kekurangan p2p lending

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengamankan finansial anda di masa depan. Belakangan ini, tren untuk melakukan investasi semakin meningkat dan jenis – jenis investasi pun semakin banyak. 

Peer – to – peer lending adalah salah satu cara untuk melakukan investasi yang juga sedang trending. Sebelum melakukan investasi ini, mari pelajari apa sih kekurangan dan risiko dari melakukan peer – to – peer lending?

Mari mulai dari mengetahui sedikit mengenai apa itu peer – to – peer lending dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu Peer – to – Peer Lending

Peer – to – peer lending yang juga dikenal sebagai P2P Lending adalah metode investasi yang dilakukan dengan cara meminjamkan uang atau dana ke bisnis atau individu. yang meminjamkan uang atau dipanggil sebagai pendana atau investor akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga pinjaman.

Berbeda dari metode investasi lainnya, peer – to – peer lending langsung menghubungkan sang pendana ke peminjam jadi menghilangkan pihak penengah seperti bank yang berperan sebagai institusi keuangan konvensional. 

Cara Kerja Peer – to – Peer Lending

Metode peer – to – peer lending dilakukan dengan platform online seperti aplikasi yang menjadi fasilitas untuk investor dan peminjam dana melakukan transaksi secara langsung. Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja peer – to – peer lending secara lebih jelas:

  1. Lakukan registrasi ke platform yang digunakan. Ini wajib dilakukan bagi investor maupun peminjam dana atau borrower. Prosesnya bisa dilakukan melalui komputer atau smartphone.
  2. Setelah registrasi atau log in, borrower bisa mulai mengajukan pinjaman dana.
  3. Pengajuan peminjaman dana yang dilakukan akan dianalisa oleh platform untuk menilai apakah borrower layak mengajukan pinjaman tersebut.
  4. Apabila sudah dianalisa dan terpilih oleh platform, borrower akan di marketplace peer – to – peer lending dan dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai profil dan risiko dari borrower.
  5. Investor bisa melakukan analisa dan menyeleksi borrower yang ada di marketplace peer – to – peer lending berdasarkan informasi yang disediakan platform.
  6. Transaksi pendanaan terjadi dengan borrower dan investor.
  7. Setelah sudah jadwal pengembalian, borrower akan mengembalikan pinjaman.
  8. Investor akan menerima pengembalian dana pinjaman dari borrower lewat platform.

Kekurangan untuk Peminjam

Peminjam mengajukan pinjaman dana untuk membantu mendanai usaha mereka, tetapi masih ada kekurangan dari proses ini. Berikut ini adalah beberapa kekurangan melakukan peer – to – peer lending bagi peminjam dana:

  • Tagihan akan menjadi sangat signifikan saat telat membayar
  • Ketika gagal untuk melakukan pembayaran pinjaman maka jumlah yang harus dibayar akan meninggi
  • Semakin lama jangka waktu pinjaman maka semakin banyak tagihannya, karena itu pinjaman merupakan metode yang cocok dilakukan dalam jangka yang pendek
  • Meski terdapat kemungkinan untuk memenuhi dana pinjaman secara keseluruhan, tetapi tidak dijamin seluruhnya akan terpenuhi

Kekurangan bagi Pendana 

Meski investasi dilakukan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi ada kekurangan dari setiap jenis investasi yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan melakukan Peer – to – Peer lending bagi pendana:

  • Tidak seperti menyetor uang ke bank, saat mengalokasikan uang di peer – to – peer lending tidak bisa menariknya kapan saja
  • Adanya risiko bahwa borrower gagal mengembalikan pinjaman dan dana yang dipinjamkan pun lenyap 
  • Risiko sepenuhnya jatuh pada pendana dimana adanya risiko bahwa peminjam dana menunggak tagihan atau tidak bisa membayarnya

Untuk menghindari risiko, ikuti tips P2P lending pemula. Ketahui cara melakukan peer – to – peer lending dengan aman dan keuntungan dari melakukan investasi dengan metode ini.

Nah, itulah kekurangan dari peer – to – peer lending. Sebelum memulai melakukan investasi ini pastikan untuk mencari tahu mengenai platform yang akan digunakan. Selain itu pastikan untuk melindungi diri dari potensi risiko finansial dengan memiliki asuransi. Super You menyediakan asuransi online yang mudah didapatkan dengan harga yang aman di kantong. Yuk, tunggu apa lagi? Proteksi diri dan finansial mu sekarang!