Saya bisa membantu kamu mendapatkan perlindungan super yang sesuai dengan kamu 😄

Lihat Rekomendasi

Jaga Kesehatan Di Rumah Dengan 7 Cara Efektif Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

By Super You , 20 March 2020
Mungkin beberapa hari ini kamu sudah di rumah saja, atau kamu sedang mempersiapkan untuk work from home demi mencegah wabah Corona. Apa pun kasusnya, hal yang paling utama yang mungkin mudah untuk terlupakan adalah untuk tetap menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk langsung saja bahas 7 cara efektif berikut!

1. Jaga berat badan

Berdiam di rumah saja bisa membuat kita tergoda dengan berbagai camilan yang mungkin bersarang di kulkas. Atau di satu sisi, mungkin kamu akan merasa lebih malas untuk memasak atau sekedar memesan makanan karena sibuk bekerja di rumah. Karena itu penting sekali bagi kita untuk memonitor berat badan ideal.

Berat badan ideal, kamu pun aman!

Bagaimana cara tahu berat badan ideal?

Pertama kamu harus tahu berapa berat badan kamu dan apakah mereka proporsional dengan tinggimu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan perhitungan berat badan ideal dengan body mass index (atau disebut juga BMI). Dengan kalkulasi BMI, kamu bisa tahu apakah kamu sudah mencapai berat badan ideal, kekurangan berat badan (underweight), kelebihan berat badan (overweight), atau bahkan sudah obesitas.

Kenapa harus tahu berat badan ideal?

BMI bisa menjadi tolak ukur kamu dalam hidup sehat. Hal ini dikarenakan underweight mau pun overweight, apalagi kalau obesitas, mempunyai risiko penyakit masing-masing. Jika kurang nutrisi karena underweight, maka kamu bisa mengalami penurunan imunitas tubuh. Sementara jika berlebihan nutrisi karena overweight, maka kamu lebih berisiko untuk terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes karena kadar gula tinggi, bahkan berbagai penyakit jantung dan juga strokes.

Selalu ingat bahwa tidur yang cukup menjadi hal yang cukup penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Idealnya bagi orang dewasa adalah 7 - 9 jam untuk waktu tidur. Jika kekurangan tidur, kamu bisa merasakan berbagai efek negatif, seperti kelelahan, perubahan mood yang drastis, menjadi bolot, bahkan sampai penyakit jantung lho! Namun di saat yang sama, kelebihan tidur pun bisa berujung penyakit, dengan efek samping seperti obesitas, diabetes, sakit kepala, sakit punggung, dan juga depresi. 

Bagaimana cara istirahat yang baik?

Tidur bukanlah masalah kuantitas tapi masalah kualitas. Karena itu penting untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Sederhananya, kamu bisa memulai dengan:
  • Olahraga yang cukup dan rutin.
  • Hindari konsumsi kafein sebelum tidur.
  • Hindari atau batasi jam tidur siang.
  • Siapkan segelas susu hangat sebelum tidur.
  • Minum yang teratur dan cukup.
  • Pastikan kondisi ruangan tidur nyaman.
Be Super Strong Be Super You

Olahraga yang cukup menjadi kunci dalam berbagai aspek kesehatan. Olahraga mempengaruhi berat badan dan juga kualitas tidur. Karena itu, penting untuk melakukan aktivitas fisik. Menurut Dr. Edward Laskowski, idealnya waktu olahraga mencapai 300 menit per minggu. Namun, untuk kamu yang baru memulai rutin olahraga, bisa menargetkan 30 menit per hari. Jika masih terasa berat, potong waktu 30 menit itu menjadi 5 atau 6 kali berjalan selama 5 menit. Dengan begitu, setidaknya tubuh kamu pun tidak hanya duduk diam saja. Lebih baik dimulai sedikit daripada tidak sama sekali.

Apa bisa berolahraga saat social distancing?

Ada baiknya kamu menghindari pergi ke gym atau berenang di tengah wabah ini. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh keliling komplek untuk lari atau bersepeda. Hanya pastikan bahwa kamu juga menjaga jarak dengan orang lain. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah membeli matras yoga dan berolahraga di rumah.

4. Imbangi asupan gizi

Nutrisi dan gizi yang seimbang adalah kunci utama dalam menjaga berat badan, juga meningkatkan imunitas tubuh. Pastikan semua makanan yang kamu makan mengandung komposisi yang tepat sehingga bisa melawan penyakit yang mungkin masuk.

Nutrisi apa saja yang kita perlukan?

Menurut berbagai sumber referensi, berikut adalah vitamin dan mineral yang tubuh butuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh:
  • Vitamin C: Terdapat dalam brokoli, kiwi, jeruk, paprika merah, dan bayam.
  • Vitamin E: Terdapat dalam kuaci, bayam, dan kacang almond.
  • Vitamin B6: Terdapat dalam salmon, dada ayam, ubi, dan tahu.
  • Lainnya 
    • Vitamin A: Terdapat dalam ubi.
    • Omega-3: Terdapat dalam berbagai jenis ikan, seperti salmon dan tuna.
    • Flavonoid (antioksidan): Terdapat dalam blueberry, bayam, dan green tea.
Social distancing bisa berakibat buruk kepada mental dan menimbulkan stress. Hal utama yang kamu butuh lakukan adalah dengan mempraktikkan self-love agar beban mentalmu pun berkurang. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan sosialmu dengan menelpon sahabat atau kerabat dekat. Kurangi fokus kepada wabah yang sedang terjadi sehingga kamu pun tidak stress sendiri.

6. Hindari rokok dan alkohol

Konsumsi rokok secara rutin tidak hanya mempunyai risiko penyakit, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan pada tidur dan pola makan yang sehat. Selain itu, alkohol juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika kamu termasuk perokok aktif, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut sesuai saran Help Guide:
  • Buat rencana atau tanggal untuk berhenti total.
  • Bilang ke sanak saudara atau pun teman kalau kamu ingin berhenti.
  • Antisipasi tantangan yang mungkin akan datang.
  • Buang semua pak rokok yang kamu punya.
  • Konsultasikan ke ahli medis.
  • Cari alternatif lain, seperti permen karet atau yupi. 
Ask Sovia Be Super You

7. Hindari penyebaran virus

Jangan bosan mendengarnya ya, tetapi kamu tetap harus menjaga diri dengan melakukan pencegahan penyebaran virus. Ini termasuk mencuci tangan dengan sabun, menyemprotkan disinfektan kepada benda yang mungkin dipegang banyak orang, memakai masker bila perlu, dan hindari menyentuh wajah. Atau jika Teman Superjuangan bisa menghafalnya dengan menari ala Tiktok layaknya video berikut!

Lindungi kesehatanmu

Jika melakukan 7 cara ini dengan benar, kamu bisa melindungi dirimu lebih lagi. Sehingga walaupun kamu #dirumahaja, tapi kamu pun tetap sehat dan terpenuhi secara fisik dan mental. Stay safe and stay healthy ya, Teman Superjuangan!

Referensi:

PRODUK LAINNYA

Perlindungan Super Menarik Lainnya

Super Life Protection

Asuransi Jiwa


Mulai dari

Rp 33.000

/ bulan

Asuransi jiwa yang memberikan kamu manfaat perlindungan finansial untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat dari hal tak terduga

Super Strong Protection

Asuransi Jiwa + Penyakit Kritis


Mulai dari

Rp 28.500

/ bulan

Asuransi yang jadikan kamu semakin kuat dalam mempersiapkan diri dengan manfaat perlindungan dari penyakit kritis

BLOG

Inspirasi Super Kamu