asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang menanggung risiko kesehatan Tertanggung. Ini berarti jika orang yang kesehatannya diasuransikan sakit, maka biaya medisnya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Fungsi asuransi sebenarnya adalah membantu kamu mengatasi masalah finansial jika sewaktu-waktu sakit parah dan membutuhkan dana untuk berobat.

Tapi sebenarnya apa asuransi sepenting itu? Buat kamu yang belum yakin, ini 3 alasan utama kenapa semua orang butuh asuransi kesehatan.

Kenapa perlu asuransi kesehatan?

Alasannya sederhana saja. Karena asuransi kesehatan membantu meringankan beban finansial yang ada karena biaya kesehatan. Ada 3 alasan kenapa beban kesehatan lebih baik diringankan dengan asuransi

1. Biaya kesehatan itu mahal

Untung-untung kalau kamu gak pernah sakit. Tapi siapa sih di dunia ini yang kebal dari segala jenis penyakit? Pada satu titik dalam hidup, pasti ada saja biaya yang kamu butuh keluarkan untuk kesehatan. Permasalahannya adalah: Biaya kesehatan itu tidak murah. Apalagi kalau menghitung banyaknya variabel yang ada. 

Bayangkan saja jika kamu mengalami suatu gejala sakit. Kamu harus melakukan pemeriksaan kesehatan (entah ambil darah atau CT scan atau apapun itu), itu mempunyai biaya tersendiri. Kamu juga harus membayar lagi untuk jasa kesehatan (dokter dan suster yang bertugas). Selain itu, ada juga biaya obat, belum lagi biaya operasi atau biaya rawat inap jika penyakitnya berbahaya.

Jika diambil referensi dari RS Jakarta, biaya rawat inap kelas II di Jakarta adalah Rp675.000 per hari. Sementara biaya UGD bisa sampai juta-an per hari nya. Belum termasuk biaya obat dan dokter, juga biaya pemeriksaan kesehatan lainnya.

Nah, asuransi kesehatan biasanya memberi kamu potongan atau mengganti penuh biaya rumah sakit ini. Beban finansial kamu pun jadi lebih ringan.

Mulai dari Rp.39.500 per Bulan. Dapatkan Perlindungan Risiko Kesehatan!

2. Kenaikan biaya kesehatan yang sangat tinggi

Mungkin kamu bisa bilang kalau kamu punya tabungan. Namun, tentunya tabungan ini tidak bisa bersaing dengan inflasi yang sangat pesat. 

Apalagi biaya kesehatan di Indonesia mengalami inflasi yang tinggi. Berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik, biaya kesehatan di Indonesia selama tahun 2020 mengalami inflasi dua kali lipat dibandingkan inflasi barang umum lainnya per bulannya. 

Kenaikan biaya kesehatan tentunya tidak sebanding dengan kenaikan gaji karyawan. Karena itu, kamu bisa membantu meringankan biaya finansial kesehatan kamu dengan mempunyai asuransi kesehatan. 

3. Siapapun punya risiko sakit

Namanya juga manusia, pasti bisa sakit. Apalagi melihat kondisi Corona yang sedang berlangsung, kita menyadari bahwa siapapun bisa terkena penyakit yang tak terduga. Ingat: Virus tidak memandang bulu.

Ditambah dengan seiringnya bertambah umur, risiko terkena penyakit semakin tinggi. Namun, asuransi juga semakin mahal bila kamu masuk saat sudah tua. Karena itu, kamu harus memulai berasuransi kesehatan dari muda. Terutama bagi kamu yang sudah mempunyai tanggungan keluarga.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Memangnya apa saja sih manfaat asuransi kesehatan?

Tergantung pada asuransi kesehatannya. Di Super You, kamu bisa mendapatkan tiga manfaat asuransi kesehatan dari My Hospital, yaitu:

  • Santunan harian rawat inap hingga 500rb per hari.
  • Santunan harian rawat UGD hingga 1 juta per hari.
  • Pertanggungan tutup usia hingga 50 juta.

Dengan harga premi Rp39.500 / bulan saja, kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang murah namun menunjang biaya kesehatan kamu. Apalagi yang kamu tunggu? Yuk cek asuransi kesehatan Super You. Klik banner dibawah ini ya.

Artikel Terkait Lainnya