kerja part time

Sudah bekerja full-time tapi ingin dapat penghasilan tambahan? Atau berniat punya pengalaman bekerja sampingan dulu sebelum melamar kerja full-time? Bisa dong. Salah satunya dengan cobain kerja part-time, guys.

Sesuai dengan namanya, kerja part-time menggunakan sistem shift yang menghabiskan setengah dari waktu kerja normal. Misalnya kerja pada umumnya 7-8 jam, maka part-time kemungkinan hanya 4-6 jam, tergantung regulasi tiap perusahaan. Lalu karena sifatnya yang sementara, upah akan kamu peroleh per-harinya. Sebagian perusahaan juga biasanya memberikan upah satu kali, yaitu di hari terakhir bekerja.

Part-time sering disamakan dengan magang dan freelance, tapi sebenarnya ketiganya beda lho. Magang lebih berkaitan dengan pelatihan yang sering jadi syarat kelulusan. Pada umumnya, magang bisa mencapai 7 jam. Nah, freelance cenderung lebih fleksibel. Kerjanya juga remote, jadi kamu tidak perlu setiap hari ke kantor.

Hampir mirip dengan part-time, bedanya kalau freelance itu tidak terikat kontrak untuk jangka panjang. Kamu diberi kebebasan untuk bekerja kapan saja asal selesai di waktu yang ditentukan. Keuntungannya sama kok, dapat uang jajan plus pengalaman. Asyik kan?

So, penasaran jenis part-time itu apa saja? Nih, simak rekomendasinya!

1. Tutor Les/Privat

Buat kamu yang ingin berbagi ilmu pengetahuan, bisa banget jadi tutor les. Baik mengajar di sebuah instansi pendidikan atau secara privat. Tidak hanya sama-sama belajar, kamu juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi kan?

2. Content Writer

Suka menulis dan membaca? Cobain part-time ini, guys. Jadi content writer tidak sekadar menulis artikel kok, kamu juga akan diminta untuk memberi ide seputar konten-konten berkualitas. Misalnya, konten untuk sosial media. Kembangkan skill menulismu serta marketing lewat sini!

Di Rumah Saja? Ini Dia 45 Ide Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Coba

3. Barista/Waiter

Pasti sudah tidak asing lagi dong soal part-time yang satu ini? Banyak lho coffee shop atau restoran yang butuh barista serta waiter untuk kategori part-time. Apalagi

coffee shop termasuk banyak di mana-mana sekarang. Tenang, kalau belum bisa meracik kopi, kamu akan dilatih dulu. Lumayan lho menambah skill baru, siapa tahu bisa menekuni pekerjaan di bidang food and beverage.

4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Apa Saja?

4. Penerjemah

Kamu bilingual atau bahkan multilingual? Penerjemah bakalan jadi kerja part-time yang cocok nih! Biasanya, seorang penerjemah diminta untuk menerjemahkan dokumen atau  buku (seperti novel). Selain mengasah kemampuan berbahasa asing, kamu juga dapat uang saku. Keren lho, kalau skill-mu itu bisa bermanfaat untuk orang lain dan dirimu sendiri.

5. Grafis Desainer/Fotografer

Ini dia, kerja part-time teruntuk kamu yang merasa tertarik dalam bidang karya foto atau desain grafis. Misalnya kamu bisa membantu membuatkan desain logo, banner, atau bahkan memotret acara pernikahan. Untuk meyakinkan calon perekrut terhadap kualitasmu, kamu bisa taruh hasil karyamu di sebuah blog.

Nah, semoga beberapa kerja part-time di atas dapat jadi pilihan. Tetap sesuaikan dengan kesukaanmu ya supaya kerjanya lebih enjoy. Yuk, semangat isi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat serta menambah uang sakumu! Jangan lupa juga, uang sakunya ditabung dan diinvestasikan. Yang paling penting kamu harus memiliki asuransi agar tetap terlindungi. Baca Juga : 5 Jenis Investasi Menarik untuk Pemula

SHARE

Artikel Terkait Lainnya