Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Berdasarkan Kebutuhan
Setiap individu memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Jika kita berusaha memenuhi semua kebutuhan, kita memerlukan uang yang sangat banyak. Karena itulah, skala prioritas perlu dibuat untuk menentukan mana kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Dengan begitu, mengatur keuangan akan lebih mudah dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan berdasarkan kebutuhan? Salah satu cara untuk membuat skala prioritas adalah dengan melihat jenis kebutuhan. Sebelumnya, mari kita tilik lagi pengertian masing-masing jenis kebutuhan manusia.

Pengertian Berbagai Jenis Kebutuhan

Secara umum, kebutuhan manusia dibedakan menjadi tiga, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami prioritas masing-masing kebutuhan. Hal tersebut lantas membuat manajemen keuangan menjadi berantakan. Jika terus dilanjutkan, kehidupan finansialmu akan memburuk. Karena itulah, kamu perlu mengetahui dan memahami lagi penjelasan setiap kebutuhan tersebut.

Kebutuhan primer

Kebutuhan primer disebut juga dengan kebutuhan pokok. Ini adalah kebutuhan utama yang wajib dipenuhi setiap orang. Jika kebutuhan primer tidak terpenuhi, kamu mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan lainnya. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang penting. Apabila gagal untuk memenuhi kebutuhan ini, maka bisa jadi mengganggu keberlangsungan hidup manusia.

Kebutuhan sekunder

Selain kebutuhan primer, terdapat juga kebutuhan sekunder. Kebutuhan ini bisa ditunda. Setelah berbagai kebutuhan primer terpenuhi, kebutuhan sekunder bisa dipenuhi.  Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan usaha untuk menciptakan atau menambah kebahagiaan hidup. Meskipun tidak wajib dipenuhi, kebutuhan ini dapat dipenuhi demi menunjang kehidupan manusia.

Kebutuhan tersier

Terakhir, ada kebutuhan tersier. Jika kebutuhan ini terpenuhi, manusia bisa menaikkan derajat sosialnya. Kebutuhan tersier berkaitan dengan barang-barang mewah atau hobi seseorang. Kebutuhan yang satu ini tidak wajib dipenuhi. Apabila tidak bisa dipenuhi, keberlangsungan kehidupan manusia pun tidak akan terganggu.

Contoh-Contoh Kebutuhan

Agar semakin jelas mengenai masing-masing  kebutuhan, kamu perlu mengetahui beberapa contoh setiap kebutuhan. Berikut pembahasannya.

Contoh Kebutuhan Primer

Inilah beberapa contoh kebutuhan primer: Pakaian Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer, karena dibutuhkan untuk melindungi tubuh manusia. Apabila seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, tentu ia akan merasa malu. Makanan Selain pakaian, manusia juga perlu memenuhi kebutuhan untuk makan. Makanan memberikan nutrisi untuk tubuh. Bila manusia tidak bisa makan, maka tubuhnya akan menjadi lemas dan tidak bisa melakukan kegiatan lain. Tanpa makanan, manusia tidak bisa bertahan hidup. Rumah Contoh kebutuhan primer lainnya adalah rumah. Bagi manusia, rumah adalah tempat tinggal yang melindunginya dari panas dan dinginnya alam. Rumah adalah tempat manusia bisa beristirahat dan merasa aman. Pendidikan Pendidikan kini menjadi kebutuhan pokok. Manusia memerlukan pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Dengan mengenyam pendidikan, manusia memiliki kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pekerjaan Pekerjaan menjadi kebutuhan pokok untuk manusia yang berada dalam umur produktif. Dengan memiliki pekerjaan, manusia bisa mendapat uang yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Bila manusia tidak memiliki pekerjaan, ia tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Dengan terpaksa, ia jadi hidup bergantung pada orang lain.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Kamus sudah mengetahui beberapa contoh kebutuhan primer. Berikut beberapa contoh kebutuhan sekunder: Hiburan Hiburan adalah salah satu kebutuhan sekunder. Kebutuhan ini bisa membuat manusia tidak jenuh dengan kehidupannya. Melakukan kegiatan yang menghibur bisa membuat manusia bisa lebih bahagia. Contoh hiburan adalah bermain game, menonton film, atau pergi ke salon. Berbagai kegiatan ini bisa dilakukan setelah kamu memenuhi kebutuhan pokok. Perabotan rumah Jika rumah adalah kebutuhan pokok, maka perabotan rumah merupakan kebutuhan sekundernya. Barang-barang seperti lemari, tempat tidur, meja makan, atau sofa merupakan kebutuhan tambahan untuk memenuhi gaya hidup. Jika kebutuhan ini bisa dipenuhi, maka manusia bisa merasa lebih nyaman berada di rumah. Peralatan elektronik Sama halnya dengan perabotan rumah tangga, peralatan elektronik juga merupakan kebutuhan sekunder. Kulkas, mesin cuci, AC, atau rice cooker adalah berbagai barang elektronik yang membuat manusia lebih nyaman. Barang-barang elektronik ini juga mempermudah aktivitas sehari-hari. Kendaraan pribadi Kendaraan pribadi juga merupakan contoh kebutuhan sekunder. Sebagai alat transportasi, kendaraan pribadi penting untuk menunjang kehidupan manusia. Mobil atau motor yang kamu miliki bisa membuatmu lebih mudah pulang atau pergi ke suatu tempat.

Contoh Kebutuhan Tersier

Berikut ini beberapa contoh kebutuhan tersier: Mobil mewah Kendaraan pribadi merupakan kebutuhan sekunder yang bisa membantu mempermudah kehidupanmu. Namun, memiliki mobil mewah bukanlah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Memiliki mobil mewah akan meningkatkan derajat dan status sosial seseorang. Pakaian branded Memiliki pakaian adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Meskipun begitu, membeli pakaian branded merupakan kebutuhan tersier. Manusia memang membutuhkan pakaian untuk melindungi tubuhnya. Namun, tidak harus membeli pakaian yang mahal. Koleksi barang Seperti yang telah disebutkan di atas, kebutuhan tersier juga bisa berhubungan dengan hobi. Salah satunya adalah hobi mengoleksi barang. Manusia memang membutuhkan sepatu agar bisa berjalan dengan lebih nyaman. Namun, ia akan tetap hidup tanpa ratusan koleksi sepatu bukan? Aset properti selain rumah utama Rumah juga merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Tanpa rumah, manusia tidak memiliki tempat berlindung dari panas atau hujan. Namun, memiliki rumah lain atau properti lain sudah merupakan kebutuhan tersier. Agar bisa memiliki properti lain, manusia membutuhkan uang yang besar.

Cara Mengatur Keuangan untuk Memenuhi Kebutuhan

Kamu sudah mengetahui berbagai jenis kebutuhan manusia. Masing-masing jenis ini dikategorikan berdasarkan prioritas pemenuhannya. Hal tersebut bisa menjadi dasar bagi kamu untuk mengatur keuangan pribadi.

1. Membuat List Pengeluaran

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat list pengeluaran bulanan kamu. Cari tahu ke mana saja uangmu pergi selama satu bulan. Apakah untuk membayar listrik? Makan? Atau nongkrong bersama teman-teman?

2. Golongkan Berdasarkan Jenis Kebutuhan

Setelah mengetahui apa saja pengeluaranmu, kelompokkan tiap pengeluaran itu. Cari tahu baik kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, maupun kebutuhan tersiermu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan prioritas dalam memenuhi setiap kebutuhan.

3. Utamakan Memenuhi Kebutuhan Pokok

Setelah mengetahui masing-masing golongan, kamu kini tahu bahwa kamu perlu mengutamakan kebutuhan pokok. Usahakanlah untuk memenuhi kebutuhan pokokmu terlebih dahulu sebelum berusaha memenuhi kebutuhan yang lainnya.

4. Jangan Lupakan Investasi

Selain memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, jangan lupa sisihkan uang untuk berinvestasi. Gaji yang kamu miliki digunakan untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Sedangkan investasi membantu memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Sisihkanlah minimal 10% dari penghasilan untuk diinvestasikan. Salah satu investasi yang bisa kamu coba adalah P2P Lending Modal Rakyat. Kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 25% per tahun.

5. Gunakan Perlindungan

Kebutuhan kamu akan susah dipenuhi jika kamu mengalami suatu risiko yang dapat menghabiskan uang kamu, seperti jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Ada pentingnya kamu memiliki asuransi dan memilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tentu saja kamu bisa mencoba asuransi online Super You. Mulai dari Rp.28.500, kamu sudah bisa terlindungi!
SHARE

Artikel Terkait Lainnya