asuransi jiwa

Asuransi jiwa pada umumnya memberikan jaminan keamanan untuk perencanaan keuangan di masa depan. Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberi perlindungan dari risiko setelah kematian dan risiko cacat fisik yang disebabkan oleh kecelakaan, sakit penyakit, atau sebab apa pun. Biasanya uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris yang ditinggalkan.

Ada beberapa manfaat asuransi jiwa yang perlu kamu tahu, diantaranya

1. Manfaat Asuransi Jiwa untuk Risiko Meninggal Dunia

Manfaat utama asuransi jiwa yang terpenting adalah sebagai proteksi dari risiko meninggal dunia. Contohnya, jika kamu sebagai kepala keluarga dan meninggal dunia akibat kecelakaan atau sebab apapun maka perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan kepada ahli waris.

 

2. Manfaat Asuransi Jiwa untuk Cacat Permanen

Asuransi jiwa juga memberikan manfaat perlindungan yang membuat tertanggung atau pemegang polis mengalami cacat permanen atau cacat sebagian. Perusahaan asuransi akan membayar manfaat asuransi sebesar yang disepakati di dalam polis asuransi. Manfaat asuransi akan berakhir apabila tertanggung mengalami cacat total akibat kecelakaan karena umumnya uang pertanggungan dibayar dengan pembayaran sekaligus.

 

3. Menjamin Kelangsungan Keluarga

Asuransi jiwa bermanfaat untuk melindungi kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris apabila ditinggalkan oleh pemegang polis. Manfaat uang pertanggungan tentu membantu memastikan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan. Dengan asuransi jiwa, berarti kamu sudah menjaga keluarga kamu dari risiko finansial masa depan seperti biaya pendidikan, biaya pengobatan, dan beban tanggungan lain.

 

4. Manfaat Tabungan Masa Depan

Asuransi jiwa mengajarkan kita untuk melakukan perencanaan keuangan keluarga yang baik. Dengan memiliki asuransi jiwa kamu dan keluarga terlindungi dari risiko finansial. Pastinya asuransi jiwa memberikan manfaat perlindungan finansial yang sehat di masa depan. Oleh karena itu kamu akan lebih hemat dan bijaksana dalam mengatur keuangan masa depan.

 

5. Uang Kamu Gak Cepat Habis

Maksudnya disini adalah dengan asuransi jiwa, kamu bisa mengelola uang secara tepat. Asuransi jiwa membantu kamu agar uang dapat teralokasikan dengan baik untuk masa depan. Dengan begitu kamu akan terbiasa menyisihkan uang per bulan atau per tahun secara berkala untuk membayar premi asuransi.

asuransi jiwa

6. Mencegah Adanya Kerugian di Masa Depan

Manfaat asuransi jiwa adalah meminimalkan risiko kerugian finansial. Asuransi jiwa memberikan besaran uang sebagai pengganti kerugian yang terjadi. Hal ini berarti kamu gak perlu khawatir dengan kondisi keuangan di masa depan.

 

7. Memberikan Rasa Tenang dan Aman

Manfaat asuransi jiwa adalah membuat kamu lebih tenang dan aman. Misalnya jika kamu jatuh sakit maupun kematian yang gak bisa diprediksi kapan terjadi. Asuransi jiwa dapat menjadi pilihan sebagai dana darurat untuk kebutuhan finansial masa depan jika pemegang polis mengalami kecelakaan, cacat total, atau kematian.

 

8. Ada Manfaat Investasi

Untuk produk asuransi jiwa unit link, kamu gak cuma bayar premi untuk asuransi saja tapi kamu juga mendapatkan manfaat asuransi jiwa berupa investasi. Uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris biasanya akan ditambahkan dengan uang hasil investasi yang sudah terdapat dalam paket asuransi jiwa. Jika kamu ingin perlindungan menyeluruh, bisa juga dicoba asuransi jiwa murni.

 

9. Punya Uang Cash dengan Cara Paling Murah

Mengapa murah? Karena asuransi jiwa membuat kamu harus menabung dengan menyisihkan uang setiap bulannya untuk membayar premi. Ketika pemegang polis mengalami cacat atau meninggal, maka uang pertanggungan dalam jumlah yang besar akan dibayar langsung kepada ahli waris. Bayangkan saja uang pertanggungannya sebesar Rp 1 miliar. Dengan memiliki polis asuransi jiwa, premi dalam jumlah kecil, kamu akan lebih tenang di masa depan jika terjadi suatu risiko.

 

10. Membantu Lunasi Utang

Uang pertanggungan bisa dipakai jika kamu memiliki utang yang mungkin saja belum terbayar. Jika utang kamu dalam jumlah besar, uang pertanggungan ini dapat digunakan untuk menutupi utang. Contohnya, jika kamu mengajukan utang dalam jumlah besar seperti KPR, tentu kamu wajib punya asuransi jiwa kredit. Produk ini membantu pelunasan utang kamu. Yuk, baca juga 11 cara melunasi utang.

 

11. Tabungan Pensiun

Buat kamu yang bekerja di perusahaan atau punya profesi yang tidak memberikan jaminan pensiun, asuransi jiwa dapat menjadi pilihan yang tepat. Misalnya manfaat asuransi jiwa unit link dan dwiguna dapat membantu kamu mengakumulasi dana persiapan pensiun.

 

12. Tabungan Pendidikan

Selain asuransi pendidikan, asuransi jiwa juga dapat memberikan kamu rasa aman dan tenang untuk memastikan target biaya pendidikan anak tercapai. Uang pertanggungan bisa kamu pakai untuk biaya pendidikan anak di masa depan.

asuransi kesehatan

13. Menanggung Bisa Seumur Hidup

Sesuai dengan jenis-jenis asuransi jiwa, misalnya asuransi jiwa whole life dapat memberikan kamu perlindungan seumur hidup sampai tertanggung berusia 99-100 tahun. Asuransi ini tentu berbeda dengan asuransi jiwa berjangka.

 

14. Sebagai Dana Warisan

Manfaat asuransi jiwa juga dapat digunakan sebagai dana warisan. Tentu kamu bisa memiliki produk asuransi jiwa seumur hidup yang cocok buat kamu yang mendambakan tabungan jangka panjang.

 

15. Aset Masa Depan

Asuransi jiwa unit link bisa bermanfaat untuk menumbuhkan aset kekayaan bagi pemegang polis karena asuransi jiwa unit link memiliki fitur investasi dan dana bisa cair jika masa asuransi telah habis.

 

16. Tambahan untuk Perawatan Medis

Produk asuransi jiwa terbaik juga menyertakan manfaat asuransi tambahan contoh pertanggungan biaya pengobatan khusus penyakit kritis dan biaya medis lainnya. Ini cocok untuk kamu yang sudah berkeluarga.

Asuransi Penyakit Kritis

17. Sebagai Pengganti Penghasilan yang Hilang

Maksudnya disini adalah jika pemegang polis mengalami cacat dan mengalami musibah yang menyebabkan kematian. Jadi keluarga yang ditinggalkan bisa mendapatkan penghasilan sementara.

 

18. Biaya Rawat Orang Tua

Jika kamu mengalami musibah atau risiko kecelakaan dan dapat menyebabkan kematian. Uang pertanggungan asuransi jiwa dapat diberikan kepada orang tua kamu. Jadi orang tua kamu dapat menjadi ahli waris dan terjamin kehidupan finansial mereka di hari tua atau ketika sudah pensiun.

 

19. Pelengkap Paket Asuransi

Pada umumnya orang akan memilih asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan, namun asuransi jiwa juga gak kalah penting. Jadi agar kehidupan kesehatan kamu dan finansial masa depan terjamin, ada baiknya kamu juga memiliki asuransi jiwa.

Demikian penjelasan tentang manfaat asuransi jiwa. Semoga kamu gak salah memilih asuransi ya. Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Di Super You kamu bisa mendapatkan produk asuransi jiwa Super Life, asuransi penyakit kritis Super Strong yang didalamnya terdapat asuransi jiwa, dan produk asuransi lainnya yang memberikan sejumlah uang pertanggungan. Premi terjangkau, per bulan mulai dari Rp 30 ribu-an. Tunggu apalagi! Hanya beberapa klik, kamu langsung terlindungi.

Artikel Terkait Lainnya