cryptocurrency adalah

Beberapa tahun belakangan ini kita tahu Bitcoin yang merupakan salah satu cryptocurrency tengah naik popularitasnya. Hari ini per 15 Maret 2021, harga Bitcoin mencapai diatas IDR 800 juta-an per 1 koin. Fantastis bukan?

Dengan adanya pandemi ini gak sedikit orang yang mulai melirik dunia investasi termasuk investasi mata uang digital atau cryptocurrency.

 

Mengenal Lebih Jauh Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang digunakan sebagai alat transaksi virtual dalam jaringan internet. Untuk menjaga keamanan cryptocurrency maka di dalamnya dilindungi kata sandi yang cukup rumit untuk dapat dipecahkan. Sifat cryptocurrency adalah desentralisasi yang artinya gak ada perantara dalam kegiatan transaksinya. Sistem pembayaran berlangsung secara peer to peer dari pengirim ke penerima.

Cryptocurrency berasal dari dua kata yaitu “cryptography” yang artinya kode rahasia dan “currency” artinya mata uang. Konsep cryptography sendiri sebenarnya telah dimulai sejak zaman Perang Dunia II. Pada saat itu, Jerman menggunakan kriptografi untuk mengirimkan kode-kode rahasia agar pihak lawan gak mudah tahu.

Cryptocurrency biasanya menggunakan platform yang bernama blockchain agar mata uang digital di dalamnya dapat digunakan sebagai alat transaksi virtual. Blockchain adalah suatu platform besar yang berbasis data. Siapa saja dapat mengakses walaupun gak melakukan kegiatan transaksi.

 

Mengapa Cryptocurrency dihubungkan Dengan Blockchain?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa blockchain sendiri merupakan platform yang digunakan untuk cryptocurrency. Fungsi dari blockchain adalah untuk mengatur dan menjaga setiap penambahan data yang sudah tersimpan. Blok penyimpan data ini akan dihubungkan antara satu dengan yang lain dan membentuk suatu jaringan yang akan terdesentralisasi. Agak berat ya bahasan crypto ini? Tepatnya arti terdesentralisasi adalah peer to peer network.

Jadi, semua data yang sudah tersimpan kamu gak bisa sembarang edit atau dipalsukan. Dalam sistem blockchain, sistem pembayaran dan proses transaksi akan mudah dilakukan dan bersifat efisien.

 

Apa Saja Jenis Cryptocurrency yang Beredar?

bitcoin

Walaupun cryptocurrency sudah dikenal sejak tahun 1990-an, cryptocurrency baru terkenal sekitar 10 tahun terakhir. Beberapa cryptocurrency yang terkenal antara lain Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Monero, Ripple, dan lebih dari seribu cryptocurrency lainnya di dunia. Jika kamu pemula di dunia kripto kamu bisa melihat rekomendasi di coinmarketcap.com disana lengkap urutan crypto yang terkenal.

Bitcoin tentu saja paling terkenal dan paling banyak digunakan. Yuk, baca 8 fakta investasi bitcoin.

 

Baca Juga : 12 Jenis Cryptocurrency yang Bisa Kamu Lirik tahun 2021

 

Kelebihan Cryptocurrency

  1. Adanya potensi kenaikan investasi harga tinggi di masa depan
  2. Menggunakan teknologi blockchain yang sudah pasti aman dan memudahkan proses transaksi
  3. Tidak mudah dipalsukan karena sistem blockchain yang tidak memungkinkan mata uang sama melakukan dua transaksi berbeda
  4. Keamanan data pribadi. Kamu bisa melakukan transaksi tanpa diketahui identitas asli

Kekurangan Cryptocurrency

  1. Di beberapa negara regulasi pemerintah melarang keberadaan cryptocurrency
  2. Volatilitas tinggi, mata uang bisa saja mengalami kenaikan tinggi dan mengalami penurunan drastis dalam waktu cepat
  3. Tidak bisa memprediksikan nilai mata uang di masa depan sehingga potensi kerugian besar bisa saja terjadi
  4. Jika kamu lupa wallet key atau kata kunci dompet digital bisa saja jadi petaka dalam penyimpanan uang digital kamu

 

Demikian pembahasan tentang cryptocurrency. Apakah kamu sudah yakin berinvestasi di dunia kripto? Selain kripto, kamu bisa coba investasi di saham dan reksadana. Yuk, baca juga tips jitu investasi reksadana.

Artikel Terkait Lainnya