Tanggal Kembar

Tanggal kembar adalah promo bulanan yang banyak ditunggu oleh banyak pembeli, terutama pembeli online. Namun, bagaimana promo ini menyebar luas dan perkembangannya digunakan di e – commerce dan marketplace? Yuk, ketahui di bawah ini!

Asal Mula Tanggal Kembar 

Sebenarnya asal mula sejarah tanggal kembar bukan dari Indonesia, lho. Promo tanggal kembar dipopulerkan di Cina dengan memilih tanggal 11 Oktober yang merupakan Hari Jomblo Sedunia yang dipopulerkan oleh mahasiswa Universitas Nanjing di Cina pada tahun 1990-an. 

Dirayakannya promo 11.11 Hari Jomblo Sedunia atau Single Day di Cina adalah dengan harapan para penjual bisa mendukung para jomblo berbelanja dan menikmati promo 11.11. Dengan banyak e – commerce raksasa Cina yang mengaplikasikan metode ini, maka tradisi tanggal kembar semakin tersebar luas dan terkenal di masyarakat luas.

Metode tanggal kembar ini semakin menyebar hingga berbagai negara di dunia dan digunakan oleh banyak e – commerce. Di Indonesia pun juga banyak yang menggunakan metode tanggal kembar di berbagai e – commerce besar. 

Di Indonesia yang mempopulerkan metode ini adalah salah satu marketplace online terbesar pada tanggal 12 Desember tahun 2012 dalam rangka pertama kali merayakan HarBolNas atau Hari Belanja Nasional. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai online shopping.

Beberapa Jenis Promo yang Ada Sekarang

Dengan perkembangan teknologi untuk mempermudah proses belanja serta semakin banyak jenis metode pembayaran, maka semakin banyak jenis promosi yang bisa digunakan untuk menjual barang. Ketahui 8 jenis promosi yang ada sekarang di bawah ini!

  • Diskon Reguler

Diskon reguler adalah diskon paling umum yang digunakan di online shop, marketplace dan e – commerce lainnya. Jenis promo ini menunjukkan perbedaan harga original barang, harga barang tersebut setelah diskon dan persentase dari diskon yang didapatkan. 

Untuk diskon regular umumnya tidak ada kondisi atau syarat yang harus dipenuhi, tetapi harus berhati – hati karena semakin besar diskon yang ditawarkan tidak berarti hasil akhirnya lebih murah jika dibandingkan dengan marketplace lainnya. Karena itu sebelum belanja, lakukan survey harga juga di aplikasi lainnya.

  • Diskon Tematik 

Meski sama – sama menawarkan diskon, perbedaan diskon reguler dan tematik adalah adanya syarat dan ketentuan untuk menggunakan promo. Biasanya diskon tematik akan menggunakan kode voucher, kode promo, kode diskon, kupon dan lainnya. Hal – hal tersebut biasanya terikat dengan syarat seperti status pelanggan (baru atau lama), harga minimal, kuantitas, maksimal diskon, waktu transaksi dan lainnya.

  • Promo Bank / Metode Pembayaran 

Promo ini tergantung dengan bank atau metode pembayaran tertentu dan biasanya disediakan oleh bank atau perusahaan metode pembayaran tersebut lewat marketplace. Biasanya promo ini memerlukan kode voucher. 

  • Cicilan 0% 

Promo ini biasanya berlaku untuk kartu kredit karena memang kartu kredit yang pada umumnya menyediakan fasilitas cicilan sehingga setiap bulan konsumen menerima tagihan kartu kredit dengan harga produk yang dibagi tenor beserta bunga cicilan setiap bulan. Namun, dengan adanya promo cicilan 0%, nasabah tidak harus membayar bunga cicilan.

Baca Juga: Apa itu Autodebet? Yuk, Ketahui 5 Manfaat Melakukan Pembayaran Autodebet.

  • Cashback 

Promo ini banyak dilakukan di metode pembayaran melalui virtual account atau e – payment pada e – commerce. Promo cashback bermanfaat untuk alat pembayaran atau sebagai potongan harga di pembelian selanjutnya. 

  • Gratis Ongkos Kirim

Promo gratis ongkos kirim banyak diterapkan oleh marketplace di Indonesia yang memperbolehkan pembeli untuk tidak membayar ongkos kirim dan hanya produk. Tetapi promo ini biasanya disertai dengan syarat dan ketentuan berupa minimal pembelian, area yang bisa dijangkau, maksimal nominal gratis ongkos kirim dan lain – lain. 

  • Point Reward

Promo ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi pelanggan di situs atau aplikasi e – commerce dengan memberikan poin saat melakukan aktivitas – aktivitas yang ada. Poin kemudian bisa ditukarkan menjadi kupon diskon, voucher belanja dan keuntungan lainnya. 

  • Bonus Produk

Promo ini bertujuan untuk memikat pembeli dengan mendapatkan bonus barang secara gratis dengan syarat membeli produk – produk tertentu.

Demikian penjelasan mengenai promo tanggal kembar yang sudah dipakai oleh banyak e – commerce dan marketplace online. Di bulan Oktober ini, Super You akan mengadakan promo tanggal kembar sale 10.10. Dapatkan extra cashback 90% untuk pembelian proteksi Super Easy Health! Terbatas hanya 1 hari di tanggal 10.10.  Yuk, ketahui syarat dan ketentuan dari Supershocktober10.10 Cashback 90% di bawah ini!

  1. Hanya berlaku untuk pembelian produk Asuransi Kesehatan Super Easy Health Protection
  2. Berlaku untuk metode pembayaran bulanan dan tahunan
  3. Hadiah berupa cashback 90% dari total premi bulanan dan akan diberikan setelah melewati free look period 30 hari.
  4. Maksimal cashback Rp300.000 per pembelian produk
  5. Periode promo berlangsung 1 hari di tanggal 10 Oktober 2022
  6. Berlaku untuk customer yang melakukan check out dan pembayaran di tanggal 10 Oktober 2022
  7. Untuk mendapatkan promo wajib memasukan kode promo SHOCKTOBER10.10
  8. Hanya berlaku untuk pembelian melalui website superyou.co.id

supershocktober

Flash sale pesta cashback tanggal kembar ini akan menjadi promo bulanan, karena itu pastikan untuk catat tanggalnya! Untuk cara memasukan kode voucher di superyou.co.id ketahui lebih lanjut di sini

Artikel Terkait