restrukturisasi

Kata restrukturisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah penataan kembali (supaya struktur atau tatanannya baik), tetapi ada juga istilah restrukturisasi dalam keuangan. Hal ini biasa dikenal sebagai restrukturisasi kredit. Guna dari restrukturisasi adalah upaya dari lembaga keuangan untuk membantu memberi para debitur keringanan dalam membayar hutang atau pinjaman saat sedang melakukan pemulihan bisnis. 

Table of Contents

Masih banyak yang belum mengerti mengenai konsep restrukturisasi kredit, karena itu mari bahas lebih jelasnya di artikel ini. 

Dimulai Dari Apa Itu Restrukturisasi?

uang dollar

Berdasarkan arti restrukturisasi dari PDF yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan yang berjudul 8 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Restrukturisasi Kredit/Pembiayaan, restrukturisasi adalah keringanan pembayaran cicilan pinjaman di bank/leasing. 

Dengan adanya restrukturisasi hutang, apakah hal ini berarti seluruh hutang pinjaman akan dihapus? Tentunya tidak ya. Restrukturisasi kredit bukan berarti menghapus hutang yang dimiliki, tetapi untuk memberikan debitur atau pemilik hutang keringanan ketika membayar cicilan yang dimiliki. 

Bagaimana cara mendapatkan keringanan dari restrukturisasi kredit? Biasanya keringanan yang diberikan ketika mencicil pinjaman berdasarkan oleh penilaian serta kesepakatan antara nasabah dengan bank yang digunakan atau leasing

Apa Saja Jenis-Jenis Restrukturisasi Kredit?

Terdapat berbagai jenis restrukturisasi kredit yang bisa diberikan oleh bank atau leasing kepada debitur. Untuk lebih jelas mengenal restrukturisasi kredit,  perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis-jenisnya, mari ketahui apa saja di bawah ini!

  • Perpanjangan Tenor Dengan Bunga Rendah

Apa itu restrukturisasi kredit jenis ini? Restrukturisasi ini mendapatkan keringanan untuk perpanjangan waktu cicilan debitur dan dengan bunga pinjaman yang lebih rendah dari bunga pada umumnya. Dengan tenor cicilan debitur diperpanjang akan memberi keringanan kepada debitur saat membayar cicilan. 

  • Diskon Angsuran

Apa itu restrukturisasi kredit jenis ini? Restrukturisasi ini mendapatkan keringanan untuk mendapatkan potongan cicilan serta melakukan perpanjang tenor cicilan. Namun perlu diketahui jika memilih restrukturisasi kredit jenis ini maka potongan yang diterima bukan sebesar potongan kredit sekali bayar. 

Meski mendapatkan perpanjangan tenor cicilan, waktu yang diberikan tidak sepanjang ketika memilih jenis perpanjangan tenor. Perlu diketahui juga bahwa jenis restrukturisasi kredit ini tidak tersedia pada semua pemberi pinjaman.

  • Potongan Kredit Dalam Sekali Bayar

Apa itu restrukturisasi kredit jenis ini? Restrukturisasi ini mendapatkan keringanan untuk memotong pinjaman. Namun, keringanan ini hanya bisa ketika debitur telah melunasi semua hutangnya. Jadi jika ingin memilih restrukturisasi kredit jenis ini perlu meminjam uang yang banyak dan langsung melunasi hutang yang dimiliki karena potongannya hanya bisa dalam satu kali. 

Baca Juga: Ingin Cepat Bebas, Ini 11 Cara Melunasi Hutang Yang Menumpuk!

Bentuk Keringanan yang Didapatkan Dari Restrukturisasi Kredit Adalah…

koin emas

Mari bicara mengenai keringanan yang datang dengan restrukturisasi kredit. Terdapat beberapa bentuk keringanan yang bisa diberikan oleh bank/leasing kepada debitur, beberapanya adalah:

  • Penurunan suku bunga
  • Mendapatkan perpanjangan waktu 
  • Mengurangi tunggakan pokok
  • Mengurangi tunggakan bunga 
  • Menambahkan fasilitas kredit atau pembiayaan 
  • Konversi kredit atau pembiayaan menjadi penyertaan modal sementara 

Aturan Restrukturisasi Kredit Apa Saja yang Penting Diketahui?

Selain syarat dan langkah pengajuan restrukturisasi kredit, terdapat berbagai macam aturan restrukturisasi kredit loh. Apa saja aturannya? Yuk, ketahui di bawah ini.

  • Keringanan dari restrukturisasi hanya diberikan kepada debitur pekerja informal, pendapatan yang didapatkan adalah harian, serta yang usahanya terdampak oleh virus corona, serta mengalami kesulitan untuk pembayaran cicilan.
  • Debitur yang tidak terdampak oleh sera dan memiliki kemampuan membayar sehingga bisa melakukan pembayaran tepat waktu. 
  • Bank atau perusahaan pembiayaan akan memberikan debitur keringanan setelah melakukan asesmen atas kondisi debitur yang terdampak. 
  • Seluruh bank atau perusahaan yang melakukan pembiayaan bisa memberikan keringanan kredit maupun keringanan pembiayaan.

Apa Saja Syarat Restrukturisasi Kredit?

Tentunya untuk melakukan restrukturisasi kredit akan ada syaratnya, dan berdasarkan situs OJK, syarat restrukturisasi kredit terbagi 2, yakni:

  1. Yang pertama adalah kondisi debitur yang mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran pokok atau bunga pinjaman 
  2. Yang kedua adalah jika debitur memiliki prospek usaha dan dinilai mampu untuk melunasi hutang pinjaman setelah pengajuan restrukturisasi disetujui

Langkah Mengajukan Restrukturisasi Kredit 

koin di pot bunga

Untuk mengajukan restrukturisasi kredit, terdapat berbagai langkah-langkah yang harus diambil terlebih dahulu. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk, ketahui di bawah ini!

  1. Untuk mengajukan permohonan, datangi lembaga keuangan terdekat, tetapi jika tidak bisa bisa juga melalui platform digital, contohnya adalah melalui Whatsapp, surel dan aplikasi 
  2. Pastikan untuk mempersiapkan dokumen pribadi yang akan dibutuhkan, seperti KTP dan syarat-syarat administrasi 
  3. Jelaskan secara lengkap dan jujur akan kondisi yang sekarang sedang dialami dalam melakukan pembayaran angsuran pinjaman
  4. Sebelum menentukan, setelah mendapatkan informasi mengenai kondisi keuangan pihak kreditur, akan dijalankan sebuah tahapan pengecekan untuk melihat jika orang yang mengajukan layak
  5. Tahap yang terakhir merupakan penilaian yang diberikan oleh pihak kreditur mengenai jika restrukturisasi kredit diterima atau tidak

Baca Juga: Investasi Jangka Pendek: Tujuan, Kelebihan, Jenis, dan Tips Memulainya

Apa Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengajukan Restrukturisasi Kredit?

Sebelum mengajukan permohonan restrukturisasi kredit ada hal yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu. 

Pihak bank atau leasing akan ingin melihat kemampuan pemohon dalam mengatur keuangan, jadi sebelum mengajukan restrukturisasi bisa melakukan pengecekan ulang pada laporan keuangan bisnis

Pastikan tidak hanya laporan keuangan, tetapi juga memiliki pencatatan transaksi yang baik. 

Contoh Restrukturisasi Kredit

Jika masih bingung, mari lihat contoh restrukturisasi kredit dan bagaimana bisa keadaan mereka dibantu dengan keringanan tersebut. 

Mari kita beri contoh terdapat seorang pengemudi ojek online yang juga akrab dikenal sebagai ojol. Sebelum pandemi Covid – 19, pengemudi ojol yang bernama Agus ini memiliki banyak penumpang, tetapi dengan terjadi virus ini ia kesulitan untuk mendapatkan penumpang hingga kesusahan dalam membayar cicilan motor di leasing. 

Dalam kondisi ini, Agus berhak untuk mendapatkan keringanan untuk dengan menunda pembayaran pokok atau bunga selama 3, 6,9 atau 12 bulan berdasarkan dengan kesepakatan dengan leasing. 

Nah itulah penjelasan dari restrukturisasi beserta jenis-jenisnya. Tidak semua orang bisa mendaftar sebagai debitur agar mendapatkan keringanan dari restrukturisasi kredit, tetapi pastikan untuk selalu siap siaga dengan membuat laporan keuangan dan transaksi yang baik. Tentunya akan lebih baik jika tidak membutuhkan bantuan seperti ini dan mengalami kesulitan finansial.

Baca Juga: Tertarik Investasi Tanah? Yuk, Pelajari Cara, Kelebihan dan Kekurangannya!

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah mengalami kesulitan finansial adalah memiliki asuransi. Salah satu asuransi yang sangat berguna adalah asuransi kesehatan yang bisa memberikan proteksi kesehatan dan finansial jika mengalami suatu. Super Easy Health dari Super You merupakan asuransi kesehatan yang bisa bantu memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh. Yuk, cek sekarang!

Artikel Terkait