jenis investasi pemula
Awal bulan telah tiba. Mumpung gaji masih memadai, awal bulan menjadi waktu yang sangat tepat untuk kalian menyisihkan uang untuk ditabung. Terkadang penimbunan uang ini bisa dengan mudah menggodamu untuk menjadi konsumtif. Karena itu ada baiknya jika kita mulai menginvestasikan uang yang menganggur saja dengan jenis investasi yang berbeda-beda!

Table of Contents

Sebelumnya, investasi itu apa sih?

Investasi adalah sebuah tindakan atau upaya yang seseorang lakukan sekarang dengan harapan akan bisa mendapatkan suatu keuntungan atau manfaat yang lebih besarnya di masa depan. Karena itu, investasi sebenarnya tidak sebatas uang saja, tapi bisa dalam bentuk yang lain. Contohnya jika kamu rela menginvestasikan waktu dan perhatian kepada pacarmu, kamu berharap dia akan menjadi pendamping hidupmu di masa depan. Mantap betul.

Kenapa penting memilih berinvestasi?

Rasanya kalau bicara kenapa investasi penting, artikel ini bisa menjadi sangat panjang. Namun secara sederhana menurut kampanye Bursa Efek Indonesia, ada tiga alasan mendasar kenapa kita harus menabung:

1. Melawan inflasi

Logika inflasi adalah harga barang secara terus menerus naik sehingga nilai mata uang pun turun. Contohnya jika kita menyimpan 20 ribu, mungkin sekarang bisa untuk membeli secangkir kopi. Tetapi harga secangkir kopi tahun depan naik menjadi 22 ribu, sehingga 20 ribu yang kita simpan ini nilainya turun karena tidak lagi bisa dipakai untuk membeli secangkir kopi. Investasi menjadi perlindungan terhadap inflasi karena jika kita menginvestasikan 20 ribu tersebut, 20 ribu itu bisa bertambah sehingga bisa menyaingi harga kenaikan secangkir kopi.

2. Menyelamatkan masa depan

Harapannya adalah kita bisa menikmati masa tua dimana kita bisa memenuhi kebutuhan hidup setelah pensiun, membayar biaya kesehatan di masa tua, dan menikmati hiburan-hiburan lainnya. Jika kamu gak memiliki jaminan pensiun, kamu bisa menabung sekitar 40 persen dari gaji bulanan untuk mencukupi kebutuhan masa tua.

Baca Juga : 7 Hal Penting untuk Perencanaan Keuangan

3. Meraih mimpi

Mungkin ada dari kamu yang bercita-cita mempunyai rumah sendiri atau memiliki anak, tetapi harga properti dan kebutuhan anak akan selalu naik. Dengan hanya menabung, kecil kemungkinan kita untuk bisa menyaingi harga tersebut. Misalkan harga apartemen sekarang 300 juta dan kita mulai menabung, kemungkinan ketika tabungan kita mencapai angka 300 juta maka harga apartemen sudah naik melebihi itu. Karena itu, investasi dapat membantu kita mengejar inflasi harga yang gila-gilaan.

Menabung memang baik, tapi investasi lebih baik! Yuk, klik banner dibawah ini.

Jenis investasi apa yang cocok untuk pemula?

1. Reksa dana

Reksa dana adalah wadah penampung modal dimana modalnya diinvestasikan ke dalam Portfolio Efek oleh Manajer Investasi. Portfolio Efek ini merupakan sekumpulan surat berharga yang sudah didiversifikasi seperti obligasi, saham, deposito, dan lain-lain. Bagi kamu yang kurang berpengalaman atau berpengetahuan seputar investasi, reksa dana menjadi pilihan yang baik sebab semuanya dikelola oleh Manajer Investasi. Dan jangan resah, reksa dana ini sudah terdaftar di pemerintahan dan sudah resmi lho! Ini dia tips jitu investasi reksadana.

2. Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang memiliki risiko rendah. Entah dalam bentuk logam mulia, emas batangan, ataupun perhiasan, emas memiliki kecenderungan untuk terus naik. Selama inflasi terus ada, harga emas pun akan selalu naik. Sayangnya kenaikan harga emas ini bisa dibilang lambat dan butuh bertahun-tahun lamanya sebelum meraup keuntungan. Meski demikian, emas menjadi investasi jangka panjang yang baik yang bisa dicairkan untuk menangani masalah finansial yang tak terduga.

3. Saham

Dengan kemudahan untuk belajar di era digital, banyak orang yang memberanikan diri untuk terjun ke dalam investasi saham. Namun, jenis investasi yang satu ini bukan sembarangan jual-beli saja tapi ada triknya. Karena itu pastikan kamu sudah mempelajari cara-cara tepat mengelola saham sebelum berinvestasi! Investasi itu sebagai bagian dari tabungan masa depan. Kamu juga tentu saja perlu tahu tentang tips menabung yang tetap agar goal investasi kamu tercapai. Ini dia rekomendasi saham blue chip.

 
Cari Tahu Tentang Saham Sebelum Berinvestasi

4. Skill

Terkadang orang memandang jenis investasi ini dengan sebelah mata, tapi jangan terkecoh! Dengan berbagai platform pembelajaran seperti kelas online, kelas WhatsApp, workshop, maupun seminar, uang yang kamu investasikan untuk pengetahuan atau skill tambahan ini bisa sangat berguna di masa depan, terutama dalam membantumu mendapat pekerjaan baru dengan gaji yang lebih baik atau pekerjaan-pekerjaan sampingan.

asuransi digital

5. Asuransi

Terakhir tapi tidak kalah penting, kamu bisa berinvestasi dalam perlindungan masa depan melalui asuransi online. Tidak hanya murah, salah satu manfaat asuransi adalah dapat menjadi satu perisai yang paling ampuh dalam menghadapi ketidakpastian di masa depan. Dimulai dari risiko kecelakaan, biaya medis tak terduga, maupun kematian yang bisa menyebabkan ketidakpastian secara finansial, asuransi bisa menjadi pelindungmu! Bila ragu, kamu bisa memulai dengan asuransi yang paling dasar dulu, yaitu asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

Baca Juga : Jenis-jenis Asuransi Jiwa dan Alasan Memiliki Asuransi Jiwa

Yang mana jenis investasi pilihanmu?

Apapun pilihanmu, pastikan kamu sudah mulai untuk berinvestasi dengan jenis investasi yang cocok denganmu. Karena yang terutama adalah bagimu untuk memiliki masa depan yang lebih baik dan terjamin. Yuk baca juga, jenis investasi jangka pendek.

Artikel Terkait