Pengeluaran Menjelang Lebaran

Pengeluaran menjelang lebaran sering menjadi permasalahan bagi kita, mengingat kebutuhan untuk menunjang hari raya Idul Fitri nanti. Selain itu, harga kebutuhan pokok pun ikut mengalami peningkatan. Nah gimana kita nggak makin pusing bukan? Mau nggak mau, kita harus menambah dana lagi.

Di Indonesia sendiri, ternyata sudah menjadi tradisi lho yang mana kita menyambut lebaran dengan membeli pakaian baru, menyediakan aneka kue, bertamu ke rumah kerabat terdekat, sampai dengan pulang kampung alias mudik. Kalian sendiri tim yang mana nih, guys?

Uniknya, pengeluaran menjelang lebaran yang menyerap biaya lebih besar dari biasanya ini justru dibarengi dengan perasaan bahagia di hari raya tersebut. Dan menjelang lebaran, kita juga akan menerima THR atau Tunjangan Hari Raya. THR ini bisa kita gunakan untuk pengeluaran saat lebaran nanti. 

Meskipun sudah menerima THR, pengeluaran jelang lebaran tidak boleh over budget. Takutnya tanpa sadar keuangan kita malah berakhir dengan saldo nol. Wah, jadi harus dipastikan aman sampai lebaran usai ya, guys!

Baca juga: Cara Memperpanjang SIM Online Sebelum Mudik!

Pengeluaran Menjelang Lebaran

Daftar Kebutuhan Lebaran

Menurut hasil survey Trade Desk and Research Firm YouGov mengatakan 53 persen orang Indonesia lebih memilih habiskan uang THR pada saat ramadhan dibandingkan menabung. Wah, apa kalian juga setuju?

Selain itu, berdasarkan hasil survey Jakpat “Welcoming 2023 Ramadhan and Eid” menyatakan bahwa daftar pengeluaran menjelang lebaran orang Indonesia adalah zakat, buka puasa bersama, belanja makanan, belanja untuk ramadhan dan lebaran, belanja kebutuhan lainnya, mudik, uang hari raya, bepergian dan liburan, serta hampers. Loh, kira-kira di mana nabung dan investasinya ya?

Nah, mungkin itu sedikit intermezzo aja, guys. Sekarang yang menjadi pertanyaan: ke mana sih seharusnya pengeluaran jelang lebaran kita? Ini dia daftar kebutuhan lebaran yang harus kamu persiapkan supaya cara kelola uang THR lebaran kamu berhasil!

  • Zakat Fitrah

Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Muslim, terutama di bulan suci Ramadhan ini. Selain ibadah, zakat fitrah bisa kita maknai sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan, serta rasa syukur kita atas kemenangan di hari raya Idul Fitri.

Bentuk zakat fitrah yang bisa kamu bayarkan adalah kebutuhan pokok, seperti 3.5 liter beras. Meskipun jumlahnya tidak begitu besar, pengeluaran menjelang lebaran yang satu ini tidak boleh terlupakan. Segera kelola uang THR lebaran kamu untuk kebutuhan lebaran zakat fitrah ya!

  • Persediaan Makanan

Memang rasanya tak lengkap jika hari lebaran tanpa makanan dan minuman khas Idul Fitri, seperti ketupat, opor ayam, kue nastar, dan sebagainya. Terutama untuk kita mengantisipasi ketika keluarga, kerabat, atau tetangga berkunjung ke rumah kita.

Sayangnya, kebutuhan lebaran ini akan cukup memakan biaya pengeluaran belanja lebaran kita. Tapi, nggak boleh terlewatkan dong, iya kan? Nah, untuk menyiasati kita bisa kelola uang THR lebaran, coba sediakan makanan tersebut dengan cara memasak sendiri, guys!

  • Pakaian Baru

Pengeluaran belanja lebaran juga identik dengan pakaian baru. Selain makanan spesial lebaran, pengeluaran belanja lebaran satu ini seperti sudah menjadi tradisi kita turun menurun. Dan ternyata, membeli pakaian baru itu tidak selalu berarti kemewahan, tetapi bentuk ungkapan rasa syukur kita atas berkah Tuhan loh!

Nah, kalau begitu, kita harus kelola uang THR lebaran kita dengan baik ya. Sesuaikan dana yang kita punya untuk daftar pengeluaran jelang lebaran yang ini. Dengan begitu, membeli pakaian baru pun jadi lebih berhikmah dan membawa kebahagiaan!

  • Perjalanan dan Keperluan Mudik

Pengeluaran menjelang lebaran juga perlu kita alokasikan ke kebutuhan lebaran satu ini. Terutama kalau sebelumnya kita sedang merantau jauh dari kampung halaman. Kebutuhan lebaran mudik ini akan sangat menghabiskan biaya loh, jadi kondisi finansial kita juga harus dipertimbangkan!

Sebut saja, mulai biaya transportasi, biaya makan selama di perjalanan, sampai dengan oleh-oleh yang harus kita beli untuk keluarga di kampung. Wah, kebayang kan sebesar apa pengeluaran menjelang lebaran ini yang harus kita persiapkan. Tapi, kamu bisa ikuti tips perencanaan keuangan untuk mudik lebaran.

Ditambah lagi biaya yang kita butuhkan selama tinggal di kampung halaman. Ketika mudik dan mengingat tidak lagi berpuasa, kebutuhan lebaran kita akan termasuk biaya makan sehari-hari. Bahkan untuk liburan singkat di sana yang bisa saja mendadak.

  • Bingkisan Lebaran

Selain beli pakaian baru, kebutuhan lebaran juga identik dengan bingkisan lebaran atau istilah kerennya itu hampers. Bingkisan lebaran biasanya akan kita berikan kepada orang-orang terdekat kita, saat hari lebaran tiba ataupun menjelang hari lebaran.

Tak hanya itu, ketika di hari lebaran kita berkunjung ke rumah keluarga atau saudara terdekat, biasanya kita akan memberikan angpao uang kepada adik, keponakan, atau saudara-saudara yang masih kecil. Nah, baik hampers atau angpao, jika dijumlahkan pengeluaran saat lebaran pun jadi tidak sedikit.

Tetapi, kebutuhan lebaran ini bersifat nggak wajib kok, guys. Apalagi kalau memang kondisi keuangan kita saat ini belum mencukupi. Jadi, tidak perlu dipaksakan supaya cara kelola uang THR lebaran kita juga berhasil!

  • Membersihkan dan Mempercantik Rumah

Hari lebaran menjadi momen yang paling pas untuk kita membersihkan dan mempercantik rumah. Apalagi para Moms nih yang semangat banget, mulai mengganti warna cat atau wallpaper, mengganti gorden, sampai menata ulang ruang tamu agar bernuansa lebaran.

Selain mempercantik, hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman kepada tamu yang akan bersilaturahmi. Tapi, kebutuhan lebaran ini bukan skala prioritas utama untuk pengeluaran menjelang lebaran. Tetap sesuaikan dengan budget pengeluaran belanja lebaran keluarga ya, Moms!

  • Liburan atau Belanja Lebaran

Opsi lain nih kalau kita tidak mudik adalah dengan berlibur atau sekedar berbelanja. Kamu bisa mengalihkan pengeluaran menjelang lebaran mudik kepada pengeluaran belanja lebaran. Tapi ingat ya, pengeluaran saat lebaran ini bukan yang utama loh!

Nah, supaya kelola uang THR lebaran kita berhasil, sesuaikan dengan budget ya. Liburan atau pengeluaran belanja lebaran nggak harus mewah, misalnya sekedar jalan-jalan ke mall, wisata alam, atau makan bersama. Kalau belanja, kamu juga bisa cari sesuatu yang promo aja. Gimana kamu tertarik juga?

  • Pasca Mudik atau Cuti

Biaya pengeluaran jelang lebaran ini paling sering kita lupakan, padahal sifatnya sangat penting loh. Setelah mudik, berlibur, atau belanja, kita suka tidak sadar malah menghabiskan gaji dan THR kita. Sedangkan, masih ada kebutuhan sehari-hari lainnya dan kita harus bisa bertahan sampai gaji bulan berikutnya. 

Nah, untuk menghemat pengeluaran saat lebaran, kita bisa ikuti tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran. Selain itu, kelola uang THR lebaran diperuntukkan juga untuk dana darurat dan tabungan ya! 

Tips Merencanakan Keuangan untuk Mudik Lebaran

Mudik Lebaran

Mudik lebaran adalah momen yang paling dinanti-nanti. Lalu, kenapa sih kita perlu tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran? Siapa sangka mudik bisa memakan biaya pengeluaran menjelang lebaran yang sangat besar. Karena itu, tanpa perencanaan yang matang, bisa jadi kita menjadi boros dan menghabiskan uang THR begitu saja.

Nah, makanya kita harus tahu apa saja tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran supaya dompet tetap aman. Pengeluaran menjelang lebaran pun jadi lebih terkendali. Yuk, ikuti tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran di bawah ini!

  • Jadwalkan Mudik dari Jauh-Jauh Hari

Terkadang yang membuat pengeluaran saat lebaran jadi melonjak adalah kita tidak mempersiapkan mudik dari jauh-jauh hari. Perlu kita ketahui guys, mendekati hari lebaran atau persis hari lebaran, harga tiket transportasi mudik itu akan melonjak tinggi. Itu mengapa, jadwalkan tanggal mudik kalau bisa sebulan sebelumnya.

Selain mendapatkan tiket dengan harga lebih murah, kamu juga bisa mempersiapkan berapa budget pengeluaran menjelang lebaran untuk mudik ini. Misalnya, dengan menyisihkan uang atau menabung. Tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran pun berhasil deh!

  • Buat Perencanaan Pengeluaran Selama Mudik Nanti

Pengeluaran belanja lebaran bisa saja tanpa sadar bertambah, apalagi kalau tergiur oleh tawaran diskon belanja. Nah, sebelum kamu tergiur oleh semua itu, sebaiknya lakukan tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran ini. Termasuk berapa kira-kira pengeluaran menjelang lebaran yang dibutuhkan.

Mulai catat dengan keperluan pokok mudik, seperti biaya transportasi sampai pengeluaran menjelang lebaran lainnya. Kamu juga harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini akan membantu pengeluaran saat lebaran tetap aman dan nyaman selama mudik. 

  • Manfaatkan THR dan Membawa Bekal Sendiri

Tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran ini boleh banget kamu ikuti. Kamu bisa kelola uang THR lebaran sebagian untuk biaya keperluan mudik. Selain itu, kamu juga bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Hal ini akan menghemat biaya dan waktu kamu membeli makanan loh!

  • Pisahkan Biaya Mudik dan Dana Darurat

Tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran selanjutnya adalah kita harus pisahkan biaya mudik dengan kebutuhan pokok lainnya. Supaya tidak tercampur dan jadi pengingat kamu akan pengeluaran menjelang lebaran.

Selain itu, sisihkan juga untuk dana darurat. Kenapa sih dana darurat itu perlu? Nggak ada salahnya kok kita menyisihkan dana darurat untuk mengantisipasi risiko finansial di luar dugaan saat mudik nanti.

  • Bawa Uang Tunai Secukupnya!

Nah, tips merencanakan keuangan untuk mudik lebaran ini juga tak kalah penting. Membawa uang tunai terlalu banyak juga berisiko lho. Selain itu, dengan membawa uang tunai secukupnya dapat menghindari kita terlalu boros berbelanja selama dalam perjalanan mudik.

Lagipula, di zaman serba canggih ini, kita bisa memanfaatkan ATM mobile, e-wallet, dan sebagainya. Hal ini akan menjaga pengeluaran jelang lebaran kita tetap aman dan hemat, guys!

Baca juga: Ini Cara Mudah Top Up OVO!

Tips Kelola Uang THR Lebaran

Tips Kelola Uang THR Lebaran

Nah, supaya uang THR kita bermanfaat dan nggak cuma permisi numpang lewat aja, sebaiknya kelola uang THR lebaran dengan bijaksana. So, SuperMin sarankan untuk nggak habiskan seluruh THR apalagi untuk hal yang nggak urgent. Kalau kamu penasaran apa saja prioritas kelola uang THR lebaran, yuk cek di bawah ini!

  • Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok ini akan mengambil 30 persen dari kelola uang THR lebaran kita. THR memang bertujuan untuk menunjang kebutuhan saat hari raya. Jadi, kita bisa menggunakannya untuk pengeluaran saat lebaran nanti guys, termasuk kebutuhan mudik lebaran.

  • Pengeluaran Tambahan

Pengeluaran tambahan yang bisa kamu alokasikan adalah sebesar 15 persen dari uang THR. Dengan cara kelola uang THR lebaran ini, akan membantu kamu kalau sewaktu-waktu kamu ingin bagi-bagi THR kepada sanak saudara atau keperluan membeli bingkisan lebaran untuk kerabat terdekat.

  • Tabungan

Meskipun uang THR guna menunjang pengeluaran jelang lebaran, kita juga harus kelola uang THR lebaran untuk tabungan. Jumlah uang THR yang bisa disisihkan adalah sebesar 20 persen dari THR kita. Uang THR bisa menjadi sumber alternatif dana di hari depan. Mulai dengan sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit dong!

  • Dana Darurat

Kelola uang THR lebaran ini dengan cara menyisihkan minimal 10 persen dari uang THR kita untuk dana darurat. Kita juga perlu memiliki dana darurat untuk mengurangi risiko keuangan apabila terjadi hal yang tidak terduga, guys. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir lagi!

  • Zakat Fitrah

Guys, jangan lupa menunaikan kewajiban kita sebagai umat Muslim untuk membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan ini. Jumlah yang bisa kita sisihkan adalah minimal 5 persen dari kelola uang THR lebaran kita. 

  • Membayar Cicilan

Kalau kamu memiliki cicilan tertanggung, gunakan THR sebesar 10 persen dari kelola uang THR lebaran untuk membantu melunasi cicilan tersebut. Jangan biarkan hutang atau cicilan kamu berlarut-larut ya!

  • Investasi atau Asuransi

Selain tabungan, investasi juga menjadi alternatif keuangan jangka panjang. Tapi, nggak cuma uang yang perlu kita jaga, kesehatan tubuh kita juga perlu! Nah, kita bisa kelola uang THR lebaran kita minimal 10 persen untuk asuransi kesehatan. Dengan begitu, tubuh kita akan terproteksi maksimal!

Nah, itu dia pengeluaran menjelang lebaran yang perlu kita ketahui! Jangan lupa juga ikuti tips kelola uang THR lebaran supaya dompet tetap aman deh! Buat kamu yang ingin menyisihkan uang THR untuk asuransi, Super You menyediakan Super Easy Health, biaya premi mulai Rp4.500 aja kok per hari dan ekstra cashback sampai Rp500.000 lho! Jadi, tunggu apalagi?

Artikel Terkait