tabungan_pensiun

Seperti yang kita ketahui manajemen keuangan yang baik adalah mempersiapkan dana darurat untuk resiko finansial dan tabungan hari tua. Karena memiliki dana pensiun adalah sama dengan mempersiapkan dana darurat di masa tua. Super You pernah membahas tentang jaminan pensiun dan manfaat memiliki dana pensiun. Pada artikel kali ini kita akan membahas seberapa penting kamu memiliki tabungan pensiun.

Jika kamu ingin memiliki dana pensiun kamu bisa mengikuti program pensiun yang ada di beberapa lembaga selain BPJSTK seperti DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Program dari Bank Mandiri

Selain memiliki layanan perbankan dan sekuritas, Bank Mandiri menyediakan program dana pensiun yang sudah ada sejak tahun 2011. Program pensiun dibagi menjadi dua yaitu program pensiun iuran pasti (PPIP) dan program pensiun untuk kompensasi pasca kerja (PPUKP). Mari kita lihat penjelasan dari masing-masing program ini.

  • PPIP merupakan iuran yang ditetapkan berdasarkan peraturan dana pensiun. Manfaat dari program ini tergantung pada akumulasi pembayaran iuran, jenis investasi pilihan, dan jenis pengalihan dana.
  • PPUKP merupakan program yang dijalankan berdasarkan prinsip pooled fund. Iuran pada umumnya akan disetorkan atas nama perusahaan atau pemberi kerja dan bukan atas nama peserta.

Di program Mandiri ini, kamu bisa memilih berbagai instrumen investasi seperti pasar uang, pendapatan tetap, saham, program syariah, dan kombinasi.

Syarat untuk mengikuti program ini adalah berusia minimal 18 tahun, usia pensiun minimal 40 tahun, mengisi rangkaian formulir, dan memiliki penghasilan tetap. Setoran bulanan untuk program ini tergantung dari persentase gaji kamu per bulan atau minimal Rp 100 ribu.

Program dari Bank BRI

Ada yang menarik dari memilih DPLK BRI. Yakni dana pensiun kamu bisa berkembang hingga 8 persen selain itu BRI juga menawarkan program yang sama yaitu PPIP dan PPUKP. Pilihan instrumen investasi kurang lebih sama dengan yang ditawarkan Mandiri. Kelebihan dari BRI adalah kamu bisa mengajukan pensiun lebih cepat 10 tahun dari usia pensiun normal, manfaat pensiun dibayarkan bulanan, kamu dapat menarik dua kali iuran dan mengubah investasi satu kali dalam setahun.

Syarat untuk program BRI adalah usia minimal 17 tahun, setoran bulanan minimal Rp 100 ribu atau tergantung persentase gaji bulanan kamu, dan mengisi rangkaian formulir penting.

Investasi Masa Depan Kamu dengan Asuransi Jiwa Super Life Protection
Premi Mulai Rp 30 ribu-an per Bulan

Program dari Bank BNI

Berikut adalah program dana pensiun dari BNI atau yang dikenal BNI Simponi sejak tahun 1994. Berbeda dengan program Bank lain, BNI menawarkan iuran mulai Rp 50 ribu per bulan. Instrumen investasi di BNI umumnya sama dengan program Mandiri dan BRI. Memilih BNI kamu tentu bisa mendapatkan rata-rata return sekitar minimal 6 persen atau lebih setiap tahunnya. Hal ini tergantung dari pilihan investasi kamu.

Syarat untuk program BNI adalah berusia minimal 17 tahun, setoran minimal Rp 250 ribu atau tergantung persentase, dan mengisi beberapa formulir untuk proses verifikasi.

 

Seberapa Penting Tabungan Pensiun?

Finansial Kamu di Hari Tua Terjamin

Kamu rajin menabung? atau malah belum mulai menabung. Memiliki tabungan di Bank saja tidak cukup. Kamu perlu memiliki tabungan pensiun atau dana darurat lain untuk menjalani masa tua. Ketika kamu masih di usia produktif bekerja, sebaiknya persiapkan dana pensiun kamu sejak dini.

 

Kamu Bisa Berinvestasi di Asuransi

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi jiwa dan pilihan instrumen investasi yang menarik. Cari tahu apa produk asuransi jiwa yang cocok dengan keuangan dan kebutuhan kamu. Di Super You, kamu bisa mendapatkan produk asuransi jiwa Super Life Protection. Selain itu ada juga paket asuransi jiwa + penyakit kritis Super Strong Protection. Premi mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan dengan manfaat pertanggungan hingga Rp 600 juta. Mau pelajari lebih lanjut? Klik disini.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya