unit link

Investasi memiliki ragam jenis yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Salah satu investasi yang layak untuk dipertimbangkan adalah Unit. Link. Layanan ini akan memberikan banyak manfaat untuk Kamu dan keluarga. Apakah unit link ini? 

 

Pengertian Unit Link

Layanan atau produk asuransi dengan penawaran 2 keuntungan berupa perlindungan asuransi untuk kejadian tidak terduga dan investasi penambah aset. Produk ini sangat layak Kamu pilih untuk perlindungan di masa depan,

 

Karakteristik Unit Link

1. Biaya asuransi meningkat

Tagihan atau premi penggunaan unit link ini mengharuskan nasabah membayar setiap bulan dengan nominal yang sama. Sebagai contoh, Kamu membayar premi 1 juta per bulan dan ada selisih biaya, Maka, selisih biaya akan ditangguhkan kepada Kamu. 

 

2. Ada biaya tambahan

Unit link yang Kamu gunakan pasti dikenakan biaya tambahan. Biaya ini terbilang cukup besar karena uang yang disetorkan akan dikelola perusahaan dan Kamu wajib membayar biaya pengeloaan tersebut.

 

3. Cuti premi mengurangi investasi

Ketika para agen unit link menawarkan produknya, mereka pasti menawarkan layanan cuti premi Namun, tahukah Kamu jika cuti ini akan mengurangi nilai investasi? Jika sudah memilih produk investasi ini, pastikan untuk membayarnya secara rutin tanpa harus mengambil cuti.

 

4. Ragam Investasi terbatas

Pilihan investasi untuk unit link ternyata terbatas oleh jenis tertentu. Kamu tidak bisa mengganti jenis investasi berulang kali. Pihak perusahaan akan membolehkan dan memberikan biaya gratis untuk 2x penggantian jenis investasi.

 

Baca Juga : Tips Jitu Investasi Reksadana

 

5. Pengurangan manfaat karena unapplied

Pengurangan manfaat investasi asuransi bisa disebabkan karena unapplied. Hal ini terjadi jika terjadi unapplied premium, yang mana premi diinvestasikan ke nilai polis. Persentasi polis yang diinvestasikan maksimal 80%. 

 

6. Asuransi bergantung dari investasi

Karakter dari unit link yang wajib Kamu ketahui adalah proteksi yang didapatkan nasabah tergantung dari jumlah investasi yang dipilih. Ketika pembayaran premi, uang tersebut akan dibagi ke 2 kantong yakni kantong investasi dan kantong proteksi. 

 

7. Nilai investasi tahun pertama nihil

Kamu harus memahami jika melakukan investasi asuransi melalui unit link tidak akan mendapatkan nilai di tahun pertama. Maksudnya, Kamu tidak memiliki hasil investasi selama 12 bulan saat awal pembayaran.

Mengapa demikian? Perusahaan akan menggunakan pembayaran premi pertama Kamu sebanyak 70% untuk diinvestasikan. Sisanya sebanyak 30% akan dialokasikan untuk komisi para agen asuransi. Kondisi ini bisa berlangsung hingga 5 tahun tergantung perusahaan masing-masing.

 

Baca Juga : Mau Investasi Bitcoin? Ketahui 5 Fakta Ini

 

Keterbatasan Unit Link

  • Unit link pasar uang, seluruh dana kamu ditempatkan di instrumen pasar uang.
  • Unit link pendapatan tetap, dana investasi setidaknya 80 persen ada di surat utang atau obligasi, dan sisanya di pasar uang
  • Unit link campuran, dana investasi ditempatkan beragam di saham, obligasi, dan pasar uang
  • Unit link saham, dana investasi setidaknya ada 80 persen di portofolio saham

 

Kelebihan Unit Link

  • Adanya proteksi tambahan
  • Premi gak hangus seperti asuransi jiwa
  • Masa asuransi yang panjang bisa berusia 75, 80, atau seumur hidup
  • Terdapat juga manfaat ganda
  • Bisa cuti premi

 

Kekurangan Unik Link

  • Ada banyak biaya yang dibebankan seperti administrasi, alokasi premi, dan biaya pengelolaan investasi
  • Premi mahal karena harus membeli produk investasi
  • Bukan berarti selalu untung. Kondisi ekonomi jadi salah satu faktor pergerakan nilai investasi lho

 

Biaya Potongan Unit Link

Unit link memberlakukan biaya potongan atau administrasi, penempatan investasi dan beberapa biaya lain. Besarnya biaya potongan tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi. Potongan paling besar mencapai 3% per tahun untuk biaya pengelolaan investasi saja.

Untuk biaya keseluruhan, Investasi Kamu bisa dikenakan potongan hingga 10% per tahun. Biaya tersebut terbilang cukup tinggi, tetapi manfaat yang Kamu dapatkan juga besar. Apakah Kamu tetap mulih unit link?

 

Investasi Pilihan di Unit Link

Pilihan jenis investasi yang bisa digunakan dan banyak diminati masyarakat di Indonesia adalah:

1. Saham

Merupakan sebuah bukti milik atas perusahaan tertentu. Investasi saham dikelola dan diperjualbelikan di bursa efek secara resmi. 

2. Obligasi 

Merupakan sertifikat atau surat berharga yang dibuat dari perjanjian 2 pihak antara perusahaan dan peminjam dana.

3. Deposito

Merupakan tempat penyimpanan uang pada rekening bank. Deposito ini memiliki jangka waktu pengambilan tertentu, sehingga pencairan dana bisa dilakukan ketika jatuh tempo.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya