sandwich generation dana kesehatan keluarga

Sebuah survei baru-baru ini menemukan bahwa 50% orang Indonesia memprioritaskan keluarga mereka. Ini diikuti oleh kesehatan (33%), kebahagiaan (13%), dan kekayaan (4%). Menempatkan keluarga kamu lebih dulu bisa berarti banyak hal dan akan menjadi sangat melelahkan, terutama bagi keluarga muda. Kemungkinan kamu adalah sandwich generation.

Sandwich generation berarti kamu mempunyai kewajiban finansial untuk memenuhi kebutuhan bagi anak kamu (generasi di bawah kamu) dan juga orangtua yang sudah makin tua (generasi di atas kamu). Terjepit di antara kedua generasi dan harus memenuhi kebutuhan tiga generasi (termasuk diri kamu), maka ada banyak kewajiban dan tanggung jawab untuk dipenuhi. Alhasil, beban keuangan kamu pun bisa terasa melumpuhkan. 

Dana yang terbatas menjadikan proses pembuatan anggaran sangat penting untuk memastikan kamu siap menghadapi keadaan darurat yang tidak terduga.

Perawatan kesehatan keluarga adalah salah satu aspek yang perlu dipantau karena biaya mahal: Mulai dari mempersiapkan kehidupan untuk bayi, merawat orang tua kamu di usia tua, hingga memahami biaya perawatan kesehatan untuk seumur hidup sebuah keluarga.

Memangnya Seberapa Besar sih Biaya Kesehatan?

Memiliki Anak

Jika kamu sedang menanti kelahiran bayimu atau memang sudah berencana untuk memiliki anak, penting untuk memahami biaya kesehatan yang terkait. Biaya pengiriman rata-rata di Indonesia berkisar antara 3 hingga 23 juta rupiah, sementara operasi caesar bisa mencapai Rp. 105 juta. Ini juga belum termasuk beberapa pemindaian terkait kehamilan yang memiliki biaya berbeda tergantung pada klinik yang kamu akan kunjungi.

Kamu juga harus membeli furnitur kamar bayi, kereta bayi, peralatan bayi, popok, susu formula, dan pakaian bayi yang semuanya penting untuk anakmu nantinya. Sangat penting untuk membangun kekebalan mereka di tahun-tahun awal seorang anak, sehingga akan ada banyak kunjungan medis untuk vaksinasi.

Selain itu adalah biaya medis yang tidak terduga, jika kondisi kesehatan yang serius berkembang atau jika mereka patah tulang dan membutuhkan perawatan medis yang mendesak, maka sangat bijaksana untuk mempertimbangkan ini terlebih dahulu dan menyisihkan dana untuk perawatan jika diperlukan.

Merawat orang tua

Seiring bertambahnya usia orang tuamu, mereka mungkin mulai mengalami masalah kesehatan yang memerlukan perawatan medis. Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan bahwa populasi lansia di Indonesia (di atas usia 65) akan meningkat 4x lipat pada tahun 2050.

Memang rata-rata harapan hidup di Indonesia sudang meningkat dari 63,6 tahun menjadi 71,7 tahun. Namun, penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan diabetes telah meningkat. Perawatan untuk penyakit-penyakit ini seringkali bersifat jangka panjang dan dapat menjadi beban keuanganmu.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk orang tuamu sekarang adalah membantu mereka membuat perubahan gaya hidup untuk menjaga kesehatan mereka di masa depan. Memberi mereka pertanggungan asuransi lebih awal dalam kehidupan juga membantu mengurangi biaya medis jika terjadi penyakit.

Membuat jaring pengaman

Biaya kesehatanmu sendiri juga harus kamu pertimbangkan. Seiring bertambahnya usia dan juga tergantung pada kebiasaan hidupmu, kamu mungkin saja menderita hal-hal yang tak terduga seperti sakit punggung bagian bawah atau tekanan darah tinggi. Jadi selain biaya kesehatan keluarga untuk orang tua dan anak-anakmu, kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan kesehatanmu di masa depan.

Mungkin kamu dapat mengalokasikan dana untuk biaya keluarga. Namun, terkadang keadaan darurat medis yang tidak terduga dapat terjadi. Ini dapat melibatkan anak kamu, orangtua kamu, orangtua pasangan kamu, atau bahkan dirimu sendiri.

Itulah mengapa mendapatkan perlindungan penting, karena asuransi membantu mengurangi kesulitan dari tragedi yang tidak terduga ini. Lindungi dirimu dan keluargamu dengan produk asuransi yang sederhana dan terjangkau hari ini untuk meringankan beban keuanganmu jika kamu dihadapkan dengan tagihan rumah sakit besar-besaran suatu hari. Ini juga memastikan bahwa keluargamu masih dapat memenuhi pengeluaran harian jika kamu tidak mampu menyediakannya.

Sebagai sandwich generation, mulailah berasuransi sekarang dengan Super You yang disesuaikan dengan kebutuhan biaya kesehatan keluargamu. Kamu bisa memilih jenis asuransi yang sesuai seperti asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, dan berbagai jenis asuransi lainnya. Mendapatkan perlindungan hari ini untuk ketenangan pikiran sehingga kamu bisa hidup dengan super!

SHARE

Artikel Terkait Lainnya