Tanggal Kembar

Tanggal kembar adalah promo bulanan yang paling ditunggu oleh banyak pembeli, terutama pembeli online. Sesuai namanya, promo ini jatuh setiap tanggal pada bulan itu sama, misalnya 6.6 artinya tanggal enam di bulan keenam. Wah, pasti Teman SUPERjuangan udah nggak asing dengan tanggal kembar!

Tanggal kembar juga punya banyak sebutan lho, seperti twin date atau tanggal cantik. Tanggal kembar atau twin date memang sudah identik dengan shopping day di tanggal kembarPasalnya, setiap kali momen tanggal kembar atau twin date, para penjual serentak memberi diskon yang sangat menggiurkan pembeli.

Table of Contents

Tapi, siapa yang sangka kalau ternyata tanggal kembar atau twin date diciptakan karena para jomblo. Iya, kamu nggak salah baca, karena para jomblo! Lalu, gimana tanggal kembar ini bisa menyebar luas dan perkembangannya digunakan pada e-commerce atau marketplace? Yuk, ketahui fakta uniknya di bawah ini!

Baca juga: 6 Hal Penting untuk Perencanaan Keuangan Pribadi

Asal Mula Tanggal Kembar

Asal mula tanggal kembar sebenarnya bukan dari Indonesia lho. Tanggal kembar pertama kali mulai di Cina dengan memilih tanggal 11 Oktober yang merupakan Hari Jomblo sedunia. Twin date ini dipopulerkan oleh mahasiswa Universitas Nanjing Cina pada tahun 1990-an.

Dirayakannya promo tanggal kembar 11.11 tepat di Hari Jomblo Sedunia atau Single Day di Cina, adalah dengan harapan para penjual bisa mendukung para jomblo berbelanja dan menikmati promo shopping day di tanggal kembar. Dalam promosi tanggal kembar atau twin date tersebut, para penjual memberikan diskon sebesar 50% serta gratis ongkir.

Nggak sampai di situ, banyak e-commerce raksasa Cina yang mengaplikasikan metode ini. Karena adanya shopping day di tanggal kembar, ternyata menjadi strategi penjualan e-commerce saat itu sangat laris. Maka, tradisi promo tanggal kembar atau twin date semakin tersebar luas.

Sudah menjadi tradisi, metode promo tanggal kembar ikut menyebar hingga berbagai negara di dunia. Kemudian, diterapkan oleh banyak e-commerce. Salah satunya Indonesia, yang mana e-commerce besarnya nggak mau ketinggalan. Bahkan, twin date saat ini sudah seperti Hari Belanja Nasional bulanan.

Di Indonesia sendiri, mulai ikut menerapkan metode tanggal kembar pada tanggal 12 Desember 2012. Nah, twin date pertama kali tersebut dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional atau HarBolNas, yang mana untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap online shopping. 

Nah lho, kalau begitu ceritanya, jangan lupa berterima kasih kepada para jomblo. Berkat mereka, ide tanggal kembar ini muncul!

Beberapa Jenis Promo yang Ada Sekarang

Jenis Promo Saat Tanggal Kembar

Dengan perkembangan teknologi yang mempermudah proses belanja serta makin beragamnya jenis metode pembayaran, maka makin banyak juga jenis promosi yang digunakan. Selain itu, shopping day di tanggal kembar atau twin date lebih mudah kita ingat karena memiliki angka yang sama. 

Keunikan ini membuat kita akan lebih mempersiapkan diri untuk berbelanja bukan? Nggak heran lagi beberapa orang bisa kalap belanja, ditambah adanya tren tanggal kembar atau twin date ini. Yuk, ketahui 10 jenis promosi yang biasa ada saat tanggal kembar berikut ini!

  • Diskon Reguler

Diskon reguler pada tanggal kembar adalah diskon paling umum yang digunakan di marketplace atau e-commerce lainnya. Jenis promo ini menunjukkan perbedaan harga original barang, harga barang tersebut setelah diskon, dan persentase dari diskon yang didapatkan. 

Untuk diskon regular twin date umumnya tidak ada kondisi atau syarat yang harus dipenuhi, tetapi harus berhati-hati karena semakin besar diskon yang ditawarkan tidak berarti hasil akhirnya lebih murah jika dibandingkan dengan marketplace lainnya. Karena itu sebelum belanja, lakukan survey harga juga di aplikasi lainnya.

  • Diskon Tematik

Meski sama-sama menawarkan diskon, perbedaan diskon reguler dan tematik adalah adanya syarat dan ketentuan untuk menggunakan promo. Diskon tematik pada tanggal kembar akan menggunakan kode voucher, kode promo, kode diskon, atau kupon. Nah, biasanya terikat dengan syarat seperti status pelanggan (baru atau lama), harga minimal, kuantitas, maksimal diskon, waktu transaksi dan lainnya.

  • Promo Bank / Metode Pembayaran

Promo ini ini pada twin date tergantung pada metode pembayaran tertentu, seperti bank dan e-wallet. Karena itu, promo ini hanya disediakan oleh bank atau perusahaan metode pembayaran tersebut di marketplace. Biasanya promo ini memerlukan kode voucher serta nggak selalu berupa potongan harga, bisa juga cashback atau cicilan lho.

Baca juga: 5 Manfaat Melakukan Pembayaran Autodebet!

  • Cicilan 0%

Promo ini berlaku untuk kartu kredit, mengingat kartu kredit yang pada umumnya menyediakan fasilitas cicilan. Maka, setiap bulan konsumen menerima tagihan kartu kredit dengan harga produk yang dibagi tenor beserta bunga cicilan setiap bulannya. Namun, dengan adanya promo cicilan 0% pada tanggal kembar, nasabah tidak harus membayar bunga cicilan lagi.

  • Cashback

Promo ini banyak dilakukan pada metode pembayaran melalui virtual account atau e-payment, seperti dompet digital pada e-commerce. Cara kerja promo cashback shopping day di tanggal kembar adalah kamu akan menerima uang setelah berhasil menyelesaikan pembayaran. Nah, promo cashback tersebut bermanfaat untuk alat pembayaran atau sebagai potongan harga di pembelian selanjutnya.

  • Gratis Ongkos Kirim

Promo gratis ongkos kirim tiap shopping day di tanggal kembar banyak diterapkan oleh marketplace di Indonesia, yang mana memperbolehkan pembeli untuk tidak membayar ongkos kirim dan hanya produk. Tetapi, promo ini biasanya disertai dengan syarat dan ketentuan berupa minimal pembelian, area yang bisa dijangkau, maksimal nominal gratis ongkos kirim, dan lain-lain.

  • Point Reward

Promo point reward pada tanggal kembar bertujuan untuk meningkatkan interaksi pelanggan di situs atau aplikasi e-commerce dengan memberikan poin saat melakukan aktivitas-aktivitas yang ada. Poin tersebut kemudian bisa ditukarkan menjadi kupon diskon, voucher belanja, dan keuntungan lainnya.

  • Bonus Produk

Promo ini pada twin date bertujuan untuk memikat pembeli dengan mendapatkan bonus barang secara gratis dengan syarat membeli produk-produk tertentu. Promo ini juga dinilai sangat menyenangkan karena bisa mendapatkan produk lain secara cuma-cuma, meski biasanya berbentuk mini size. Tapi, sesekali coba nggak jadi masalah bukan?

  • Bundling Produk

Promo bundling artinya penjualan produk yang digabungkan dengan satu harga. Promo ini pada tanggal kembar dinilai cukup menguntungkan, bukan hanya bagi kita sebagai pembeli. Kita bisa membeli beberapa produk sekaligus dengan harga yang lebih murah, menghemat waktu, dan nggak kalah penting bayar ongkos kirim cuma sekali aja. Sementara, bagi penjual lebih mudah dalam pendistribusian.

  • Flash Sale

Meski merupakan jenis promosi yang baru, ternyata flash sale pada twin date sangat diminati lho. Promosi ini menawarkan barang dengan harga diskon yang sangat besar, tapi terbatas dalam waktu yang singkat. Pada e-commerce sendiri, biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari, jam, bahkan menit aja karena antusiasme konsumen, terutama saat shopping day di tanggal kembar.

Tips Shopping Day di Tanggal Kembar

Tips Shopping Day di Tanggal Kembar

Promosi tanggal kembar merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu, di mana ajang untuk mendapatkan diskon besar-besaran dari semua marketplace yang ada di Indonesia. Wah, menjelang tradisi tanggal kembar yang sebentar lagi, kamu perlu mempersiapkan diri nih, Teman SUPERjuangan.

Nah, supaya kamu nggak fomo saat promo tanggal kembar, yuk ikuti beberapa tips bijak berbelanja berikut ini!

  • Susun dan prioritaskan kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu lakukan menjelang shopping day di tanggal kembar adalah mencatat kebutuhan yang ingin kita beli di marketplace atau e-commerce dan buat anggarannya. Jangan hanya karena tergoda diskon, kita malah membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Baca juga: Ini Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan, Beserta Contohnya!

  • Hitung besaran diskon dan promosi

Dengan harga pembelian barang yang kita inginkan, apakah diskon dan promosi twin date tersebut beneran bisa untung atau justru buntung? Nah, ini yang perlu kita perhatikan, sebaiknya hitung kembali berapa besaran diskon dan promosi yang akan kita dapatkan.

  • Lakukan riset kecil-kecilan

Biasanya sebelum tanggal kembar, banyak toko yang juga sudah melakukan diskon dan promosi menarik. Supaya makin hemat, kita bisa bandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Kita bisa cek marketplace atau toko-toko online mana saja yang sedang menggelar promo twin date.

  • Jangan lupa cek waktu promosi

Tips shopping day di tanggal kembar yang terakhir, yaitu cek dan catat waktu promosinya agar tidak kelewatan. Kalau sampai lupa, belum tentu kan ada diskon dan promosi twin date menarik seperti ini? Kita juga bisa pantau media sosial e-commerce, brand, atau marketplace tersebut untuk selalu update.

asuransi rawat jalan

Itu dia mengenai promo tanggal kembar atau twin date! Nah, spesial di bulan Juni ini, Super You juga mengadakan tanggal kembar SIXASIX 6.6 sale. Dapatkan ekstra cashback 90% untuk pembelian proteksi Super Easy Health. Terbatas hanya satu hari aja di tanggal 6 Juni 2023! Yuk, ketahui juga syarat dan ketentuan yang berlaku di bawah ini.

  • Hadiah berupa CASHBACK 90% dari total premi bulanan dengan maksimal Rp300,000 dan akan diberikan setelah melewati free look period 30 hari dalam bentuk potongan harga perpanjangan polis di bulan ketiga.
  • Hanya berlaku untuk pembelian produk asuransi kesehatan Super Easy Health Protection melalui Gopay & Kartu Kredit
  • Berlaku untuk pembelian premi bulanan dan tahunan
  • Periode promo berlangsung 1 hari di tanggal 6 Juni 2023
  • Untuk mendapatkan promo wajib memasukan kode voucher SIXASIX6.6 pada halaman pembayaran
  • Terbatas untuk 400 orang pertama
  • Hanya berlaku untuk pembelian melalui website superyou.co.id

Artikel Terkait