tips menabung

Hidup tanpa cadangan uang sama sekali, dijamin sulit menikmati hidup secara maksimal lho. That’s why kamu butuh menabung.

Apa sih tujuan menabung? Bagaimana sih tips menabung? Dengan menabung, Kamu bisa keliling dunia, menikah, berbisnis, memiliki jaminan pensiun, atau hal lainnya.

 

So, sudah punya tujuan? Oke, kita lanjut ke 5 Tips Menabung dan Cara Menabung yang benar!

1. Tetapkan Rencana Menabung

tetapkan rencana tabungan

sumber : freepik

Tips menabung yang pertama selalu rencanakan tabunganmu. Punya banyak tujuan namun kalau gak didukung dengan tabungan yang cukup buat apa? Maka dari itu, rencanakan tabungan kamu. Kamu harus memiliki target yang jelas dan cara untuk merealisasikannya.

Untuk kamu yang masih pemula dan baru membiasakan diri untuk cara menabung ini dia langkah yang bisa kamu coba!

  • Cari tau harga pasaran. Contohnya jika tujuan kamu untuk dana pensiun. Kamu harus membuat rencana tabungan bulanan.

  • Tetapkan deadline dan hitung inflasinya. Contohnya ingin membeli rumah 5 tahun lagi, jangan lupa hitung juga kenaikan biaya properti 5 tahun mendatang

  • Berkomitmen menabung setiap bulan. Maksudnya adalah dari total pendapatan kamu sebaiknya kamu bisa menyisihkan uang untuk target kamu.

2. Stick to the Budget

stick to the budget

sumber : freepik

Tips menabung selanjutnya adalah atur keuanganmu. Mau nongkrong di kafe elite atau sisihkan uang untuk tabungan? Rasanya sulit ya stick to the budget atau tetap mengikuti rencana tabungan. Ini dia tipsnya!

  • Lakukan savings challenge. Misalnya kamu bisa menyisihkan 50% dari gaji kamu.

  • Ingatkan diri akan tujuan keuangan kamu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan note di wallpaper handphone atau wall-sticky notes.

Baca Juga : Wajib Coba 5 Jenis Investasi Bagi Pemula

 

3. Batasi atau Kurangi Pengeluaran

batasi pengeluaran

sumber : freepik

Tips Menabung selanjutnya adalah batasi dan kurangan pengeluaran. Bagi kamu yang punya gaji mepet ada dua kunci utama untuk mengurangi pengeluaran. Pertama rajin mencatat pengeluaran. Kedua, mampu membedakan kebutuhan dan keinginan. Caranya adalah kurangi frekuensi belanja secara bertahap, kurangi jajan keluar, dan beli barang disaat yang tepat.

Lindungi Diri Dengan Asuransi Yang Tepat.
Premi Mulai Rp.28.500 Yakin Gak Mau?

4. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

sumber pendapatan

sumber : freepik

Ingin capai target yang tinggi pasti butuh income yang banyak? Ini tips menabung buat kamu. Kamu bisa menemukan berbagai cara mendapatkan uang bahkan dari Internet. Misalnya jadi freelancer penulis, fotografi, desain grafis, atau yang lainnya. Cara lain adalah menjual barang-barang yang sudah tidak kamu pakai namun masih layak digunakan. Sering dengar preloved? Ya dengan cara ini bisa menambah income kamu. Bisa di e-commerce atau instagram. Mudah bukan? Terakhir adalah dengan investasi di pasar uang atau obligasi. Lumayan lho.

Baca Juga : 5 Jenis Usaha Dari Rumah dengan Modal Kecil

5. Buat Rencana Cadangan

strategic planning

sumber : freepik

Tips menabung selanjutnya, selain membuat rencana kamu harus memperhitungkan risiko. Karena siapa pun bisa lho terkena risiko finansial. Pertama adalah menyiapkan dana darurat yang memang dipakai pada saat darurat. Kedua adalah memiliki asuransi. Banyak kok asuransi yang terjangkau. Jadi jangan khawatir kamu akan bayar premi mahal setiap bulannya. Kamu bisa pilih plan yang sesuai kebutuhan kamu.

Itu lah tips menabung dan cara menabung dengan cepat yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuanganmu. Di Super You, mulai dari Rp30ribu-an per bulan kamu sudah terlindungi. Pastikan kamu mengecek polis asuransi supaya sesuai ya. Misalnya kamu butuh asuransi jiwa, nah klik banner dibawah ini dan pilih plan kamu!

Artikel Terkait