hari asuransi nasional

Banyak orang merasa belum memerlukan asuransi. Padahal asuransi merupakan jaringan pengaman finansial. Tanpa asuransi, kondisi keuangan pribadi kamu dapat dengan mudah digoyahkan jika risiko finansial terjadi.

Makanya diadakan Hari Asuransi Nasional tiap tanggal 18 Oktober, demi mengetahui

Selain itu, memilih asuransi yang cocok untuk kamu juga bukanlah suatu hal yang mudah. Kamu harus bisa mempertimbangkan berbagai macam faktor, seperti harga premi yang harus dibayar, manfaat yang diterima, serta apakah proteksinya cocok untuk kebutuhan kamu.

Pada Hari Asuransi Nasional ini, Tim Super You sudah menyiapkan 7 jenis asuransi dasar yang mungkin cocok untuk kamu. Yuk, baca mana yang sesuai dengan kamu!

Apa itu Asuransi, Kenapa Penting?

Asuransi adalah suatu perjanjian antara Penanggung (pihak perusahaan asuransi) dan Tertanggung (pihak nasabah yang risikonya ditanggung).

Perjanjian tersebut menyatakan Tertanggung wajib membayar iuran (premi) kepada Penanggung, dan jika terjadi suatu risiko finansial maka pihak Penanggung akan memberi sejumlah besar uang pertanggungan kepada Tertanggung. Semua ini diatur dalam polis asuransi.

Asuransi penting karena fungsinya yang bisa mengalihkan risiko finansial yang mungkin terjadi pada kamu. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu mempunyai dana likuid selain dana darurat. Asuransi pun menjamin kestabilan ekonomi individu yang mempunyainya.

7 Fungsi Asuransi yang Perlu Kamu Ketahui

7 Jenis Asuransi yang Mungkin Kamu Perlukan

Ada berbagai macam jenis asuransi di Indonesia. Namun, jenis asuransi yang dibutuhkan tergantung pada berbagai faktor. Misalnya, umur, status pernikahan, dan risiko yang harus kamu tanggung.

Kita akan menjelaskan 7 asuransi dasar berikut.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang menanggung risiko kesehatan, seperti biaya tagihan rumah sakit. Jenis asuransi yang satu ini dianggap sebagai salah satu asuransi dasar yang wajib dimiliki semua golongan. Karena siapapun, muda atau tua, bisa berisiko untuk terkena penyakit.

Manfaat asuransi kesehatan bisa berupa

  • Penggantian biaya tagihan rawat jalan;
  • Santunan harian biaya rawat inap;
  • Pertanggungan atas biaya operasi;
  • Pertanggungan atas kematian.

Cocok untuk: Semua orang.

Tentunya ada berbagai macam jenis asuransi kesehatan. Karena itu, kamu harus mempelajari dulu ya asuransi kesehatan mana yang cocok untuk kamu.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menanggung risiko kematian. Setiap orang pastinya akan meninggal suatu hari. Namun, risiko kematian yang tiba-tiba, terutama pada pencari nafkah, dapat menyebabkan hilangnya pendapatan untuk satu keluarga.

Karena itu, fungsi asuransi jiwa adalah memberi dukungan finansial bila seseorang tidak bisa lagi menafkahi keluarganya, entah karena kematian atau lainnya.

Manfaat asuransi jiwa bisa berupa

  • Uang yang diberikan bila ada risiko kematian, atau
  • Uang yang diberikan bila Tertanggung tidak lagi bisa bekerja karena risiko Cacat Total dan Tetap.

Cocok untuk: Kamu yang sudah berkeluarga, Pencari nafkah.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah asuransi yang menjamin penyediaan uang untuk sekolah anak kamu. Karena pendidikan yang terus mengalami kenaikan, tidak ada salahnya kamu mulai merencanakan dengan asuransi pendidikan.

Manfaat yang diberikan

Uang tunai sesuai waktu yang ditentukan, biasanya bisa diatur sesuai dengan kapan anakmu masuk sekolah.

Cocok untuk: Orangtua baru, pasangan yang sudah memiliki anak.

4. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang menanggung risiko finansial dari kecelakaan, baik itu biaya tagihan operasi atau pertanggungan atas kematian akibat kecelakaan. Biasanya asuransi kecelakaan ini meng-cover orang saja, bukan kendaraan ya. 

Manfaat yang diberikan

  • Uang tunai atas risiko kematian akibat kecelakaan;
  • Penggantian biaya operasi atau tagihan rumah sakit lainnya akibat cedera.

Cocok untuk: Anak muda, terutama yang sering travelling atau mengendarai motor.

5. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang melindungi kamu dari risiko yang ada saat sedang dalam perjalanan. Asuransi yang satu ini biasanya hanya dibayar sekali, bukan rutin per bulan seperti asuransi lainnya.

Selain itu, biasanya asuransi yang satu ini sudah dijadikan satu paket dengan tiket perjalanan yang kamu beli. Entah itu pesawat atau kereta, tentunya sudah ada pilihan dengan asuransi perjalanan.

Manfaat yang didapat

  • Jaminan atas keamanan bagasi;
  • Jaminan keberangkatan tepat waktu;
  • Uang tunai bila terjadi risiko kecelakaan;
  • Penggantian biaya pengobatan darurat.

Cocok untuk: Kalian yang perlu berpergian jauh.

6. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi umum yang melindungi risiko finansial pada kendaraan pribadi kamu. Baik itu kendaraan mobil atau motor.

Biasanya asuransi kendaraan ini ditawarkan bersamaan dengan pembelian kendaraan. Namun, kamu juga bisa membelinya secara terpisah untuk menimbang mana yang sesuai kebutuhan kamu.

Manfaat yang diberikan berupa pertanggungan biaya kerusakan kendaraan atas: 

  • Risiko kecelakaan;
  • Risiko pembobolan / pencurian;
  • Risiko bencana alam (banjir, hujan es, dan lainnya); 
  • Risiko terorisme, kerusuhan, huru hara, dan lainnya.

Cocok untuk: Pemilik kendaraan pribadi.

7. Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis adalah jenis asuransi yang melindungi kamu dari risiko penyakit kritis, seperti kanker, serangan jantung, dan stroke. Berbeda dengan asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis hanya melindungi kamu dari risiko penyakit tertentu. 

Biasanya pertanggungan berupa sejumlah besar uang tunai yang diberikan sekaligus (lump sum payment) atau pertanggungan penuh atas biaya pengobatan hingga pulih. 

Manfaat tersebut diberikan saat

  • Tertanggung terdiagnosa penyakit kritis;
  • Tertanggung harus menjalani pengobatan penyakit kritis;
  • Tertanggung meninggal dunia akibat penyakit kritis.

Cocok untuk: Kamu yang mempunyai faktor risiko besar untuk penyakit kritis, terutama bila ada riwayat keluarga. Walaupun masih muda, tapi kamu bisa mengantisipasi serangan jantung, gejala stroke, dan kanker.

Asuransi gak perlu mahal kok!

Kamu bisa mencoba mencari jenis asuransi yang cocok denganmu dengan asuransi online Super You. Super You mempunyai 3 kelebihan dibanding asuransi lain, yaitu 

  1. Murah: Mulai dari Rp30.000-an saja per bulan, dan harganya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kamu pun bisa mencampurkan beberapa jenis asuransi dalam satu akun.
  2. Mudah: Kamu bisa membeli polis asuransi melalui website tanpa ada perantara. Hanya butuh KTP Tertanggung dan KTP Ahli Waris, dan beberapa klik. 
  3. Cepat: Tidak perlu mengirimkan dokumen atau apapun, e-polis pun bisa langsung diakses ketika kamu sudah melakukan transaksi pembayaran.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, temukan jenis asuransi yang tepat untuk kebutuhan kamu, hanya di Super You!

asuransi jiwa super you

Mulai dari Rp33.000 per bulan

Mulai dari Rp39.500 per bulan

asuransi penyakit kritis super you

Mulai dari Rp28.500 per bulan

Mulai dari Rp36.500 per bulan

SHARE

Artikel Terkait Lainnya