apa itu saham

Mungkin, kamu berpikir bahwa bentuk dari menabung atau berinvestasi itu terbatas. Misal hanya membeli emas batangan atau tanah. Tapi investasi gak cuma itu, guys. Ada pula yang dinamakan dengan saham.

Katanya, hanya orang mumpuni saja yang bisa punya saham? Jawabannya salah! Semua orang berkesempatan kok untuk menanam saham. Masalahnya, kamu sudah paham belum apa itu saham?

Pengertian saham itu sebenarnya mudah. Saham adalah bukti atau tanda sah kepemilikan modal seseorang terhadap suatu bidang usaha atau perusahaan. Artinya, seseorang yang memiliki saham di perusahaan A, punya hak untuk mendapatkan profit serta aset perusahaan tersebut

Simpelnya, kamu dicap sebagai pemilik perusahaan juga sebab punya andil. Plus, kamu bakalan ikut rapat perusahaan khusus bagi pemegang saham (RUPS). Kenali dulu nih dua jenis saham.

  • Saham biasa: tetap dapat sebagian pendapatan (dividen) kok, tapi kalau lagi rugi, harus mau terima resiko kerugian perusahaan ya. Keuntungan lainnya, kamu punya andil untuk mengelola perusahaan juga lho.
  • Saham preferen: jelas, haknya lebih banyak dibanding pemilik saham biasa. Salah satunya yaitu saat pembagian keuntungan, kamu dinomorsatukan.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi untuk Pemula

 

Kenapa kamu mesti memiliki saham?

Keuntungan lebih besar

Dibanding bentuk investasi yang lain seperti tanah atau emas, menanam saham itu menghasilkan keuntungan yang lebih besar lho. Mainannya untung rugi perusahaan yang selalu bergerak.

Modal kecil langsung gas!

Selain reksadana pasar uang dan obligasi, tentu saat ini sudah ada aplikasi saham yang memudahkan kamu. Investasi saham gak butuh modal jutaan. Kamu bisa mulai dengan modal hanya ratusan ribu kok. Kamu bisa coba aplikasi seperti Bibit atau Ipot dari Indopremier.

Fleksibel

Pertama, dari segi waktu. Karena cara kerjanya juga sudah banyak dibantu oleh sistem online, gak ribet lagi deh kalau mau memantau jalannya perusahaan. Kamu tetap bisa melakukan aktivitas lain ataupun melakukan pekerjaan utama tanpa harus 24 jam berfokus pada saham milikmu.

Kedua, segi untung rugi. Kalau kamu beli saham di perusahaan yang punya riwayat kerja baik, dijamin resiko kerugian akan berkurang. Plus, kamu berhak mengelola suatu perusahaan jika membeli saham preferen. Punya banyak privilege kayak gini, siapa yang gak tergiur?

Selain Saham, Jangan Lupa Investasi juga Dengan Asuransi. Premi mulai Rp.28.500 per Bulan

Sekarang, bahas risiko rugi maupun untung dari memiliki saham yuk.

Untung

Yang utama pasti dividen. Dividen akan kamu dapatkan sebagai pemegang saham asalkan sudah ada perjanjian dari hasil RUPS (rapat umum pemegang saham). Perusahaan untung, tentunya kamu juga kebagian. Nah, bentuk dividen yang akan diterima itu tunai ya.

Selain itu, untung dari menjual saham nih. Misalnya kamu beli saham seharga 1.000, lalu kamu jual dengan harga 1.500. Dapet 500 deh untungnya. Itulah yang disebut dengan capital gain.

Rugi

Kebalikan dari capital gain, ada pula situasi ketika saham yang kamu jual lebih rendah dari harga belinya. Namanya capital loss. Misalnya beli saham seharga 1.000, ketika nilai jual sedang rendah, kamu jadi menjualnya seharga 800. Rugi 200 deh.

Kerugian lain disebabkan oleh perusahaan yang ditarik oleh pemerintah jika bangkrut. Hutang perusahaan harus dibayar terlebih dahulu, baru deh mikirin pemegang saham. Artinya, kamu jadi fokus terakhir di situasi ini.

Tipsnya, rajin-rajin cek perkembangan suatu perusahaan agar ketika terjadi musibah, kamu cepat tanggap mencari solusinya. Atau, siapkan diri untuk mencegah segala bentuk kerugian ya. Nah, kalau harga saham lagi turun, buru-buru beli! Nanti nyesel lho kalau tiba-tiba harganya sudah naik lagi.

Baca Juga : 3 Jenis Investasi Pendek untuk Pemula

 

Satu lagi, jangan lupa untuk investasi lewat asuransi. Di Super You, dengan asuransi online semua jadi lebih mudah. Sama seperti saham, manfaatnya bisa kamu rasakan di kemudian hari, terutama para generasi berikutnya. Mulai sekarang, lebih berpikir panjang ya. Semangat investasinya!

Mau investasi di Asuransi Jiwa? Yuk, klik banner dibawah ini.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya