cari uang mahasiswa

Dana terbatas memang menjadi kendala tersendiri untuk mahasiswa. Ini karena sebagian besar anak kuliah masih bergantung pada orang tua dalam hal finansial.

Mencari dana ekstra dengan bekerja tidak ada salahnya. Apalagi jika kamu adalah anak rantau yang jauh dari orangtua. Kamu bisa belajar lebih mandiri dalam hal keuangan.

Jika kamu ingin mendapatkan uang jajan tambahan, ada beberapa cara cari uang yang bisa kamu lakukan. Namun sebelum membahas itu, ini dia beberapa manfaat memiliki uang tambahan untuk mahasiswa sepertimu.

Ingin Pendapatan Tambahan, Tapi Bingung Cara Mulainya?

Manfaat Memiliki Uang Tambahan bagi Mahasiswa

Selain bisa menambah uang bulanan, kuliah sambil bekerja bisa memberikan berbagai manfaat untuk kamu. Berikut di antaranya.

Meringankan Tanggung Jawab Finansial Orang Tua

Memenuhi kebutuhanmu memang adalah tanggung jawab orangtua. Biaya kuliah dan juga kehidupan sehari-hari pasti akan diusahakan oleh orangtuamu. Namun, tidak semua orang memiliki keberuntungan yang sama.

Jangankan untuk membiayai kuliah, ada orangtua yang untuk memenuhi kebutuhan harian pun harus bersusah payah. Jika begitu, mencari kerja sampingan sembari berkuliah bisa menjadi jalan untuk membantu meringankan tanggung jawab finansial orangtua.

Memiliki Uang Ekstra untuk Ditabung

Meskipun masih mahasiswa, kamu harus belajar mengelola uang dengan bijaksana. Saat ini, keuanganmu mungkin belum sepenuhnya kamu atur sendiri. Ada orangtua yang membantu memenuhi kamu memenuhi dan menganggarkan kebutuhanmu.

Menabung adalah salah satu kebiasaan mengatur keuangan yang harus kamu miliki. Ini penting agar kamu bisa memenuhi kebutuhan pada masa yang akan datang.

Jika saat ini kamu hanya bisa menabung sedikit dari uang saku yang diberikan orangtua, kerja sampingan bisa membantu kamu memiliki uang ekstra untuk ditabung. Dengan uang yang lebih banyak untuk ditabung, semakin cepat kamu bisa mencapai goals keuangan yang diinginkan.

Belajar Menghargai Uang

Bekerja sambil kuliah juga akan membantu kamu agar bisa lebih menghargai uang yang kamu miliki. Jika bekerja, kamu akan tahu sulitnya mendapatkan uang. Dengan begitu, kamu akan lebih bijaksana dalam melakukan pengeluaran.

Mungkin selama ini kamu belum memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan. Kamu bisa dengan mudah meminta uang kepada orangtua jika uangmu habis. Saat memiliki pengalaman bekerja, kamu akan belajar bagaimana memanfaatkan uang itu.

Tentu kamu tidak ingin uang yang didapat dengan susah payah habis begitu saja, bukan?

Mendapatkan Pengalaman Terjun di Dunia Kerja

Selain mendapatkan keuntungan dalam hal finansial, bekerja saat kamu masih kuliah bisa membekali kamu pengalaman. Kamu bisa merasakan bagaimana jika nanti sudah lulus kuliah dan harus terjun di dunia kerja.

Selain itu, kamu bisa berkenalan dengan banyak orang dan menjalin relasi dengan mereka. Kamu bisa belajar dan mencuri ilmu dari orang-orang yang sudah bekerja selama bertahun-tahun di bidang profesional masing-masing.

Punya Uang, Tahu Cara Menabungnya?

5 Cara Cari Uang Tambahan Bagi Mahasiswa

Nah, kamu sudah mengetahui berbagai manfaat bekerja saat sedang kuliah. Sekarang, inilah beberapa cara mencari uang ekstra yang bisa kamu lakukan.

Bekerja Freelance

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah bekerja sebagai freelancer. Dengan bekerja secara freelance kamu bisa cari uang online tanpa mengganggu kuliah.

Pekerjaan lepas akan sangat cocok untuk kamu yang masih kuliah. Pekerjaan ini bisa lebih fleksibel sehingga kamu bisa mengaturnya agar tidak bertabrakan dengan jadwal kuliahmu.

Jika kamu senang menulis, kamu bisa menjadi seorang content writer dengan menulis artikel-artikel untuk website perusahaan. Jasa content writer ini sangat dibutuhkan untuk pemasaran digital saat ini, loh.

Kalau kamu jago dalam hal design, kamu juga bisa menawarkan jasamu sebagai graphic designer. Pasang portofolio desain buatanmu di media sosial atau linked.in untuk menambah nilai jualmu.

Ikut Proyek Dosen di Kampus

Dosen di kampus sering melakukan proyek penelitian. Jika kamu cukup dekat dengan dosen, coba tanya apakah ada kemungkinan kamu bisa membantu mereka.

Kalau bisa ikut proyek-proyek dosen, kamu bisa menambah pengalaman dalam hal penelitian di bidang ilmu yang dipelajari. Ini penting sekali kalau kamu kelak ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Atau, kamu mungkin suka mengajar? Jika demikian, kamu bisa menjadi asisten dosen untuk belajar mengajar. Selain belajar untuk menjelaskan kamu berkesempatan untuk lebih mendalami materi-materi kuliah, bukan?

Bekerja Part Time

Bekerja secara part time menjadi salah satu cara favorit mahasiswa untuk mencari uang tambahan. Biasanya mahasiswa bekerja sebagai barista di kedai kopi, pelayan di restoran, atau menjaga toko.

Daripada kamu menghabiskan uang untuk jajan di cafe, akan lebih menguntungkan kalau kamu mengambil kerja part-time di cafe tersebut. Kamu bisa belajar skill baru yang tidak kamu pelajari di kampus.

Membuka Bisnis Online Shop

Cari uang di internet bisa dilakukan dengan cara membuka bisnis online shop. Kamu bisa menjual apa saja mulai dari pakaian, aksesoris, makanan, atau buku.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menjajakan dagangan di dunia maya. Selain itu, ada banyak e-commerce yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk memasarkan produk yang kamu jual.

Tidak perlu bingung soal modal usaha. Kamu bisa mencoba cara dropship supaya tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjual barang. Baca artikel Cara Mendapatkan Tambahan Penghasilan dengan Bisnis Dropship untuk mengetahui tentang cara bisnis dropship lebih lanjut.

Mendanai UMKM

Mendanai UMKM juga bisa membantu kamu mendapatkan uang tambahan, loh. Caranya adalah dengan melakukan pendanaan untuk UMKM lewat P2P Lending Modal Rakyat.

P2P Lending adalah perusahaan finansial teknologi yang mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman agar terjadi interaksi pinjam-meminjam secara online. Modal Rakyat fokus membantu pemodalan UMKM di Indonesia yang sering kali kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari bank.

Uang yang kamu miliki akan disalurkan sebagai pinjaman modal usaha untuk pelaku UMKM. Kamu akan mendapatkan keuntungan mulai dari 15% hingga 25% per tahun. Keuntungan ini bisa kamu dapat mulai dari 14 hari hingga 90 hari.

Kamu tidak perlu khawatir karena Modal Rakyat sudah terdaftar di OJK sehingga legalitasnya terjamin. Modal Rakyat beroperasi dengan mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh OJK. Dengan begitu, hak-hak kamu sebagai konsumen juga akan dijaga.

Jangan Lupa Sisihkan Uang untuk Perlindungan Asuransi!

Nah, setelah tahu berbagai cara cari uang sebagai mahasiswa, apa nih yang akan kamu lakukan dengan uang kamu dapatkan? Tentunya, kamu boleh menggunakannya untuk kebutuhan dan keinginan kamu. Tetapi, jangan lupa untuk menabung ya!

Selain menabung, kamu juga bisa mulai memikirkan cara menjadi independen secara finansial. Hal yang paling penting untuk kamu tahu adalah membangun dana darurat, memilih jenis investasi yang tepat untuk kamu, serta mendapatkan perlidungan finansial melalui asuransi.

Kalau sudah masalah asuransi, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencari asuransi yang terjangkau melalui asuransi online Super You by Sequis Online. Mulai dari Rp30.000-an saja, Super You bisa melindungi kamu dari risiko kesehatan, kecelakaan, dan risiko lainnya yang tidak terduga.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya