3. Meraih mimpi

Dan tentunya kita tidak hanya memikirkan masa depan, tapi juga memikirkan keinginan kita di masa sekarang. Mungkin ada dari kamu yang bercita-cita mempunyai rumah sendiri atau memiliki anak, tetapi harga properti dan kebutuhan anak akan selalu naik. Dengan hanya menabung, kecil kemungkinan kita untuk bisa menyaingi harga tersebut. Misalkan harga apartemen sekarang 300 juta dan kita mulai menabung, kemungkinan ketika tabungan kita mencapai angka 300 juta maka harga apartemen sudah naik melebihi itu. Karena itu, investasi dapat membantu kita mengejar inflasi harga yang gila-gilaan.

Menabung memang baik, tapi investasi lebih baik!

Jenis investasi apa yang cocok untuk pemula?

1. Reksa dana

Reksa dana adalah wadah penampung modal dimana modalnya diinvestasikan ke dalam Portfolio Efek oleh Manajer Investasi. Portfolio Efek ini merupakan sekumpulan surat berharga yang sudah didiversifikasi seperti obligasi, saham, deposito, dan lain-lain. Bagi kamu yang kurang berpengalaman atau berpengetahuan seputar investasi, reksa dana menjadi pilihan yang baik sebab semuanya dikelola oleh Manajer Investasi. Dan jangan resah, reksa dana ini sudah terdaftar di pemerintahan dan sudah resmi lho!

2. Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang memiliki risiko rendah. Entah dalam bentuk logam mulia, emas batangan, ataupun perhiasan, emas memiliki kecenderungan untuk terus naik. Selama inflasi terus ada, harga emas pun akan selalu naik. Sayangnya kenaikan harga emas ini bisa dibilang lambat dan butuh bertahun-tahun lamanya sebelum meraup keuntungan. Meski demikian, emas menjadi investasi jangka panjang yang baik yang bisa dicairkan untuk menangani masalah finansial yang tak terduga.

3. Saham

Dengan kemudahan untuk belajar di era digital, banyak orang yang memberanikan diri untuk terjun ke dalam investasi saham. Dengan membeli sebagian kecil dari kepemilikan perusahaan terbuka, kamu bisa mendapat keuntungan dari menjual saham tersebut di saat harganya naik. Namun, jenis investasi yang satu ini bukan sembarangan jual-beli saja tapi ada triknya. Karena itu pastikan kamu sudah mempelajari cara-cara tepat mengelola saham sebelum berinvestasi! Investasi itu sebagai bagian dari tabungan masa depan. Kamu juga tentu saja perlu tahu tentang tips menabung yang tetap agar goal investasi kamu tercapai.

4. Skill

Juga didukung oleh kemudahan pembelajaran di era digital, kamu juga sepatutnya mempertimbangkan investasi skill untuk dirimu sendiri. Terkadang orang memandang jenis investasi ini dengan sebelah mata, tapi jangan terkecoh! Dengan berbagai platform pembelajaran seperti kelas online, kelas WhatsApp, workshop, maupun seminar, uang yang kamu investasikan untuk pengetahuan atau skill tambahan ini bisa sangat berguna di masa depan, terutama dalam membantumu mendapat pekerjaan baru dengan gaji yang lebih baik atau pekerjaan-pekerjaan sampingan.

5. Asuransi

Terakhir tapi tidak kalah penting, kamu bisa berinvestasi dalam perlindungan masa depan melalui asuransi online. Tidak hanya murah, salah satu manfaat asuransi adalah dapat menjadi satu perisai yang paling ampuh dalam menghadapi ketidakpastian di masa depan. Dimulai dari risiko kecelakaan, biaya medis tak terduga, maupun kematian yang bisa menyebabkan ketidakpastian secara finansial, asuransi bisa menjadi pelindungmu! Bila ragu, kamu bisa memulai dengan asuransi yang paling dasar dulu, yaitu asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

Yang mana jenis investasi pilihanmu?

Apapun pilihanmu, pastikan kamu sudah mulai untuk berinvestasi dengan jenis investasi yang cocok denganmu. Karena yang terutama adalah bagimu untuk memiliki masa depan yang lebih baik dan terjamin. Yuk baca juga, jenis investasi jangka pendek.

Baca Juga : Jenis-jenis Asuransi Jiwa dan Alasan Memiliki Asuransi Jiwa

SHARE

Artikel Terkait Lainnya