bank adalah

Bank adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan penyimpanan, peminjaman, serta pengelolaan dana untuk menciptakan nilai tambah. Teman SUPERjuangan tahu nggak sih, layanan bank bukan hanya ditawarkan bagi kita masyarakat biasa saja, melainkan juga perusahaan, lembaga, organisasi, hingga entitas lain yang tidak terlibat secara langsung di dalam kegiatan keuangan.

Nah sejak zaman kuno, bank telah memainkan peran mendukung pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tetapi, sekarang dengan teknologi yang terus berkembang, bank sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita sebagai individu. Mulai dari menyimpan gaji bulanan, atau membayar tagihan seperti premi asuransi, bahkan menggantikan uang tunai.

Menarik, kan? Lewat artikel kali ini SUPERmin mau mengajak kamu menjelajahi dunia perbankan, tentang bagaimana fungsi dan tujuan bank sebenarnya, serta apa saja jenis-jenis bank yang ada. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperluas pemahamanmu!

Table of Contents

bank adalah

Apa itu Bank?

Kata bank diambil dari bahasa Italia banca yang berarti bangku. Kok bisa? Awalnya, asal kata bank tersebut digunakan oleh para pedagang yang melakukan transaksi keuangan. Kemudian lagi secara harfiah merujuk pada tempat kerja atau tempat penukaran uang. Dan akhirnya, bank dalam bahasa Inggris merupakan lembaga keuangan yang kita kenal sekarang.

Maka, pengertian bank adalah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara akan berbagai aktivitas keuangan masyarakat. Misalnya kita yang menyimpan uang, memberikan pinjaman kepada mereka yang butuh dana, melakukan pembayaran, ataupun menyediakan layanan investasi dan pengelolaan risikonya.

Sama seperti apa itu bank menurut Pierson seorang ahli ekonomi dari Belanda, bahwa bank adalah badan yang menerima simpanan dan kredit. Thomas Mayer, Z. Aliber, serta James D. Duesenberry juga berpendapat, bank adalah lembaga keuangan yang berfungsi menciptakan uang dan aktivitas yang berkaitan.

Sementara Teman SUPERjuangan kita warga negara Indonesia, pengertian bank telah diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 1998, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, lalu menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit sehingga taraf hidup masyarakat meningkat.

Dengan kata lain, terdapat bank sentral sebagai pusat dan acuan bank-bank umum. Di Indonesia sendiri, pemerintah menunjuk Bank Indonesia (BI) berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan sebelumnya tadi.

bank adalah

Fungsi Bank

Fungsi bank memiliki peran penting terhadap penyediaan layanan dari yang sederhana sampai yang kompleks. Sebagaimana yang ditulis oleh Frederic S. Mishkin dalam karyanya yang berjudul The Economics of Money, Banking, and Financial Market untuk sumber yang dapat dipercaya.

Fungsi bank yang sebenarnya ini akan membuka pandangan yang masih awam terhadap fungsi bank hanya sekadar tempat menabung saja loh. Terlepas dari jenisnya, berikut fungsi bank.

1. Intermediasi keuangan

Fungsi bank pertama, intermediasi keuangan atau sering disebut financial intermediary. Bank adalah perantara keuangan antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Dari fungsi bank menyimpan dana dari nasabahnya, kemudian menyalurkan dana guna kegiatan ekonomi lainnya.

Biasanya, fungsi bank sebagai penyimpan dilakukan melalui pembukaan rekening tabungan, giro, hingga deposito. Sementara itu, fungsi bank sebagai penyalur dilakukan melalui pinjaman pribadi, hipotek, kredit usaha kecil, sampai pinjaman korporat sehingga pemanfaatan keuangan merata ke semua lapisan masyarakat.

2. Penyedia layanan keuangan

Kini layanan keuangan dari fungsi bank semakin beragam. Sejalan dengan kemajuan teknologi, fungsi bank juga memfasilitasi pengiriman uang alias transfer dan pembayaran tagihan. Tidak sedikit juga bank yang membuat layanan keuangan digital untuk mempermudah kehidupan kita. 

Bahkan, fungsi bank yang sering disebut agent of service menyediakan berbagai jasa keuangan tambahan, antara lain investasi, asuransi, dan konsultasi keuangan. Tentu bisa membantu Teman SUPERjuangan merencanakan dan mengelola keuangan loh.

3. Pengembangan ekonomi

Dengan fungsi bank salah satunya sebagai penyedia pinjaman, memungkinkan kita berkontribusi lebih besar dalam kegiatan ekonomi. Hal ini membuka akses keuangan bagi usaha kecil dan menengah yang merupakan tulang punggung, meningkatkan produksi proyek besar, serta menciptakan lapangan kerja baru.

Selain itu, fungsi bank yang sering disebut agent of development bertanggung jawab untuk mengendalikan risiko keuangan dengan strategi penciptaaan serta pengaturan jumlah uang yang beredar sudah tepat. Dan pada gilirannya, semua akan mengembangkan ekonomi negara.

4. Agen kepercayaan

Terakhir, fungsi bank sebagai agen kepercayaan. Bank harus membangun hubungan kepercayaan dengan masyarakat yang menggunakan jasanya. Dengan keyakinan bahwa bank akan menjaga keamanan dan kelola dana dengan bijak demi mewujudkan tujuan keuangan kita.

Fungsi bank yang sering disebut agent of trust satu ini juga mencakup kerahasiaan data atau informasi, kepatuhan, transparansi, dapat diandalkan atau responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dan menjaga nilai mata uang.

Tujuan Bank

Pada dasarnya, tujuan bank adalah cerminan hasil atau pencapaian yang ingin dicapai melalui pelaksanaan berbagai fungsi bank itu sendiri. Dengan kata lain, fungsi bank dan tujuan bank saling terkait.

Nah, untuk mempertegas kembali apa sih tujuan bank dapat diuraikan Pasal 4 UU Nomor 7 Tahun 1992, bahwa menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dan tak jauh berbeda seperti inklusi keuangan yang pernah kita bahas. Tujuan bank berjalan beriringan sama inklusi keuangan guna meningkatkan akses keuangan. Sebanyak mungkin kepada individu dan bisnis, berpenghasilan rendah, bahkan tinggal di daerah terpencil sekalipun.

Tujuan bank juga tak terlepas dari tanggung jawab sosial dan lingkungan. Bank aktif mendukung inisiatif keberlanjutan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Nah, jadi apakah Teman SUPERjuangan sudah melihat nyata tujuan bank tersebut?

Artikel Terkait