Cari Uang Tambahan di Tengah PSBB? Yuk, Coba Cara Ini

Salah satu cara untuk memperbaiki atau meningkatkan kehidupan secara finansial adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Bagi sebagian orang, mencari uang ekstra tidaklah mudah. Apalagi saat ini Jakarta kembali menerapkan PSBB.

Dalam artikel ini kamu akan menyadari bahwa ada banyak cara yang bisa dicoba untuk memperoleh penghasilan ekstra. Meskipun keadaan sedang sulit, jika berusaha kamu akan menemukan jalannya.

Lalu, bagaimana cara cari uang tambahan pada masa pandemi dan PSBB ini? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan terapkan.

1. Dapatkan Ide Bisnis sebagai Langkah Awal Mendapatkan Uang Tambahan

Mencari uang tambahan bisa dimulai dengan mencari ide bisnis yang bisa dilakukan. Bisnis ini bisa berasal dari hobi atau hal yang kamu suka, skill atau kelebihan yang dimiliki, permintaan pasar, dan trend yang sedang disukai.

Berikut penjelasan dari masing-masing peluang tersebut.

Ide Bisnis Bisa Berawal dari Hal yang Kamu Sukai

Ide mendapatkan uang tambahan bisa berasal dari hobi yang kamu miliki, loh. Tanya pada diri sendiri apa hal yang kamu sukai atau apa kegiatan yang sering kamu lakukan.

Mencari tambahan penghasilan dengan mengerjakan hal yang kamu suka tentu akan lebih menyenangkan. Bayangkan kamu bisa mendapatkan uang dari mengerjakan hal yang disenangi. Tentu akan terasa bukan seperti sedang bekerja, bukan?

Sadari Skill atau Kelebihan yang Kamu Miliki

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui apa yang menjadi kelebihan kamu. Setiap orang tentu memiliki kelebihan, ahli dalam bidang tertentu, atau menguasai suatu skill.

Cobalah untuk mencari tahu hal yang kamu kuasai. Pastikan skill tersebut bisa membantu orang lain menyelesaikan permasalahan mereka. Dari kelebihan yang dimiliki, kamu bisa menawarkan jasa tertentu dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Perhatikan Permintaan Pasar, Penuhi itu

Agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, kamu dapat menawarkan jasa atau barang kepada calon pelanggan. Namun, jasa atau barang yang ditawarkan tidak akan laku bila tidak sesuai dengan permintaan pasar.

Karena itu, penting juga untuk mengetahui pasar sebelum memulai bisnis. Cari tahu barang atau jasa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan. Kamu bisa menentukan apa produk yang akan kamu jual ke pasar. Dari situ, kamu bisa mendapatkan uang tambahan.

Ikuti Trend yang sedang Digemari

Selain tiga cara di atas, kamu juga bisa perlu memperhatikan trend yang sedang terjadi saat ini. Mengikuti trend adalah salah satu cara baik untuk menemukan ide. Hal yang sedang trend tentu memiliki banyak peminat. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Perhatikan dunia fashion dan kuliner. Kedua sektor ini selalu memiliki trend yang berubah-ubah. Jika kamu peka dan bisa mengikuti trend tersebut, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Masih Belum Mendapatkan Ide? Coba Cek Dulu 40+ Ide Bisnis dari Super You!

2. Uang Ekstra Bisa Didapatkan dengan Menawarkan Jasa

Mencari uang tambahan tidak harus dengan bekerja di kantor. Kamu bisa mendapatkan penghasilan ekstra dengan menawarkan jasa. Apa saja jasa yang bisa ditawarkan?

Virtual photoshoot

Punya skill di bidang fotografi? Adanya pembatasan sosial berskala besar bukan menjadi halangan untuk mendapatkan uang tambahan di bidang ini. Kamu bisa melakukan pemotretan tanpa harus bertemu dengan pelanggan.

Virtual photoshoot adalah jawabannya. Kamu bisa cari uang online dengan menyediakan jasa ini. Pakaila bantuan aplikasi yang memungkinkan video call agar bisa melakukan pemotretan dari jarak jauh.

Digital marketing

Selama pandemi, waktu menggunakan internet semakin tinggi. Dengan banyaknya orang di internet, banyak brand dan perusahaan gencar melakukan marketing secara digital. Jika kamu memiliki keahlian di bidang digital marketing, ini bisa menjadi peluang yang baik.

Kamu bisa menjadi konsultan untuk brand dan perusahaan yang ingin memasarkan produk di dunia maya.

Desain grafis

Memiliki skill di bidang desain grafis juga bisa menjadi keuntungan. Kamu bisa mencoba menjadi freelancer untuk menawarkan jasa desain grafis. Tawarkan jasamu di berbagai situs freelance. Kamu bisa mendapatkan banyak job dan penghasilan tambahan.

cari uang tambahan
Cari uang tambahan, jangan lupa diatur sesuai kebutuhan ya!

3. Dapatkan Tambahan Uang dengan Menjual Barang

Selain menawarkan jasa, uang ekstra juga bisa didapatkan dengan menjual barang.

Perhatikan pasar, apakah ada barang yang sedang sangat dibutuhkan tetapi hanya sedikit yang menjual? Adakah barang yang bisa kamu jual lebih murah daripada orang lain? Ini bisa menarik minat calon pelanggan, loh.

Menjual frozen food

Munculnya pandemi Covid-19 membuat banyak orang diam di rumah saja. Di saat seperti ini, bisnis makanan menjadi banyak peminatnya, terutama frozen food. Orang-orang yang tidak terlalu bisa memasak atau tidak memiliki waktu banyak untuk memasak adalah target konsumennya.

Menjual masker dan face shield

Selain berjualan frozen food, masa pandemi dan new normal memberikan peluang untuk menjual masker. Kamu bisa menjual masker dari kain dengan corak yang beragam. Kamu juga bisa belajar membuat face shield untuk dijual di pasaran.

Menjual pakaian

Fashion adalah hal yang akan selalu berubah. Setiap beberapa waktu, akan ada trend pakaian terbaru. Hal inilah yang membuat bisnis menjual pakaian adalah ide yang menarik untuk mendapatkan uang ekstra.

Kamu bisa menjadi reseller dan meraih keuntungan dengan mengamati mode pakaian terkini. Jika tidak memilih modal yang besar, kamu bisa mencoba bisnis dropshipping.

Berjualan akun Netflix

Dengan di rumah aja, orang-orang jadi lebih banyak memiliki waktu luang. Salah satu hiburan yang bisa didapat ketika di rumah adalah menonton. Tidak heran jika Netflix menjadi platform favorit.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menjual akun Netflix di media sosial. Berjualan akun Netflix adalah salah satu cara cari uang di internet yang banyak dilakukan. Biasanya penjual menawarkan jasanya melalui media sosial Twitter, Instagram, atau e-commerce.

Dengan Modal Kecil, Kamu Bisa Mulai 5 Jenis Usaha Ini dari Rumah

4. Berinvestasi di Peer-to-peer Lending untuk Mendapatkan Passive Income

Selain menjual barang atau menawarkan jasa, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan melakukan investasi. Uang yang kamu miliki disimpan dalam instrumen investasi agar bisa mendapatkan keuntungan.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan mendanai di P2P Lending seperti Modal Rakyat. kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 25 persen per tahun. Keuntungan ini lebih tinggi daripada tingkat inflasi di Indonesia yang bisa mencapai 8% per tahun.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan ini dalam waktu yang relatif singkat, yaitu mulai 14 hari hingga 90 hari. Hal ini karena P2P Lending termasuk investasi jangka pendek.

Cari Uang, Tapi Jangan Lupa Risiko!

Ketika kamu sudah memiliki uang, maka kamu perlu mengingat bahwa ada risiko finansial dalam hidup. Karena itu, kamu bisa melindungi diri kamu dan keluarga dari risiko-risiko yang ada dengan perlindungan.

Perlindungan yang diberikan asuransi online Super You dapat membantu kamu dalam menghadapi risiko finansial. Dengan begitu, uang tambahan yang kamu cari pun tidak hangus oleh risiko. 

Jika kamu pencari uang, maka kamu pas banget buat produk asuransi jiwa kami yang berkisar mulai dari Rp33.000 / bulan. Kamu juga bisa mendapatkan produknya dalam beberapa klik. Yuk cek sekarang!

SHARE

Artikel Terkait Lainnya