Saya bisa membantu kamu mendapatkan perlindungan super yang sesuai dengan kamu 😄

Lihat Rekomendasi
Blog Lifestyle

5 Langkah Mempersiapkan Diri Sebelum Berkendara Motor ala Isa Bajaj

By SuperYou, 27 November 2019
Menurut World Health Organization Status Report on Road Safety (Laporan Status tentang Keamanan Berkendara dari WHO), kecelakaan masih menjadi masalah yang cukup signifikan di dunia. Terhitung ada lebih dari 1,25 juta orang korban meninggal dan lebih dari 50 juta orang terluka di seluruh dunia dikarenakan kecelakaan lalu lintas. 

Dari data seluruh dunia tersebut, 90% terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Lalu menurut Data Kepolisian Republik Indonesia, sekitar tiga orang meninggal setiap jam karena kecelakaan lalu lintas.

Lantas bagaimana? Langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh untuk bisa mengamankan diri saat berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan? Tim Super You sempat berbicara dengan Isa Bajaj mengenai hal ini. 
Isa Bajaj, aktor dan pelawak anggota Trio Bajaj ini dikenal sering melakukan touring menggunakan motor bersama komunitas Motorbaik Indonesia. Baru-baru ini, ia touring dengan jarak sekitar 1.200 km dari Maumere hingga perbatasan Flores di Nusa Tenggara Timur. 

Menurut Isa, kegiatan touring ini bukan hal yang melulu aman dan ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu agar bisa berkendara dan traveling lebih aman. Berikut lima hal yang perlu kamu lakukan agar dapat meminimalisir tingkat kecelakaan saat berkendara jarak jauh

  1. Cek Kondisi Motor

“Persiapan yang biasanya saya lakukan antara lain dengan melakukan pengecekan kondisi motor seperti mengecek kondisi mesin, ban, radiator,rantai, gir, dan lainnya.” Ujar Isa.

Banyak hal tak terduga yang bisa terjadi dalam perjalanan. Sebelum mulai berkendara, cek motor kamu dahulu agar kamu bisa aman sampai tujuan. Belum tentu ada bengkel yang bisa membetulkan motormu ketika kamu melakukan kegiatan touring atau traveling jarak jauh. Jadi lebih baik mengamankan kendaraan daripada mendorong motor di tengah jalan hingga bengkel terdekat.

2. Persiapan Kondisi Fisik dan Mental

Isa juga mengatakan bahwa kita harus memastikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh bahwa kondisi tubuh sedang bugar dan kita juga sedang dalam mood yang baik. Jika fisik bugar tetapi kondisi mental kurang baik, bisa-bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bila ada pengemudi lain yang sembrono dan kita terpancing. Jika kondisi mental sedang baik tetapi fisik kurang bugar, ada kemungkinan kita tidak cukup siap untuk melakukan manuver yang diperlukan ketika ada bahaya di perjalanan.

3. Istirahat Cukup

Menurut Isa, salah satu hal penting yang ia lakukan sebelum melakukan touring adalah memperbanyak istirahat. Istirahat yang cukup tentu saja meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan dan memastikan bahwa fisik dan mental kita bekerja berkesinambungan dengan baik. 

Isa Bajaj

4. Safety Riding

“Selain perlunya persiapan kesehatan fisik dan kondisi kendaraan yang kondusif, hal terpenting lainnya adalah selama touring saya dan rekan-rekan selalu menerapkan safety riding dengan menaati semua tata tertib berlalu lintas agar terhindar dari risiko kecelakaan.” kata Isa. 

Menaati peraturan lalu lintas, tidak memotong jalan, menyetir dengan perlahan ketika diperlukan itu juga tak kalah pentingnya. Menjaga jarak aman, sebagai contoh memberikan jalan ke orang lain dengan mementingkan keselamatan ketika berkendara juga merupakan salah satu cara agar dapat terhindar dari risiko kecelakaan.

Menggunakan perangkat keselamatan seperti helm, jaket, dan sarung tangan juga dapat menjadi penyelamat ketika berkendara. Kemudian membawa SIM dan STNK yang berlaku merupakan hal yang perlu diingat pula ketika sedang touring.

5. Perlindungan Khusus Asuransi Kecelakaan

“Hidup ini berisiko, saat touring maupun tidak sedang touring. Kalau kita sedang di jalan raya itu pasti ada risiko. Untuk itu, saya melengkapi diri dengan perlindungan asuransi jiwa. Ini cara saya menenangkan keluarga dan meminimalisir risiko yang berpotensi terjadi selama touring.” menurut Isa. 

Asuransi merupakan perlindungan pertama yang bisa mengangkat kekuatiran kamu saat melakukan aktivitas touring sehingga kamu bisa bepergian tanpa rasa takut!

Super You by Sequis Online menyediakan produk asuransi kecelakaan diri seperti Super Safe Protection yang bisa dimiliki dengan premi yang terjangkau, mulai dari Rp36.500. Buat kamu yang sehari-hari naik motor juga bisa menambahkan rider Super Motor Protection yang akan memberikan kamu perlindungan ketika berkendara. 

Super Safe Protection

Kedua produk asuransi diatas akan melindungi baik pengemudi, penumpang, maupun pejalan kaki sehingga kamu tidak perlu kuatir karena kamu bisa mendapatkan uang pertanggungan sebesar 300 juta dan perlindungan medis.

Dengan lima langkah di atas, kamu bisa meneruskan hobimu dengan tenang dan bersenang-senang di perjalanan tanpa rasa takut ataupun kuatir! Sekarang, mau touring kemana ya?

PRODUK LAINNYA

Perlindungan Super Menarik Lainnya

Super Life Protection

Asuransi Jiwa


Mulai dari

Rp 33.000

/ bulan

Asuransi jiwa yang memberikan kamu manfaat perlindungan finansial untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat dari hal tak terduga

Super Safe Protection

Asuransi Kecelakanan


Mulai dari

Rp 28.000

/ bulan

Asuransi yang jadikan kamu semakin kuat dalam mempersiapkan diri dengan manfaat perlindungan dari penyakit kritis

BLOG

Inspirasi Super Kamu