v

Asuransi merupakan sebuah perjanjian antara Tertanggung (pihak yang jiwanya diasuransikan) dan Penanggung (biasanya perusahaan asuransi). Pihak Tertanggung diwajibkan membayar premi asuransi per bulan atau tahunnya, sementara itu Penanggung akan membayarkan Uang Pertanggungan ketika risiko yang ditanggung terjadi.

Apa saja sih manfaat mempunyai asuransi? 

  1. Alat Pengalihan Risiko
  2. Meminimalisir Kerugian 
  3. Memberi Keamanan untuk Masa Depan
  4. Asuransi Jiwa
  5. Asuransi Kesehatan
  6. Asuransi Penyakit Kritis
  7. Asuransi Kecelakaan Diri
  8. Asuransi Kendaraan
  9. Asuransi Perjalanan
  10. Asuransi Pendidikan

Tetapi manfaatnya bisa dikategorikan secara umum dan berdasarkan jenisnya. Yuk simak artikelnya langsung.

Manfaat asuransi secara umum

Secara umum, semua produk dan jenis asuransi mempunyai tiga manfaat berikut. 

 1. Alat pengalihan risiko

Asuransi dapat mengalihkan risiko finansial yang kamu punya. Dengan asuransi, kamu bisa mengalihkan beban risiko finansial yang ada. Contohnya dengan asuransi kesehatan, kamu tidak perlu membayar keseluruhan atau sebagian biaya tagihan rumah sakit bila jatuh sakit. Risiko tersebut dialihkan atau ditanggung oleh perusahaan asuransi.

2. Meminimalisir kerugian

Karena sebagian atau keseluruhan risiko sudah dialihkan kepada perusahaan asuransi, kamu pun bisa meminimalisir kerugian yang ada.

Kamu tidak perlu berhutang demi menutupi risiko finansial, atau merogoh tabungan yang sudah kamu simpan untuk keperluan lain, atau bahkan mengambil dari dana darurat yang sudah kamu punya. Uang itu bisa kamu pakai untuk hal lain misalnya ditabung atau diinvestasikan.

3. Memberi keamanan untuk masa depan

Dengan adanya asuransi, setidaknya keuangan kamu akan lebih stabil. Selain itu, jika kamu sudah tahu bahwa risiko yang ada dalam hidup bisa dialihkan, kamu pun akan merasa lebih percaya diri secara keuangan. Hal ini juga dapat membuat kamu merasa lebih berani untuk berinvestasi atau memulai suatu bisnis.

Nah itu dia 3 manfaat asuransi secara umum dan secara pribadi untuk kamu. Namun, ada juga beberapa manfaat dari fungsi asuransi lainnya.

 
Ketahui manfaat lengkap dari setiap jenis asuransi disini!

 

Manfaat asuransi berdasarkan jenisnya

Berikut 7 jenis asuransi paling umum beserta penjelasan mengenai manfaatnya.

1. Asuransi jiwa

Sebagai salah satu asuransi paling dasar, asuransi jiwa mempunyai manfaat untuk melindungi jiwa kamu dari risiko kematian. Banyak juga orang yang menggunakan jenis asuransi yang satu ini sebagai warisan kepada anak atau istri ketika nanti mereka tutup usia. 

Jenis asuransi ini sangat penting, terutama bagi mereka yang menjadi satu-satunya pencari nafkah keluarga. Di Super You by Sequis Online, asuransi jiwa Super Strong Protection memberikan manfaat lain yaitu meng-cover resiko usia yang disebabkan oleh COVID-19.

Asuransi Jiwa Mulai dari Rp.33.000 per Bulan

2. Asuransi kesehatan

Jika kamu pernah sakit, maka mungkin kamu akan mengerti seberapa bermanfaatnya jenis asuransi yang satu ini. Biaya tagihan kesehatan yang terus melonjak bisa ditutupi jika kamu mempunyai asuransi kesehatan

Memang betul, manfaat asuransi kesehatan berupa pertanggungan biaya kesehatan rumah sakit. Tergantung produk asuransi yang dipilih, biaya yang ditanggung bisa berbeda-beda. Ada yang menanggung rawat jalan, rawat inap, maupun rawat ICU. Nominalnya pun berbeda, tergantung polis yang kamu pilih. Karena itu, pastikan asuransi kesehatan yang kamu pilih sudah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa mencoba asuransi kesehatan My Hospital Protection dari Super You. Hanya mulai dari Rp.39.500 per bulan, dapatkan manfaat biaya rawat harian rumah sakit, biaya rawat harian ICU, dan lainnya.

3. Asuransi penyakit kritis

Mirip dengan asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis juga dapat menutupi keseluruhan atau sebagian dari tagihan biaya rumah sakit terkhusus penyakit tertentu. Contohnya jika di Super You, asuransi penyakit kritis berguna untuk risiko 3 penyakit penyebab kematian, yaitu serangan jantung, stroke, dan kanker. 

Manfaat asuransi penyakit kritis dapat berupa biaya pengobatan, atau bisa berupa uang Pertanggungan yang diberikan langsung setelah terdiagnosa oleh penyakit tersebut. Yuk, coba asuransi penyakit di Super You. Klik banner dibawah yaa dan pilih plan kamu!

Asuransi Penyakit Kritis

 

4. Asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan diri melindungi kamu dari risiko kecelakaan yang menimpa. Biasanya manfaat asuransi kecelakaan dapat berupa biaya medis atas kecelakaan (seperti patah tulang atau operasi), dan uang pertanggungan bila terjadi risiko tutup usia atau Cacat Total dan Tetap disebabkan oleh kecelakaan tersebut. 

5. Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan dapat mengganti rugi kerusakan pada kendaraan yang kamu punya jika terjadi suatu risiko (baik kecelakaan, pembobolan, atau lainnya). Produk ini bisa dibeli secara terpisah atau bersama dengan kendaraan yang kamu punya.

Berbeda dengan asuransi kecelakaan bermotor, manfaat asuransi kendaraan berfokus kepada kendaraan yang kamu punya. Sementara itu, asuransi kecelakaan bermotor seperti Super Motor lebih berfokus memberi manfaat asuransi yang melindungi si pengendara atau orang yang dibonceng.

6. Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan dapat memberi berbagai jenis ganti rugi yang terjadi saat kamu sedang bepergian. Tergantung jenis produknya, berikut beberapa manfaat asuransi perjalanan:

  • Keterlambatan perjalanan (delay);
  • Kehilangan atau kerusakan bagasi;
  • Biaya pengobatan; atau
  • Risiko kecelakaan.

Biasanya asuransi perjalanan bisa dibeli bersamaan dengan pembelian tiket (baik pesawat, kapal, maupun kereta api). Berbeda dengan asuransi kecelakaan saat liburan, asuransi perjalanan hanya berfungsi selama perjalanan. Sementara asuransi kecelakaan saat liburan, seperti Super Holiday, dapat melindungi kamu selama masih dalam masa liburan (5 hari sebelum dan setelah hari liburan nasional).

7. Asuransi pendidikan

Jenis asuransi terakhir, asuransi pendidikan dapat bermanfaat bagi kalian yang mempunyai anak yang akan bersekolah. Asuransi pendidikan dapat memberi manfaat asuransi berupa jaminan biaya pendidikan sampai tingkat kuliah. Namun, tentunya semua ini tergantung lagi berdasarkan produk asuransi pendidikan yang dipilih.

Selain itu, asuransi pendidikan juga membantu orang tua mempersiapkan terhadap inflasi biaya pendidikan per tahunnya. Biasanya asuransi pendidikan pun sudah memperhitungkan faktor kenaikan biaya pendidikan.

Kapan manfaat asuransi dirasakan?

Manfaat asuransi bisa kamu rasakan ketika kamu mengalami risiko yang dipertanggungkan sesuai polis asuransi. Jika terjadi, kamu bisa mengajukan klaim untuk menerima manfaat asuransi.

Namun, bukannya mustahil klaim yang kamu ajukan ditolak. Hal ini bisa terjadi bila risiko yang terjadi termasuk dalam klausul pengecualian dalam polis asuransi kamu. Karena itu, sesudah pembelian asuransi, pastikan kamu mengecek polis asuransi yang kamu punya secara teliti ya!

Tapi asuransi kan mahal?

Gak harus kok. Kamu bisa saja mencoba membeli produk asuransi online. Selain jauh lebih terjangkau, mulai dari Rp 30ribu-an saja per bulannya, kamu pun tidak harus ribet datang ke kantor asuransi. Kamu bisa melakukannya hanya dalam beberapa klik saja melalui gadget kamu.

Artikel Terkait