apa itu sekuritas

Investasi saham saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ada sebuah istilah yang berkaitan dengan investasi saham yaitu sekuritas. Dalam pembahasan kali ini, Anda akan mendapatkan penjelasan tentang apa itu sekuritas dan cara pilih sekuritas yang terbaik.

Simak terus pembahasan ini sampai akhir untuk mendapatkan semua tips dan pengetahuan lengkap tentang sekuritas. Pemahaman ini akan sangat penting untuk Anda yang mempunyai ketertarikan untuk investasi saham.

Apa Itu Sekuritas?

Sekuritas adalah suatu bukti yang diberikan kepada perorangan atau badan atas kepemilikan modal, bentuknya adalah surat berharga yang bisa diperjualbelikan.

Contoh dari sekuritas sendiri ada beberapa jenis antara lain jaminan, skrip, kupon, sertifikat deposito, saham, hipotek, dan obligasi. Jadi saham termasuk ke dalam jenis sekuritas.

Jenis Sekuritas

Pada umumnya ada dua jenis sekuritas yaitu utang dan ekuitas. Sekuritas utang adalah bukti kepemilikan utang dalam bentuk surat berharga seperti obligasi dan sertifikat deposito. Sedangkan sekuritas ekuitas adalah bukti kepemilikan pemegang saham terhadap suatu entitas. Contoh sekuritas selain obligasi dan sertifikat deposito, diantaranya saham, hipotek, wesel, dan bentuk surat berharga lainnya.

Profesi di Perusahaan Sekuritas

Setiap kegiatan di perusahaan sekuritas didukung oleh beberapa profesi diantaranya adalah

1. Wakil Perantara Pedagang Efek

Biasanya dikenal dengan broker atau dealer, tugas wakil perantara pedagang efek adalah sebagai pihak yang mewakili kepentingan perusahaan efek untuk kegiatan terkait pelaksanaan perdagangan efek.

2. Wakil Penjamin Emisi Efek

Disebut dengan underwriter, tugas wakil penjamin emisi efek adalah sebagai pihak yang mewakili kepentingan perusahaan efek terkait kegiatan penjaminan emisi efek. Underwriter biasanya membantu penawaran umum saham atau Initial Public Offering (IPO).

3. Wakil Manajer Investasi

Tugas manajer investasi adalah mengelola portofolio efek nasabah dan portofolio investasi kolektif sekelompok nasabah dalam peraturan pengawas pasar modal.

 

Baca Juga : Cari Tahu tentang Saham Sebelum Investasi

 

Apa Itu Perusahaan Sekuritas

Lalu apa yang dimaksud dengan perusahaan sekuritas? Perusahaan sekuritas sendiri merupakan badan yang menjalankan aktivitas usaha sebagai perantara perdagangan efek, penjamin emisi efek, dan manajer investasi.

Perusahaan sekuritas merupakan anggota dari Bursa Efek yang memiliki lisensi untuk memperdagangkan atau memperjualbelikan saham serta berperan sebagai perantara dalam transaksi dengan para investor.

Cara Pilih Sekuritas Terbaik

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan perusahaan sekuritas, Anda wajib memahami cara untuk memilih sekuritas terbaik. Berikut ini penjelasan cara-caranya.

  • Perhatikan Ketentuan Setoran Awal

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah setoran awal atau deposit awal. Perusahaan sekuritas memiliki aturan masing-masing untuk menentukan nilai setoran awal ini. Ada yang menentukan nilainya adalah Rp 100.000 namun ada pula yang menetapkan angka di Rp 5.000.000.

Sebaiknya Anda memilih perusahaan sekuritas yang memiliki nilai setoran awal lebih kecil. Dengan begitu, modal yang Anda butuhkan juga menjadi lebih sedikit.

 

  • Pilih yang Biaya Transaksinya Lebih Kecil

Selain setoran awal, perusahaan sekuritas juga membebankan biaya transaksi kepada para investor. Masih dengan tujuan yang sama yaitu menekan modal, sebaiknya Anda pilih perusahaan sekuritas yang menetapkan biaya transaksi lebih kecil. 

 

  • Memiliki Analis yang Mumpuni

Ketahui juga siapa saja analis yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas pilihan Anda. Hal ini sangat penting untuk menentukan keberhasilan Anda menjadi investor. Jika perusahaan sekuritas memiliki analis yang terkenal dan profesional, maka kualitasnya tidak diragukan lagi.

 

  • Mendukung Transaksi Secara Online

Poin yang keempat ini sangat penting. Perusahaan sekuritas saat ini dituntut untuk mendukung proses transaksi secara online. Mengingat zaman yang sudah canggih, transaksi dengan perusahaan sekuritas juga seharusnya bisa dilakukan di mana saja melalui komputer atau smartphone.

 

Baca Juga : Ketahui 8 Fakta Investasi Bitcoin Disini

 

 

  • Proses Buka Rekening Tidak Ribet

Perusahaan sekuritas yang baik tidak akan membebankan penggunanya dengan proses pembukaan rekening yang rumit.

 

  • Menyediakan Fasilitas Margin Trading

Margin trading sama halnya dengan pinjaman dana yang diberikan oleh bank. Namun pinjaman dana di perusahaan sekuritas hanya bisa dipakai untuk membeli saham. Sebaiknya pilih perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas tersebut supaya Anda bisa membeli saham yang lebih besar.

 

  • Membagikan Data Real Time Secara Gratis

Dalam berinvestasi saham, mengetahui data secara realtime merupakan hal yang wajib. Data realtime diperlukan untuk memantau perkembangan saham yang dimiliki oleh investor. Pastikan perusahaan sekuritas pilihan Anda sudah menyediakan data realtime ini secara gratis.

 

  • Terdaftar dan Bebas dari Catatan Buruk

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan ketika Anda memilih perusahaan sekuritas adalah memastikan legalitasnya. Pastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar secara resmi. Selain itu perusahaan juga tidak memiliki catatan buruk.

Dengan menerapkan 8 cara pilih sekuritas di atas, kemungkinan besar Anda akan menjadi investor yang sukses. Pasalnya, salah satu faktor yang menentukan kesuksesan seorang investor adalah kualitas perusahaan sekuritas yang dipilihnya.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya