sincia 2021

Menyambut Tahun Baru Cina/Imlek tahun ini pasti banyak dong persiapannya. Berhubung lagi pandemi, jadi lebih intimate dan low-budget karena hanya berkumpul dengan keluarga besar. Tapi meski terbilang ekonomis, tetap ada persiapan biaya yang perlu dianggarkan agar tetap terkendali lho.

 

Tips untuk Mempersiapkan Keuangan Imlek 2021

 

#1 Pencatatan Keuangan

Back to basic, untuk melakukan persiapan budgeting pengeluaran keuangan Imlek 2021, kita perlu mendaftarkan berbagai keperluan yang harus kita beli, misalnya untuk makanan, bingkisan, pernak-pernik dan lain sebagainya. Tips untuk membuat budgeting bisa Anda cek pada artikel Tips Membuat Anggaran Dengan Mudah dan Efektif.  

#2 Makanan Tradisi Imlek

Dari segi makanan, karena perayaan tahun ini lebih simpel, Anda bisa membeli makanan tradisi Imlek dalam porsi yang lebih sedikit. Bisa dari pre-order, sehingga dari jauh hari bisa dipersiapkan dan menekan budget tentunya. Jangan lupa untuk manfaatkan promo yang ada ya.

Selain itu, masakan rumah juga pastinya bikin budget makin sedikit pastinya. Daftar makanan atau kue yang wajib ada saat perayaan imlek bisa Anda cek pada artikel 7 Kue Imlek dan Maknanya yang Membawa Kemakmuran.

 

#3 Angpao

Berbicara soal angpao, ini adalah sesuatu yang biasanya juga akan membuat pengeluaran setiap tahunnya membengkak. Karena tahun ini lebih sederhana, mungkin tradisi berbagi angpao bisa dilakukan untuk lingkup keluarga internal, jadi bisa save more deh. Tips bagi Anda yang akan membagikan angpao dengan saudara yuk cek artikel mengenai Fakta Angpao.

Yuk Investasikan Angpao Kamu di Asuransi Online
Premi Mulai dari Rp 30 ribu per Bulan

Pos Pengeluaran Imlek Yang Membengkak

Sobat Finansialku, meskipun budget tahun ini ditekan, tapi bagi Anda yang akan merayakan Imlek 2021 perlu menyadari beberapa pos pengeluaran yang bisa saja membengkak, apa saja?

#1 Makanan

Makan memang salah satu tradisi imlek. Tapi, tahukah Anda bahwa pos pengeluaran untuk makan saat perayaan Imlek bisa jadi salah satu hal yang membuat kantong tipis?

#2 Baju Baru

Tahun Baru identik dengan sesuatu yang baru. Daripada beli baju baru, lebih baik jahit ulang baju-baju lama yang masih bagus.

#3 Tradisi Angpao

Memberi angpao adalah sebuah tradisi turun temurun yang memiliki makna untuk memberikan keberuntungan atau berkat bagi yang menerima, dan semakin banyak memberi, pemberi pun akan semakin mendapat berkat. Ini nih yang bikin budget bengkak, ya kan?

 

Dilema Tradisi Memberi Angpao di Masa Pandemi

Meski nampaknya sebuah dilema, namun tradisi bagi angpao bisa disiasati dengan mengutamakan keluarga inti. Anda bisa mengurangi nominal angpao dengan tetap menjunjung tinggi nilai moral keluhuran.

Perayaan imlek memang identik dengan pemberian angpao. Dikarenakan tahun ini masih pandemi, kamu bisa memanfaatkan m-banking atau aplikasi keuangan digital yang menyediakan fitur bagi-bagi angpao.

 

Gong Xi Fat Cai, teman-teman Superyou!

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya