Law of Large Numbers

Pernahkah kamu membaca atau mendengar law of large numbers, Teman SUPERjuangan? Istilah law of large numbers memang kebanyakan ditemukan dalam prinsip statistik, wajar saja jika sebagian orang masih awam. Tapi, law of large numbers juga digunakan oleh perusahaan asuransi untuk memprediksi kerugian yang bisa saja terjadi dengan akurat.

Kelak sebagai penanggung, perusahaan asuransi pastinya menginginkan keuangan yang stabil dalam jangka panjang. Dengan perhitungan law of large numbers, memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih cerdas guna mengelola risiko, salah satunya dengan penetapan besaran premi.

Bahkan, seorang agen asuransi biasanya dituntut memiliki pemahaman baik terkait law of large numbers. Sebab, mereka juga akan menawarkan produk asuransi kepada calon nasabah berdasarkan perhitungan yang tepat sehingga dapat menghindari risiko kerugian besar.

Ini menjadi hal penting yang perlu Teman SUPERjuangan dalami, terutama buat kamu yang ingin berkecimpung dalam dunia asuransi. Sementara juga untuk pengetahuan kita bersama, SUPERmin akan mengajak melihat bagaimana pengaruh law of large numbers terhadap perlindungan asuransi kita sehari-hari. Berikut pembahasannya!

Table of Contents

Law of Large Numbers

Pengertian Law of Large Numbers dalam Asuransi

Mari mulai dengan asal-usul istilah law of large numbers itu sendiri. Berasal dari bahasa Inggris, kata law berarti hukum dan large numbers berarti bilangan besar. Menurut sejarah yang ada, law of large numbers dibuktikan pertama kali oleh Jakob Bernoulli. Ia merupakan seorang matematikawan asal Swiss, melalui tulisannya yang terbit pada tahun 1713 lalu.

Sempat sebelumnya, Girolamo Cardano seorang ahli matematika asal Italia memperkenalkan tanpa bisa menunjukkan bukti kecenderungan hasil baik dengan meningkatnya jumlah percobaan yang dilakukan dalam teori law of large numbers.

Sementara Jacob Bernoulli berhasil menjelaskan law of large numbers sebagai perilaku probabilitas dalam pengulangan eksperimen yang banyak. Karena itu, istilah law of large numbers berkembang dalam literatur matematika kemudian statistik modern. Law of large numbers memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang, pastinya termasuk asuransi.

Pengertian law of large numbers adalah kemungkinan yang menyatakan bahwa seiring dengan meningkatnya jumlah percobaan atau pengamatan yang dilakukan, hasil rata-ratanya akan cenderung mendekati nilai yang diharapkan.

Maka, law of large numbers dalam asuransi merujuk semakin banyak polis yang dikeluarkan oleh perusahaan, semakin dekat pula hasil klaim sebenarnya dengan perkiraan matematis dari risiko yang terlibat. Dengan kata lain, semakin besar sampelnya, semakin akurat perkiraan jumlah klaim yang akan diterima perusahaan asuransi.

Bagaimana Peran Law of Large Numbers dalam Asuransi?

Sederhananya, pengertian law of large numbers dalam asuransi adalah memperhitungkan risiko kerugian yang mungkin dialami oleh perusahaan dengan meningkatkan jumlah orang atau kelompok yang mengambil produk asuransi tersebut. Namun, bagaimana law of large numbers memainkan peran penting dalam cakupan lebih luas? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini.

1. Penetapan premi

Law of large numbers berperan bagi perusahaan asuransi menetapkan besaran premi seadil-adilnya. Penanggung, dalam hal ini perusahaan asuransi mengeluarkan polis dalam jumlah besar, lalu menyesuaikan premi berdasarkan perkiraan risiko yang dihadapi oleh pemegang polis, stabilisasi tarif premi, perubahan tren klaim, dan menetapkan premi yang kompetitif sambil mendapat keuntungan yang sehat.

2. Pengelolaan risiko

Law of large numbers dalam asuransi juga berperan mengelola risiko lebih efisien dan efektif. Dengan mengeluarkan polis dalam jumlah besar, law of large numbers mendapat perkiraan risiko yang akurat, seberapa sering klaim akan terjadi. Selanjutnya, perusahaan asuransi konsentrasi mengambil langkah-langkah yang tepat mengendalikan kerugian tersebut saat itu.

3. Pengembangan strategi

Dengan law of large numbers, perusahaan asuransi juga dapat memikirkan kembali, menyiapkan, atau mengembangkan strategi untuk menjaga kestabilan keuangan. Peran ini mencakup diversifikasi melalui banyak polis yang tersebar, kemudian pencadangan melalui reasuransi yang sesuai mengingat ketidakpastian pembayaran klaim ke depan.

Manfaat Law of Large Numbers dalam Asuransi

Teman SUPERjuangan, manfaat law of large numbers dalam asuransi sebenarnya sudah dapat kita simpulkan. Manfaat law of large numbers memang akan dirasakan langsung oleh perusahaan asuransi itu sendiri, karena itu sangat berperan penting serta tidak boleh dilewatkan. Untuk mempertegas kembali, ini dia manfaat law of large numbers dalam asuransi.

1. Memperkirakan klaim secara akurat

Law of large numbers dalam asuransi berpengaruh terhadap keakuratan klaim para pemegang polis yang dapat diprediksi. Manfaat law of large numbers dalam asuransi tersebut akan mempengaruhi besaran preminya. Selain itu, membantu mengumpulkan data mereka yang representatif serta analisis statistik.

2. Meminimalisir risiko

Dengan jumlah polis yang bertambah, prediksi yang akurat, manfaat law of large numbers dapat meminimalisir risiko yang mungkin saja terjadi. Hal tersebut juga akan dibantu dari adanya pemodelan risiko menggunakan konsep law of large numbers yang kompleks, seperti model pembelajaran statistik.

3. Stabilitas finansial

Manfaat law of large numbers memberikan stabilitas finansial bagi perusahaan asuransi. Dengan sudah memprediksi klaim yang diimbangi oleh jumlah pemegang polis lebih besar, memastikan pendapatan dari premi bisa mencukupi pembiayaan klaim tersebut. Dan pastinya, memberikan keuntungan yang stabil serta keberlanjutan bisnis.

4. Pelayanan yang meningkat

Secara tidak langsung manfaat law of large numbers meningkatkan penilaian atas pelayanan perusahaan asuransi. Sebagai penanggung dapat menyesuaikan produk dengan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pemegang polis. Di sisi lain, juga memperbaharui kebijakan. Dengan begitu, masyarakat juga merasa puas untuk pelayanan yang didapat tersebut.

Law of Large Numbers

Contoh Penerapan Law of Large Numbers dalam Asuransi

Dalam asuransi, perusahaan asuransi sebagai penanggung harus memenuhi hak para pemegang polis, yakni membayarkan klaim atas risiko yang ditanggung. Melalui konsep law of large numbers dengan ukuran sampel yang besar, akan semakin mendekati nilai sebenarnya tersebut.

Nah supaya Teman SUPERjuangan mempunyai gambaran lebih jelas mengenai law of large numbers dalam asuransi, terakhir akan ditutup dengan contoh penerapannya. Perhatikan contoh penerapan law of large numbers dalam asuransi berikut dengan seksama, ya.

Ketika perusahaan asuransi kesehatan memiliki ribuan pemegang polis, setiap pemegang polis memiliki risiko penyakit menular seperti demam berdarah. Perusahaan asuransi menemukan sekitar 5 persennya mengajukan klaim asuransi karena penyakit menular tersebut. Dengan menggunakan data representatif yang serupa pula, perusahaan dapat memperkirakan pola dan frekuensi klaim dalam suatu waktu secara akurat.

Prediksi law of large numbers dalam asuransi ini akhirnya membantu perusahaan asuransi memperhitungkan kewajiban para pemegang polis guna menutupi kemungkinan klaimnya. Dan ketika klaim sebenarnya diajukan, perusahaan asuransi dapat menggunakan dana cadangan yang dikumpulkan dari premi, terlebih karena sisa jumlah polis yang banyak tanpa pengajuan klaim.

Dengan demikian, perusahaan tidak akan mengalami tekanan keuangan yang signifikan, bahkan dapat menjaga kestabilannya untuk jangka panjang. Tapi sebaliknya, jika jumlah pemegang polis sedikit, akan sulit memprediksi risiko, justru yang ada juga mengalami kerugian. Itulah pentingnya penerapan hukum bilangan besar alias law of large numbers dalam asuransi.

Tanpa law of large numbers, perusahaan asuransi jadi buntung. Begitupun kita kalau tanpa perlindungan, kesehatan dan keuangan jadi ancaman. Sekarang tuh nggak perlu takut lagi asuransi kesehatan yang katanya mahal, karena udah ada Super Care Protection dari Super You by Sequis. Premi mulai Rp1.000an aja per hari, manfaat pertanggungan sampai Rp1 miliar untuk 30+ penyakit/infeksi menular dan kecelakaan loh. Buruan daftar agar hidup lebih tenang!

Artikel Terkait