setor tunai bni

Melakukan setor tunai BNI menjadi salah satu layanan yang bisa dilakukan oleh nasabah BNI maupun bank lainnya. Biasanya cara melakukan setor tunai adalah melalui seorang teller bank yang perlu ditemui saat jam kerja, tetapi sekarang cara setor tunai BNI tidak perlu lagi, loh untuk menemui teller bank setiap kali ingin melakukan transaksi setor tunai.

Mesin Setor Tunai BNI

Sekarang layanan mesin ATM dari BNI tidak bisa hanya digunakan untuk mengambil uang tunai, tetapi juga melakukan setor tunai BNI. Sebelum membahas mengenai mesin setor tunai BNI, mari pahami dulu apa saja mesin ATM yang bisa digunakan untuk melakukan setoran tunai.

  • ATM Setor Tarik 

atm machine

Mesin ATM Setor Tarik merupakan mesin ATM yang bisa digunakan tidak hanya untuk melakukan setoran tunai ke rekening, tetapi juga untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai.

ATM Setor Tarik pertama di Indonesia dikeluarkan oleh bank BCA, karena itu sekarang banyak ditemukan di bank BCA. Jika ingin mencari ATM Setor Tarik, bisa ditemukan di kawasan perbankan atau di area ATM Center.

  • ATM Setor Saja 

Selain mesin ATM Setor Tarik, terdapat juga mesin ATM Setor saja. Seperti namanya, mesin ini berbeda dari mesin ATM Setor Tarik karena hanya bisa digunakan untuk melakukan setoran tunai saja. Hal ini menyebabkan lebih sedikitnya jumlah dari mesin ATM Setor saja. Untuk menemukan mesin ATM Setor saja biasanya terletak di kawasan perbankan atau ATM Center.

Lalu dengan melakukan setoran tunai menggunakan mesin ATM apakah ada perbedaan dengan pergi ke teller? Perbedaan terbesar adalah waktu melakukan transaksi. Jika melakukan setoran tunai melalui teller maka hanya bisa dilakukan ketika bank buka, jadi perlu mengetahui jam buka dan tutup bank yang akan dikunjungi. 

Selain itu saat melakukan setoran tunai melalui teller akan perlu mengisi berbagai macam data yang kemudian perlu diserahkan. Mengantri layanan juga berbeda, karena tidak perlu menunggu lama jika melakukan setoran tunai dengan menggunakan mesin ATM.

Baca Juga: Daripada Menimbun Uang, Coba 5 Langkah Cara Menabung di Bank!

Cara Setor Tunai BNI 

mesin atm outdoor

Pada umumnya, melakukan setor tunai lumayan mirip di setiap bank, tetapi tidak semua bank menyediakan layanan untuk melakukan transaksi seperti cara setor tunai tanpa kartu. Lalu bagaimana cara setor tunai BNI? melakukan setor tunai di BNI bisa dengan 3 cara, yakni:

  • Cara Setor Tunai BNI Menggunakan Kartu 

Cara setor tunai BNI dengan kartu pada dasarnya mirip dengan melakukan transaksi lainnya di mesin ATM. Berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat melakukan setor tunai BNI.

  1. Pergi ke ATM BNI Setor Tunai terdekat.
  2. Pastikan sudah menyediakan uang tunai dengan nominal yang pas dan telah dicek sebelum pergi ke ATM.
  3. Minimal setor tunai BNI adalah dalam nominal Rp50.000 atau Rp.100.000.
  4. Jika sudah di mesin ATM setor tunai BNI, masukkan kartu ATM.
  5. Pilih bahasa layanan dan ketik PIN untuk mengakses akun.
  6. Pilih opsi untuk melakukan setoran tunai. 
  7. Pilih opsi Rekening Tabungan.
  8. Box ATM akan terbuka, memasukkan uang tunai yang sudah disiapkan. Pastikan kondisi dan posisi uang sudah bagus dan benar untuk mencegah terjadinya kegagalan.
  9. Mesin ATM setor tunai BNI akan menunjukkan nominal tunai yang disetor.
  10. Jika sudah benar pilih opsi ‘setor’ dan tunggu bukti transaksi.

Baca juga : Mesin Setor Tunai Mandiri, Ketahui Cara Menggunakannya!

  • Cara Setor Tunai BNI Tanpa Kartu 

setor duit hitam putih

Meski tidak semua bank menyediakan layanan tanpa kartu, BNI menjadi salah satu bank yang menyediakan nasabah akses tersebut. Hal ini memudahkan nasabah, terutama ketika terlupa untuk membawa kartu atau kehilangan kartu. Salah satu layanan tanpa kartu yang disediakan oleh BNI adalah cara setor tunai BNI tanpa kartu. Mari ketahui langkahnya di bawah ini.

Sebelum menggunakan layanan BNI tanpa kartu, perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa digunakan oleh nasabah BNI yang juga merupakan pengguna BNI Mobile. Hal ini menyebabkan nasabah perlu memiliki aplikasi dan akses masuk ke akun sebelum hendak melakukan setor tunai BNI tanpa menggunakan kartu. 

Berikut ini adalah langkah dari melakukan transaksi setor tunai BNI tanpa memerlukan kartu:

  1. Pastikan sudah memiliki aplikasi BNI Mobile pada Hp.
  2. Buka aplikasi yang telah di download.
  3. Akses ke akun dengan melakukan login dan memasukkan user ID serta PIN. Untuk keamanan akun yang lebih terjaga bisa dengan melakukan sidik jari pada jenis Hp tertentu. 
  4. Jika sudah masuk ke dalam akun nasabah yang dimiliki bisa memilih opsi ‘Mobile Tunai’ yang terletak di bawah menu.
  5. Setelah itu akan muncul dua pilihan, yaitu untuk melakukan transaksi ‘Tarik Tunai’ atau untuk melakukan ‘Setor Tunai. Jika ingin melakukan setor tunai BNI maka pilih opsi setor tunai.
  6. Pilih ‘lanjut’ untuk melanjutkan transaksi.
  7. Tentukan rekening yang ingin dituju, bisa ‘Diri Sendiri’ atau pilih ke rekening ‘Orang Lain’.
  8. Pergi ke langkah selanjutnya dengan menu ‘Lanjut’.
  9. Pilih sumber dana sebelum melanjutkan transaksi.
  10. Pilih ‘Lanjut’.
  11. Pilih tujuan setor, bisa ke ‘Diri Sendiri’ atau ke rekening ‘Orang Lain’.
  12. Pilih opsi ‘Lanjut’.
  13. Pilih rekening untuk menjadi sumber asal dana. 
  14. Jika sudah, pilih ‘Lanjut’.
  15. Kemudian akan timbul halaman validasi yang perlu ditangani untuk melanjutkan transaksi. Pada halaman validasi perlu memuat nomor rekening tujuan, jenis layanan Mobile Tunai ATM BNI dan juga tipe layanan yang disediakan, yaitu setor tunai dan nama rekening tujuan. 
  16. Lanjutkan transaksi dengan memasukkan password transaksi yang telah ditentukan.
  17. Pilih ‘Lanjut’.
  18. Halaman akan menunjukkan status dengan menampilkan 10 digit kode transaksi yang perlu dimasukkan ke ATM dan halaman ini juga memasukkan jenis layanan, nomor rekening dari akun tujuan serta nama pemilik nomor rekening tersebut.
  19. Pastikan bahwa data tersebut benar sebelum melakukan transaksi.

Namun, proses melakukan transaksi cara setor tunai BNI tanpa kartu tidak berhenti disini. Nasabah masih perlu pergi ke mesin ATM BNI setor tunai terdekat. Pada mesin ATM akan ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Pada layar mesin ATM, pilih untuk melakukan ‘Mobile Tunai’.
  2. Klik opsi ‘Setor Tunai’.
  3. Ketik Kode Transaksi yang terdiri dari 10 digit tersebut.
  4. Ikuti langkah yang ditunjukkan layar mesin ATM.
  5. Transaksi selesai.
  6. Cek jika transaksi berhasil.

Baca Juga: Nasabah BRI Merapat, Ini 4 Cara Setor Tunai BRI yang Praktis!

  • Cara Setor Tunai BNI Melalui Teller

Melakukan Setor Tunai BNI melalui teller sudah lama dilakukan sebelum ada mesin ATM setor saja atau mesin ATM setor tunai. Berikut ini adalah cara melakukan setor tunai BNI melalui teller.

  1. Tentunya yang pertama adalah untuk mengunjungi kantor cabang bank BNI dan melengkapi formulir penyetoran yang berwarna biru.
  2. Pastikan untuk mengisi sesuai dengan instruksi, mulai dari nomor rekening tabungan BNI hingga nominal tunai yang ingin disetor. 
  3. Jika informasi yang diminta sudah dilengkapi dan ditandatangani, nasabah bisa mengambil nomor antrian dan menunggu dipanggil oleh petugas teller.
  4. Serahkan slip berisi informasi kepada teller dan uang tunai dengan jumlah yang pas kepada teler. 
  5. Jika proses transaksi sudah selesai, maka petugas teller akan memberikan formulir yang membuktikan bahwa transaksi setoran tunai sudah berhasil.

super easy health

Saat melakukan transaksi setor tunai BNI, pastikan kondisi sudah aman dimana tidak ada orang yang bisa mengambil tunai yang hendak disetor atau mengintip PIN untuk meretas akun. Tidak hanya finansial, kesehatan juga perlu dilindungi. Bisa dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait