nft-termahal

Non – Fungible Token atau lebih dikenal akrab sebagai NFT sekarang menjadi salah satu topik pembicaraan. Ide dibalik NFT adalah sebagai barang yang bisa tidak bisa ditukarkan dengan barang lain yang sejenis dan token yang ada pada NFT adalah kontrak atau sertifikat yang memvalidasi kepemilikan aset NFT.

 

Artinya karena memiliki sertifikat tersebut, sang pemilik bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual aset, mendapatkan royalti atau mendapatkan akses ke komunitas eksklusif. Jadi NFT adalah aset digital yang mewakili aset dunia nyata contohnya musik, lukisan, video pendek, item dalam game dan lainnya. Pembelian NFT bisa dilakukan dengan berbagai jenis mata uang, tetapi beberapa marketplace hanya memperbolehkan menggunakan mata uang cryptocurrency tertentu.

 

Tingginya nilai NFT bergantung dari nilai seni tersebut. Mari ambil contoh di Ghozali Everyday dimana NFT nya adalah selfie yang diambil selama lima tahun. Nilai seni yang ada pada NFT nya adalah konsistensinya untuk mengambil foto selfie selama lima tahun tersebut hingga harganya pun bisa mahal. Selain selfie Ghozali Everyday, Berikut ini adalah daftar NFT termahal di dunia.

 

Daftar NFT Termahal di Dunia

  1. The Merge

NFT karya Pak ini resmi menjadi NFT termahal di dunia seharga $91,8 juta terbeli karena perjuangan 30 ribu kolektor yang bergabung untuk membeli NFT The Merge. Karya ini terjual pada 2 Desember 2021.

  1. Everydays – The First 5000 Days

NFT ini adalah karya Mike Winkleman, proyek kolase gambar yang sudah dimulai sejak tahun 2007 dan diselesaikan tahun 2020. NFT ini sudah terjual melalui rumah lelang Christie’s pada investor cryptocurrency Singapura.

  1. Clock

Juga karya Pak, Clock karya Pak dan Julian Assange merupakan salah satu NFT termahal di dunia seharga $52,7 juta. NFT ini merupakan upaya pengumpulan dana untuk pembelaan hukum Assange dan terjual kepada AssangeDAO yang kelompok yang terdiri oleh lebih 10 ribu pendukung Assange yang berkumpul untuk membeli NFT tersebut.

  1. Human One

NFT ini adalah karya Beeple yang terjual pada 9 November 2010 seharga $28,895 juta. Menurut interview dengan Christie’s karya ini berhubungan dengan ‘Everydays’.

  1. CryptoPunk #5822

Meski CryptoPunk banyak mendominasi jajaran NFT termahal dunia, CryptoPunk dengan kode #5822 adalah NFT CryptoPunk termahal saat ini, terjual dengan harga $23 juta pada 12 Februari 2022.

  1. CryptoPunk #7523

NFT ini dibeli oleh Shalom Meckenzie seharga $11,8 juta. Shalom Meckenzie rela membeli NFT tersebut dengan harga tinggi karena NFT tersebut memiliki karakter langka yang menyimbolkan COVID dan membantu mempopulerkan NFT.

 

Baca Juga: 2022, Mau Invest Crypto Apa? Ini Dia 7 Top Rekomendasi

 

  1. CryptoPunk #3100

NFT CryptoPunk ini terjual seharga $7,67 juta, lebih mahal dari #7804 yang terjual satu hari setelah #3100.

  1. CryptoPunk #7804

NFT ini dibeli oleh Dylan Field seharga $7,56 juta karena NFT ini memiliki karakter yang satu – satunya memiliki aksesoris berupa pipa dan topi depan.

  1. Crossroads

NFT karya Beeple ini adalah respon hasil pemilu presiden tahun 2020 dan terjual seharga $6.66 juta.

  1. A Coin for the Ferryman

NFT ini adalah karya XCopy yang dibuat pada tahun 2108. NFT A Coin for the Ferryman ini adalah gabungan dari beberapa coretan wajah dengan latar belakang warna warni dalam bentuk GIF. Kary aini terjual seharga $6,034 juta pada 4 November 2021.

  1. Ocean Front

NFT ini juga merupakan karya Beeple yang menciptakan NFT Crossroad. Ocean Front terjual kepada Justin Sun seharga $6 juta dan keuntungannya digunakan untuk disumbangkan ke Open Earth Foundation.

  1. Forever Rose

Forever Rose karya Kevin Abosch merupakan NFT yang jarang diketahui karena dibuat tahun 2018 dan terjual hari Valentines 2018 seharga $1 juta pada sekelompok investor.

  1. World Wide Web Source Code

NFT karya Berners – Lee ini terjual seharga $5,43 juta di lelang Sotheby’s.

  1. Stay Free

Edward Snowden, mantan CIA yang membocorkan informasi NSA ke pers menjual NFTnya seharga $5,27 juta dan mendonasikan nya ke Freedom of Press Foundation.

  1. Save Thousands of Lives

NFT karya Noora Health ini bertujuan sebagai pengumpulan dana untuk membantu ibu baru dan bayi dari Asia Selatan dan terjual setara dengan $5,1 juta.

  1. CryptoPunk #2338

NFT ini yang termasuk satu dari empat koleksi Zombie Punk terjual seharga $4,4 juta.

  1. Replicator

NFT karya Micah ‘Mad Dog Jones’ Bowbak terjual seharga $4,1 juta di pelelangan pada April 2021.

  1. Doge

Doge Shiba Inu yang banyak dijadikan meme populer ikonik di Internet ini terjual seharga $4 juta pada Juni lalu.

 

Baca Juga: Ingin Melakukan Investasi? Yuk, Ketahui Aplikasi Investasi Yang Cocok Untuk Pemula!

 

  1. Fidenza #313

NFT ini adalah karya Tyler Hobbs yang merupakan salah satu koleksi dari Art Block. NFT ini terjual setara dengan $3,3 juta.

  1. The First Tweet

NFT ini di lelangkan oleh CEO Twitter, Jack Dorsey adalah tweet yang pertama kali diunggah. NFT ini terjual seharga $2,9 juta. Hasil dari NFT ini didonasikan ke GiveDirectly setelah dikonversikan ke bitcoin.

  1. The Best I Could Do

NFT ini adalah karya dari co – creator kartun ‘Rick and Morty’, Justin Roilan dan terjual seharga $1,65 juta.

  1. XCOPY – Death Drip

NFT ini adalah karya XCopy yang juga menciptakan NFT A Coin for the Ferryman. NFT ini terjual seharga #1,58 juta.

  1. Kevin Mc Coy – Quantum

NFT ini adalah NFT pertama yang dicetak dan dipublikasikan di blockchain. NFT ini terjual seharga $1,58 juta.

  1. CryptoPunk #6965

NFT ini yang merupakan salah satu dari 10,000 karakter digital karya Matt Hall dan John Watkinson terjual seharga $1,54 juta.

  1. Metarift

Meski NFT karya Pak tidak memiliki arti seperti Crossroad karya Beeple, Metarift berhasil menjadi salah satu NFT termahal di dunia hingga menembus $904,413. NFT ini sudah terjual pada bulan Maret 2021.

  1. Hairy

Hairy adalah NFT karya Steve Aoki yang bekerja sama dengan illustrator 3D, Antoni Tudisco untuk merilis karya seninya, 11 koleksi seni yang dinamakan ‘Dreamcatcher’. ‘Hairy’ yang merupakan salah satu karyanya terjual seharga $888,888.

 

Nah itulah 26 NFT termahal di dunia. Saat ini NFT adalah salah satu jenis investasi yang populer dan sedang naik daun. Investasi adalah upaya bagus untuk menyiapkan finansial masa depan, tetapi selain finansial perlu juga untuk mempersiapkan keamanan dan kesehatan diri untuk masa depan.

 

Memiliki asuransi adalah upaya yang bagus untuk mempersiapkan hal tersebut, Super You menyediakan asuransi online yang terjangkau dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing – masing.