hari peduli autisme sedunia

Pada tanggal 2 April diperingati hari peduli autisme sedunia atau world autism awareness day. Tujuan hari autisme ini di inisiasi oleh PBB yang mana untuk mengingatkan perlunya kesadaran dan dukungan dari masyarakat atas hak orang dengan autisme untuk mampu menentukan arah perkembangan diri, mandiri, dan dapat mengakses pendidikan serta pekerjaan berdasar kesetaraan.

 

Apa yang Dimaksud dengan Autisme ?

Autisme merupakan gangguan perilaku yang dialami seseorang terkait sosial, komunikasi, dan tingkah laku. Seseorang dengan autisme biasanya sulit mendengar atau bertatapan mata saat diajak berkomunikasi. Namun, orang-orang dengan autisme seharusnya tidak dihindari. Mereka juga punya tingkat kecerdasan yang normal dan bahkan cenderung tinggi.

Hari kesadaran autisme sedunia disahkan oleh PBB pada tanggal 1 November 2007 dan ditetapkan pada tanggal 18 Desember 2007 melalui resolusi Majelis Umum PBB 62/139. Setelah resolusi ini maka pada tanggal 2 April terhitung sejak tahun 2008 diperingati sebagai hari peduli autisme sedunia.

 

Baca Juga : Kenali Lebih Jauh Social Anxiety Disorder

 

Terkait hari peduli autisme sedunia, kementerian kesehatan melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan gangguan autisme ini, seperti :

  1. Adanya upaya preventif melalui media komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE), sosialisasi, penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan tentang deteksi dini gangguan spektrum autisme (GSA)
  2. Melakukan upaya pelatihan keterampilan kecakapan hidup bagi guru dan remaja serta pelatihan pola asuh bagi kader dan orang tua
  3. Memberdayakan peran keluarga, guru, dan masyarakat untuk mencegah dan mendeteksi tanda-tanda GSA.

Hal-hal diatas diharapkan dapat dilakukan dengan efektif agar dapat memberikan perlindungan kepada pengidap autisme.

Yuk, sama-sama aware betapa pentingnya peduli terhadap gangguan autisme.

Baca Juga : Kenali Mental Illness dan Jenis Gangguannya

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya