hari kesehatan internasional

World Health Day, atau kerap disebut Hari Kesehatan Sedunia, adalah hari untuk meningkatkan kesadaran akan masalah-masalah kesehatan. Hari ini jatuh pada tanggal 7 April setiap tahun dan ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 1948.

Hari ini juga menandakan terbentuknya organisasi kesehatan sedunia yaitu WHO. Setiap tahunnya, WHO mengangkat suatu topik yang penting bagi kesehatan masyarakat dunia ini. Pada Hari Kesehatan Sedunia, berbagai organisasi pemerintah dan non-profit yang menggunakan tema ini untuk membuat kampanye kesehatan.

Hari Kesehatan Sedunia juga termasuk dari salah satu dari 11 hari kampanye internasional di bawah naungan WHO. Yang lain termasuk Hari AIDS Sedunia, Hari Donor Darah Sedunia, Hari Tuberkulosis Sedunia, Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Minggu Imunisasi Sedunia, Hari Malaria Sedunia, Hari Penyakit Chagas Sedunia, Hari Hepatitis Sedunia, Pekan Peduli Antibiotik Dunia, dan Hari Keselamatan Pasien Sedunia.

 

Tema Hari Kesehatan Internasional 2021

Pada tahun 2021 ini, tema hari kesehatan internasional yang diangkat adalah “Building a Fairer, Healthier World”. Berikut pokok permasalahan yang diangkat oleh WHO:

1. Dunia kita tidak adil

Banyak golongan yang susah memenuhi kebutuhan dasar, seperti mempunyai rumah, lingkungan yang sehat, akses untuk air dan udara yang bersih, kekurangan makanan, hingga tidak adanya layanan kesehatan yang mampu dibeli.

Hal ini dipengaruhi faktor kondisi ketika mereka lahir, bertumbuh, bertempat tinggal, bekerja, dan bertambah tua. Pada akhirnya, banyak orang yang menderita karena kondisi tersebut.

2. Ketidakadilan ini bisa dicegah

Dengan adanya bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan kondisi tempat tinggal dan bekerja, maka semua orang bisa dan berhak mendapatkan lingkungan yang sehat.

Ketidakadilan akan akses kesehatan bisa dicegah jika kita saling membantu dan memonitor ketidakadilan tersebut. Terutama di tengah pandemi COVID-19 yang berlangsung, di mana dampaknya lebih parah untuk daerah-daerah yang tidak mempunyai akses layanan kesehatan yang baik.

 

Apa yang kita perlu lakukan untuk merayakan Hari Kesehatan Sedunia tahun ini?

Kamu bisa ikut serta dalam pergerakan Hari Kesehatan Dunia 2021 untuk membangun dunia yang lebih adil dan sehat! Berikut adalah 5 cara kamu bisa berpartisipasi:

  1. Membuat kampanye di sosial media

Salah satu tujuan dari Hari Kesehatan Sedunia adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan masalah kesehatan. Karena itu, kamu bisa memulai kampanye sosial media kamu sendiri dengan mengadakan diskusi tentang Hari Kesehatan Sedunia. 

Gunakan kekuatan sosial media untuk menjelaskan apa itu Hari Kesehatan Sedunia, tema yang diangkat, serta bagaimana kamu atau orang lain bisa mendukung tema tersebut.

  1. Mendaftar jadi relawan secara virtual

Mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung, mungkin menjadi relawan agak susah. Tetapi kamu tetap bisa menjadi relawan secara virtual. 

Berikut adalah beberapa laman di mana kamu bisa mendaftarkan diri sebagai relawan:

  • Volunteer Match
  • Indo Relawan
  • Masyarakat Relawan Indonesia
  • SIM Relawan

Dan banyak lagi! Kamu juga bisa mencari melalui sosial media Instagram atau Twitter.

Asuransi Kesehatan My Hospital dengan Santunan Harian hingga 1 juta per hari

  1. Memberikan donasi untuk organisasi non-profit

Jika kamu cukup beruntung untuk mempunyai hidup sehat, mungkin kamu bisa membantu mereka yang tidak mampu mengakses kesehatan. Caranya kamu bisa berdonasi secara virtuall melalui platform organisasi non-profit terpercaya. 

Berikut beberapa organisasi bertujuan kesehatan yang kredibel untuk kamu donasikan:

  • Kitabisa
  • WeCare
  • Benih Baik
  • UNICEF
 
  1. Menjaga kesehatan yang kamu punya

Kamu juga bisa mensyukuri kesehatan yang kamu punya dan bisa nikmati. Cara mudahnya adalah dengan terus menjaga kesehatan. Berikut beberapa cara kamu bisa terus menjaga kesehatan:

  1. Ikuti protokol kesehatan 3M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak hingga 1 meter.
  2. Mulai berolahraga. Kamu bisa mencoba dari yang mudah dan simpel, misalnya meditasi, yoga, hingga jalan pagi keliling komplek saja.
  3. Pilih diet yang sehat dan seimbang. Bukan hanya masalah soal berat badan ideal, tapi kamu juga harus memantau apa yang kamu makan. Jika tidak, kamu bisa menghadapi risiko diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya.

Lindungi diri dengan asuransi kesehatan. Kamu layak untuk mendapatkan akses layanan kesehatan. Namun, dengan biaya kesehatan yang semakin tinggi, hal itu semakin sulit terwujud. Karena itu, pastikan kamu setidaknya punya asuransi kesehatan agar kamu tidak berat saat membayar tagihan rumah sakit dadakan.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya