Manfaat Kartu Kredit

Kenali Kartu Kredit

Berdasarkan Bank Indonesia, kartu kredit adalah salah satu Alat Pembayaran Menggunakan Kartu atau APMK. Sebagai alat pembayaran, kartu kredit bisa digunakan untuk membayar keperluan, seperti belanja atau melakukan penarikan uang tunai, dan akan pembayaran akan ditanggung dahulu pada penerbit kartu kredit, atau bank. Karena pembayaran ditanggung dahulu oleh bank, pengguna kartu diwajibkan untuk membayar kembali pada waktu yang disepakati

 

Cara Kerja Kartu Kredit

  1. Berikut ini adalah sistem kerja kartu kredit:
  2. Saat menggunakan kartu kredit dalam melakukan transaksi, serahkan kartu ke pihak penjual, bisa jadi pegawai toko.
  3. Setelah kartu diinput atau digesek akan terjadi proses validasi. Apabila kartu ditolak, ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan penolakan:
    • Kartu kredit masih belum diaktivasi
    • Kartu kredit sudah melewati batas penggunaan atau limit
    • Telat melakukan pembayaran kartu kredit
    • Penahanan dana
    • Koneksi internet saat melakukan pembayaran tidak bagus
  4. Melakukan nomor 1, dan 2 akan menambahkan debit pada kartu kredit
  5. Akan ada tagihan setiap bulan yang mencakup pengeluaran yang menggunakan kartu kredit sebagai transaksi pada bulan tersebut. Anda diharapkan untuk melunaskan pembayaran tersebut secara penuh sebelum tenggat waktu, apabila tidak akan ada denda untuk pembayaran yang terlambat.
  6. Penting untuk melakukan pembayar kartu kredit tepat waktu karena itu akan menjadi sejarah kredit anda. Apabila sejarah kredit anda bagus, ini akan mempermudah untuk meminjam uang, melakukan kredit premilikan rumah atau kendaraan motor karena sejarah kredit yang baik menunjukan bahwa anda memiliki tanggung jawab finansial yang bagus.

 

Manfaat Menggunakan Kartu Kredit

Berikut ini adalah manfaat dari menggunakan kartu kredit:

  • Praktis dan Bisa Menjadi Pinjaman Murah

Kartu kredit bisa menjadi pinjaman saat membutuhkan dana mendesak, contohnya apabila anda sakit dan harus dirawat tetapi tidak memiliki asuransi kesehatan atau BPJS maka kartu kredit bisa digunakan untuk membayar tagihan rumah sakit, dan obat yang diperlukan.

  • Memudahkan Saat Melakukan Transaksi di Luar Negeri

Kartu kredit dengan label Visa dan Mastercard akan memperbolehkan anda untuk melakukan transaksi di luar negeri. Dengan begitu anda tidak perlu menukarkan uang anda ke mata uang yang digunakan oleh negara yang dituju.

  • Memudahkan Belanja Online dan Membuat Transaksi Lebih Aman

Belanja online dengan menggunakan kartu kredit saat transaksi memudahkan proses karena tidak harus melakukan transfer. Belanja online menggunakan kartu kredit juga aman karena adanya informasi kepemilikan kartu seperti nama pemilik kartu, nomor kartu kredit, masa kadaluwarsa kartu, Card Verification Code (CVC) dan Card Verification Value (CVV).

Baca Juga: 7 Cara Mudah Top-Up e-Money, Apa Saja?

 

  • Gampang Untuk Membatalkan Transaksi Online

Apabila melakukan transaksi online, dan barang yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi maka bisa mengontak pihak penerbit kartu kredit. Setelah menjelaskan permasalahannya, jika masalahnya masuk akal maka penerbit kartu kredit bisa membatalkan transaksi tersebut.

  • Anggaran Pengeluaran Yang Lebih Teratur

Melakukan transaksi menggunakan kartu kredit akan mempermudah untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran karena semua transaksi akan tercatat secara otomatis.

 

Meskipun kartu kredit mudah digunakan, dan lebih aman, tetap ada risiko dari menggunakan kartu kredit sebagai pilihan transaksi. Ketahui risiko dari menggunakan kartu kredit di bawah ini:

 

Risiko menggunakan kartu kredit  

Berikut ini adalah risiko dari menggunakan kartu kredit:

  • Menyebabkan Kebiasaan Berhutang

Uang yang digunakan saat berbelanja menggunakan kartu kredit merupakan utang pada bank penyedia kartu, dan harus dibayar saat tenggat waktu. Jika melakukan pembayaran tanpa memikirkan fakta ini akan menyebabkan akumulasi utang pada bank serta membiarkan kebiasaan berhutang.

Baca Juga: Daripada Menimbun Uang, Coba 5 Langkah Cara Menabung di Bank!

 

  • Perilaku Konsumtif

Menggunakan kartu kredit memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah banyaknya diskon, dan voucher. Banyaknya penawaran yang terkait dengan transaksi kartu kredit ini dapat memancing perilaku konsumtif yang menyebabkan keborosan.

  • Biaya Bunga Tahunan

Untuk pengguna baru kartu kredit atau ingin membuat kartu kredit, harus diketahui bahwa kepemilikan kartu kredit tidaklah gratis, dan adanya biaya tahunan atau annual fee yang besarnya bergantung pada jenis kartu kredit anda. Biaya tahunan akan semakin besar bila limit kartu kredit juga besar.

  • Penarikan Tunai

Tahukah penarikan uang tunai menggunakan kartu kredit ada biayanya? Melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit akan mengenakan 4 persen dari jumlah yang ditarik.

 

Demikian penjelasan mengenai kartu kredit, manfaat menggunakan kartu kredit, dan risikonya. Masih ingin mengenal kartu kredit lebih lanjut? Baca juga perbedaan antara kartu kredit dan paylater disini!