Hari Kesehatan Internasional

Selamat Hari Kesehatan Sedunia, Teman SUPERjuangan!

Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day, adalah momen untuk meningkatkan kesadaran kita akan masalah-masalah kesehatan. Hari Kesehatan Sedunia yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) diperingati setiap tanggal 7 April.

Ternyata bukan hanya itu guys, hari ini juga menandakan terbentuknya WHO sebagai organisasi kesehatan milik badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nah, WHO ini memiliki tugas dan fungsi di bidang kesehatan, salah satunya adalah bertindak, mengarahkan, serta mengkoordinir kewenangan otoritas dalam upaya kesehatan internasional.

Sesuai tugas dan fungsi tersebut, maka Hari Kesehatan Sedunia juga termasuk salah satu dari 11 kampanye internasional di bawah naungan WHO. Hari Kesehatan Sedunia juga membuka jalan untuk melaksanakan program-program kesehatan. Kamu sendiri udah tau belum apa saja kampanye kesehatan internasional selain Hari Kesehatan Sedunia? 

Kampanye lain yang dimaksud adalah Hari AIDS Sedunia, Hari Donor Darah Sedunia, Hari Tuberkulosis Sedunia, Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Minggu Imunisasi Sedunia, Hari Malaria Sedunia, Hari Penyakit Chagas Sedunia, Hari Hepatitis Sedunia, Pekan Peduli Antibiotik Sedunia, serta Hari Keselamatan Pasien Sedunia.

Tapi, sebelum kita mengetahui seperti apa kampanye Hari Kesehatan Sedunia tahun ini, ketahui dulu bagaimana sejarah Hari Kesehatan Sedunia. Kita akan menemukan banyak sekali fakta menarik di balik penetapan Hari Kesehatan Sedunia!

Sejarah Hari Kesehatan Sedunia

Hari Kesehatan Sedunia didasari oleh terbentuknya WHO. Guys, sebenarnya WHO sudah diusulkan dari Desember 1945. Kemudian, usulan tersebut disetujui pada Juli 1946. Tapi, WHO baru mulai berlaku pada tanggal 7 April 1948 ketika perwakilan 51 negara anggota PBB dan 10 negara lain telah menandatangani perjanjian pendirian WHO tersebut. Wah, fakta yang unik bukan?

Sebagai tindakan resmi pertama, WHO menetapkan Hari Kesehatan Sedunia. Akan tetapi, peringatan Hari Kesehatan Sedunia pertama kali justru pada tanggal 22 Juli 1949. Kemudian, di tahun berikutnya diubah menjadi tanggal 7 April sesuai tanggal mulai berlakunya WHO.

Mungkin kita pun jadi bertanya-tanya, kenapa sih ada Hari Kesehatan Sedunia? Nah, tujuan WHO menetapkan Hari Kesehatan Sedunia adalah meningkatkan kesadaran global seputar masalah kesehatan, termasuk mempengaruhi kita dan dunia untuk mulai mengambil langkah-langkah meningkatkan kesehatan.

Baca juga: Yuk, Ketahui Juga Pentingnya Hari Kesehatan Nasional!

Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023

Hari Kesehatan Sedunia 2023

Setiap tahunnya, WHO mengangkat suatu topik yang penting bagi kesehatan masyarakat dunia ini. Pada Hari Kesehatan Sedunia, berbagai organisasi pemerintah dan non-profit juga turut menggunakan topik tersebut untuk membuat kampanye kesehatan.

Hari Kesehatan Sedunia 2023 adalah peringatan terbentuknya WHO dan peringatan Hari Kesehatan Sedunia yang ke-75. Berdasarkan situs resmi WHO, tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 adalah “Health For All” yang artinya kesehatan bagi semua. 

Selain itu, WHO turut menyampaikan makna utama dari tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” tersebut lho! Apa saja itu?

  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” adalah gambaran bahwa setiap orang memiliki memiliki kesehatan yang baik agar mencapai kehidupan dunia yang damai sejahtera dan berkelanjutan.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” mengingatkan kita bahwa hak atas kesehatan adalah hak asasi manusia. Semua orang memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang kita butuhkan, kapan dan di mana saja tanpa kesulitan keuangan.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” menyadarkan kita bahwa 30 persen dari populasi dunia masih belum memiliki layanan akses layanan kesehatan yang penting.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” juga menyadarkan kita bahwa hampir 2 miliar orang menghadapi bencana atau memiskinkan pengeluaran kesehatan. Dengan ketidaksetaraan yang sangat signifikan mempengaruhi mereka berada di lingkungan yang paling rentan.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” mengajak kita untuk membuat kesehatan bagi semua menjadi kenyataan. Setiap individu dan masyarakat yang memiliki akses ke pelayanan kesehatan berkualitas tinggi sehingga mereka dapat menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga mereka.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” juga mengajak pekerja kesehatan terampil yang memberikan perawatan berkualitas dan berpusat pada orang, juga pembuat kebijakan yang berkomitmen untuk berinvestasi dalam cakupan kesehatan universal.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” juga mengajak cakupan kesehatan universal untuk menawarkan perlindungan finansial dan akses ke layanan penting yang berkualitas, mengangkat orang keluar dari kemiskinan, mempromosikan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, melindungi terhadap krisis kesehatan masyarakat, dan menggerakkan kita menuju sehat bagi semua.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” menunjukkan bahwa sistem kesehatan yang didukung oleh pendekatan perawatan kesehatan primer adalah cara yang paling efektif dan hemat biaya untuk membawa layanan kesehatan dan kesejahteraan lebih dekat kepada orang-orang.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” adalah waktunya bagi para pemimpin agar mengambil tindakan untuk memenuhi komitmen cakupan kesehatan universal.

Yuk, Ikut Berpartisipasi Memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2023!

hari kesehatan sedunia

Kamu bisa ikut serta dalam pergerakan Hari Kesehatan Sedunia 2023 menuju sehat bagi semua! Berikut ini adalah cara kamu bisa berpartisipasi.

  • Membuat kampanye di sosial media

Salah satu tujuan dari Hari Kesehatan Sedunia adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan masalah kesehatan. Karena itu, kamu bisa memulai kampanye sosial media kamu sendiri dengan mengadakan diskusi tentang Hari Kesehatan Sedunia. 

Gunakan kekuatan sosial media untuk menjelaskan apa itu Hari Kesehatan Sedunia, tema yang diangkat, serta bagaimana kamu atau orang lain bisa mendukung tema tersebut.

  • Mendaftar jadi relawan

Untuk turut mengupayakan kesehatan bagi semua orang, kita bisa bergabung sebagai relawan kesehatan. Caranya gampang, berikut ini adalah beberapa laman di mana kamu bisa mendaftarkan diri sebagai relawan:

  1. Volunteer Match
  2. Indo Relawan
  3. Masyarakat Relawan Indonesia
  4. SIM Relawan

Baca juga: 1 Kantong Darah Kita Berarti, Yuk Ikut Donor Darah!

Memberikan donasi untuk organisasi non-profit

Jika kamu cukup beruntung untuk mempunyai hidup sehat, mungkin kamu bisa membantu mereka yang tidak mampu mengakses kesehatan. Caranya kamu bisa berdonasi secara virtual melalui platform organisasi non-profit terpercaya. 

Berikut beberapa organisasi bertujuan kesehatan yang kredibel untuk kamu donasikan:

  1. Kitabisa
  2. WeCare
  3. Benih Baik
  4. UNICEF
  • Menjaga kesehatan yang kamu punya

Kamu juga bisa mensyukuri kesehatan yang kamu punya dan bisa nikmati. Cara mudahnya adalah dengan terus menjaga kesehatan. Berikut beberapa cara kamu bisa terus menjaga kesehatan:

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi bagi tubuh kita.
  2. Mulai berolahraga. Kamu bisa mencoba dari yang mudah dan simpel, misalnya meditasi, yoga, hingga jalan pagi keliling komplek saja.
  3. Pilih diet yang sehat dan seimbang. Bukan hanya masalah soal berat badan ideal, tapi kamu juga harus memantau apa yang kamu makan. Jika tidak, kamu bisa menghadapi risiko diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya.
  4. Lindungi diri dengan asuransi. Kamu layak untuk mendapatkan akses layanan kesehatan. Karena itu, pastikan kamu setidaknya punya asuransi kesehatan agar kamu tidak berat saat membayar tagihan rumah sakit dadakan.
asuransi rawat inap jalan

Nah, itu tadi fakta menarik mengenai Hari Kesehatan Internasional! Guys, untuk menuju sehat bagi semua, kamu bisa pilih asuransi kesehatan. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk keluarga kita. Super You turut menyediakan Super Easy Health dengan banyak manfaatnya, kamu cuma perlu bayar Rp4.500 aja kok per hari. Selamat Hari Kesehatan Internasional!