usaha yang menjanjikan

Banyak orang yang ingin mempunyai usaha yang menjanjikan dalam segi keuntungan dan jangka panjang. Terlebih dalam kondisi masa kini, dimana pandemi Covid-19  memberikan dampak buruk bagi perekonomian berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia juga harus kehilangan pekerjaan karena di PHK. Tentunya situasi ini juga menyebabkan menyempitnya lahan pekerjaan baru. Maka dari itu, memiliki bisnis atau usaha sendiri akan membantu untuk tetap bertahan hidup di dalam situasi saat ini. 

Dalam menjalankan bisnis tentu memerlukan perencanaan yang tepat. Diawali dari menentukan bisnis atau usaha apa yg ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha tersebut dan tidak lupa untuk menyesuaikan dengan kemampuan dan passion dalam menjalankan usaha tersebut.

Artikel ini akan membagikan berbagai peluang usaha yang menjanjikan yang bisa dijadikan sebagai referensi, bahkan bagi pemula yang baru akan terjun dalam dunia bisnis. Kira-kira apa saja, berikut ulasannya.

1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan usaha yang menjanjikan tanpa memerlukan modal sepeserpun. Cara kerja usaha ini adalah mempromosikan produk dari berbagai pihak penjual. Ketika orang lain membeli produk yang dipromosikan dengan menggunakan kode referal yang sudah ditentukan, maka komisi akan didapatkan sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati.

2. Dropshipper

Menjadi dropshipper juga termasuk usaha yang menjanjikan tanpa memerlukan modal. Untuk mendapatkan keuntungan dari sistem dropship ini diperoleh dari penjualan produk pihak lain yang harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu. Usaha ini tidak perlu menyetok barang karena pihak lain sebagai penjual yang akan mengirimkan produk ke konsumen.

3. Reseller

Mirip dengan dropship, reseller juga bertugas untuk menjual berbagai jenis produk dari pihak lain. Namun berbeda dengan dropship, menjadi reseller memerlukan modal karena harus membeli barang terlebih dahulu dari pihak lain dengan harga yang pastinya lebih murah.

4. Bisnis Toko Online

Bisnis ini sangat populer dikalangan masyarakat, terlebih banyaknya market place dan media sosial saat ini yang dapat digunakan sebagai sarana pemasaran yang mudah digunakan. Dibanding dengan membuka toko offline, toko online tidak memerlukan modal besar untuk sewa tempat. 

Bisnis toko online adalah usaha yang menjanjikan karena peluangnya sangat besar, kamu dapat menjual berbagai macam produk kamu secara online tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan konsumen dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Yuk, baca juga 7 cara bisnis online dari nol.

5. Kuliner

Produk kuliner atau makanan dan minuman adalah usaha makanan yang menjanjikan dan besar potensinya karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Banyak jenis makanan dan minuman yang dapat kamu tawarkan, baik makanan ringan, lauk-pauk hingga minuman. 

Bisnis ini tidak selalu membutuhkan modal besar, bisa dijalankan seperti bisnis rumahan. Usaha yang menjanjikan ini dapat dipasarkan juga melalui online di berbagai platform yg banyak tersedia saat ini untuk mempermudah pembeli tanpa harus ke tempat penjual dan dapat mempengaruhi besarnya pendapatan.

Kunci dari usaha ini adalah kualitas dan keunikan dari produk hingga packaging produk kuliner kamu.

 

Baca Juga :

 

6. Franchise

Franchise atau bisa disebut bisnis waralaba adalah bisnis kemitraan. Cara kerjanya adalah bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah terkenal yang tentunya relatif lebih mudah dan cepat untuk mendatangkan pembeli. Potensi dari usaha ini menjanjikan dan sudah berkembang khususnya dalam bisnis makanan.

7. Membuka Kursus Online

Kursus online bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan tanpa memerlukan modal dana. Jika memiliki keahlian tertentu contohnya keahlian bahasa atau mata pelajaran lainnya bahkan, hal ini bisa menjadi modal utama untuk membuka kursus online yang menawarkan pelajaran umum atau keterampilan lainnya.

8. Bisnis Menjahit Pakaian

Memiliki keahlian menjahit? Jasa menjahit adalah usaha yang menjanjikan melihat saat ini bisnis fashion di Indonesia semakin berkembang. Kamu dapat menciptakan dan membuat berbagai produk fashion yang dibutuhkan masyarakat.

9. Bisnis Sewa Pakaian

Banyak event di Indonesia seperti perayaan peringatan akan hari besar tertentu, contoh: Hari Kartini, 17 Agustus hingga event perayaan pesta yang kerap mewajibkan untuk mengenakan dresscode yang sudah ditentukan. Event-event ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan cara menyewakan pakaian-pakaian atau dresscode tertentu.

10. Bisnis Sewa Mobil

Bisnis ini sudah banyak ditemui di berbagai kota. Tentu bisnis ini memerlukan modal dana yang tidak sedikit. Namun, dengan adanya minat masyarakat untuk bepergian lumayan tinggi begitupun kantor atau perusahaan ada yang memerlukan sewa mobil untuk dinas. Bisnis ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan, dengan memberikan pelayanan yang terbaik seperti kelayakan dan kebersihan kendaraan.

asuransi jiwa

11. Event Organizer

Perayaan seperti ulang tahun, pernikahan dan acara-acara lainnya biasanya memerlukan dekorasi dan rangkaian acara agar lebih indah dan lancar. Bisnis ini menjadi usaha yang menjanjikan karena banyak orang yang sangat mementingkan keestetikan, kerapihan dan kelancaran sebuah acara yang sedang diadakan.

12. Make Up Artist

Tidak hanya dekorasi dan rangkaian acara yang baik diinginkan oleh pemilik acara. Mereka juga ingin tampil cantik dan menarik di acara yang mereka adakan, contohnya pengantin dan keluarganya. Bahkan tamu-tamu undangan acara pun banyak yang ingin menggunakan jasa Make Up Artist agar tampil cantik dan menarik. Jadi, jasa Make Up Artist adalah usaha yang menjanjikan juga.

13. Katering

Selain Event Organizer dan Make Up Artist, tidak lupa makanan dan minuman yang tersedia di acara-acara disediakan oleh pebisnis Katering. Bisnis Katering tidak hanya berkembang di acara-acara perayaan, namun untuk perorangan juga sudah banyak berkembang seperti Katering makan sehat atau makanan diet.

14. Bisnis Laundry Baju

Bisnis Laundry bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan, apalagi di area-area tertentu. Contohnya area yang terdapat banyak kost mahasiswa hingga karyawan. Biasanya penghun kost lebih memilih laundry karena lebih praktis dan harga terjangkau. Bisnis ini memang memerlukan biaya yang cukup besar  tergantung seberapa besar bisnis laundry yang akan dibangun. Namun, bisnis ini akan cepat berkembang cepat jika memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.

15. Bisnis Cuci Sepatu

Tidak hanya bisnis laundry baju yang berkembang, bisnis cuci sepatu juga semakin berkembang di zaman sekarang ini. Dengan adanya jasa yg disediakan cuci sepatu, sangat memudahkan pelanggan untuk memiliki sepatu yang lebih bersih dibanding dicuci sendiri. Berbeda dengan bisnis laundry baju, bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak.

16. Membuat Website

Usaha yang menjanjikan yang dapat dilakukan di rumah dan tanpa modal besat adalah Jasa pembuatan Website. Jika kamu seorang web developer atau memiliki keahlian di bidang tersebut, kamu dapat menjual keahlian kamu dengan membuat Website untuk berbagai kepentingan seperti website toko, website kursus dan lain-lain. Usaha ini keuntungannya cukup besar dikarenakan pembuatan website ini cukup rumit.

17. Social Media Management

Berkembangnya social media saat ini banyak digunakan untuk menghasilkan uang. Banyak sekali orang menggunakan social media sebagai sarana untuk menjual hingga memasarkan berbagai produk maupun jasa. Namun, penggunaan social media tidak mudah untuk bisa mendapatkan hasil atau engagement dari pengguna lainnya. Maka dari itu, diperlukan orang yang mampu menjaga dan meningkat efektivitas social media untuk mencapai target yang diinginkan.

18. Content Writer 

Content Writer atau Penulis Konten online sangat dibutuhkan untuk membuat konten di dalam website. Jika Website sudah dibuat oleh Web Developer, untuk mengembangkan isi konten dari website biasanya dilakukan oleh Content Writer. Menjadi Content Writer tidak memerlukan modal sama sekali, yang diperlukan hanyalah keahlian dalam Jurnalistik.

19. Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan berbahasa asing sangat membantu untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Jasa ini bisa dilakukan di rumah dan tanpa modal. Bisnis ini bisa dijadikan usaha yang menjanjikan dan bisa dikerjakan secara paruh waktu bahkan secara penuh (full time).

20. Agen Asuransi Online

Di masa-masa pandemi saat ini, jaminan kesehatan sangatlah diperlukan. Kita tidak pernah tahu kapan kita akan terserang penyakit, terinfeksi virus bahkan mengalami kecelakaan. Biaya Perawatan Rumah Sakit tidaklah murah, untuk itu memiliki asuransi sangat menguntungkan bagi masyarakat. Menjadi Agen Asuransi juga bisa menjadi usaha yang menjanjikan terlebih dalam kondisi pandemi saat ini, akan membantu dan menguntungkan banyak orang.

Jika kamu ingin mendapatkan asuransi online, kamu bisa langsung ke situs Super You. Berbagai jenis asuransi online dengan premi mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan, kamu bisa membeli produk asuransi online seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, dan asuransi lainnya.

asuransi digital

Itulah berbagai jenis usaha yang menjanjikan yang dapat kamu jadikan referensi. Dalam menjalankan usaha, kamu dapat memulainya dari hal yang kamu sukai atau sesuai dengan passion kamu. Namun, ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan sebelum memilih usaha yang akan kamu buka, yaitu: pelajari potensi pasar dari usaha tersebut dan jaga konsistensi semangat dan kerja keras kamu. Kamu juga dapat memanfaatkan teknologi yang saat ini semakin canggih untuk membantu meningkatkan penghasilan usaha kamu.

Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya