kartu-debit

Kartu debit merupakan salah satu jenis pembayaran non-tunai yang menggunakan kartu layaknya kartu kredit. Namun, ada perbedaan dari kartu debit dan kartu kredit, untuk mengetahui perbedaannya mari mulai dari mengenali kartu debit. 

Baca Juga: Kamu Tim Mana, Paylater atau Kartu Kredit?

 

Definisi Kartu Debit

Berdasarkan penerangan oleh Otoritas Jasa Keuangan, kartu debit adalah “Kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan PIN (Personal Identification Number)”

Jenis – Jenis Kartu Debit:


Mastercard

Kartu yang memiliki logo Mastercard dikeluarkan oleh Mastercard Incorporated dan bisa digunakan di luar negeri karena hampir semua bank menerima kartu Mastercard.

Visa

Kartu Visa sama seperti Mastercard dimana bisa melakukan transaksi di luar negeri. Namun, di Indonesia popularitas kartu Visa cukup tinggi dimana hampir semua pembayaran online yang melibatkan kartu harus menggunakan kartu Visa. 


Manfaat Pembayaran Non-Tunai menggunakan Kartu ATM 

Kartu debit merupakan kartu ATM, maka dari itu mari ketahui manfaat memiliki kartu ATM adalah:

Mempermudah Transaksi 

Transaksi yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Tidak seperti dulu dimana transaksi seperti transfer, pembayaran dan mengambil uang harus dilakukan di bank, sekarang transki tersebut dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Hal ini bisa dilakukan apabila memiliki kartu ATM jadi bisa menggunakan mesin ATM untuk melakukan transaksi tersebut.


Memudahkan Transaksi ke Luar Negeri 

Bagi yang suka pergi ke luar negeri, kartu ATM bisa mempermudah transaksi karena beberapa jenis kartu ATM diterima di luar negeri. Dengan begitu masih bisa melakukan transaksi seperti membayar menggunakan kartu atau untuk mengambil uang. 


Mengurangi Risiko Kejahatan
 

Membawa jumlah uang yang lebih sedikit atau bawaan yang lebih sedikit bisa mengurangi risiko kejahatan. Dengan beralih ke pembayaran non-tunai seperti kartu ATM, maka jumlah uang dan jumlah bawaan akan berkurang.


Manfaat Memiliki Kartu Debit:

Nah, sudah tahukan manfaat dari kartu ATM? Mari sekarang ketahui manfaat dari memiliki kartu debit!

Transaksi Dengan Gesek Kartu 

Salah satu manfaat dari memiliki kartu debit adalah kepraktisan transaksi. Tidak hanya dalam fisik dimana lebih efisien untuk membawa kartu daripada membawa dan menarik uang tunai. Dengan menggunakan kartu debit, pembayaran hanya tinggal menggesek kartu di mesin EDC dan memasukan PIN.


Tidak Berhutang

Bisa meminjam, atau berhutang menjadi salah satu manfaat kartu kredit. Namun, kartu debit tidak seperti kartu kredit yang membayar dengan meminjam dari pihak bank, pembayaran yang dilakukan adalah dengan saldo rekening jadi tidak berhutang.


Tidak Ada Cicilan Bulanan

Tidak seperti kartu kredit, tidak ada cicilan bulanan saat menggunakan kartu debit. Saat menggunakan kartu debit, meski tidak ada cicilan bulanan masih ada biaya admin yang berkisar Rp.6000 – Rp.15.000 saja.


Kekurangan Kartu Debit 

Meski ada banyak manfaat dari menggunakan kartu debit sebagai pembayaran non-tunai, masih ada kekurangan dan risikonya. Mari pelajari sekarang!

Tidak Banyak Promo

Salah satu kekurangan dari penggunaan kartu debit adalah kurangnya ketersediaan promo belanja berbeda dengan kartu kredit yang memiliki banyak promo. 


Bisa Disalahgunakan 

Pembayaran non-tunai yang menggunakan kartu seperti kartu debit dan kredit rentan disalahgunakan oleh kasir toko. Hal ini bisa dilakukan dengan cara double swipe atau menggesek kartu dua kali di komputer kasir untuk mendapatkan informasi data kartu tersebut.


Transaksi Sesuai Merchant Bank

Tidak semua toko memiliki memiliki mesin EDC untuk semua bank. Biasanya yang tersedia hanya mesin EDC untuk bank – bank yang besar saja, atau bahkan hanya memiliki mesin EDC dari satu bank saja. Hal ini menyebabkan harus menggunakan uang tunai atau menggunakan mesin EDC dari bank lain dan terkena biaya 1-2% dari harga barang yang dibeli. 


Demikian penjelasan mengenai kartu debit beserta manfaat dan risiko penggunaannya. Selain kartu debit ketahui jenis pembayaran non-tunai lainnya seperti paylater, kartu kredit, atau
scan QR Code.