Asuransi kecelakaan

Belum banyak yang tahu pentingnya memiliki asuransi kecelakaan diri, yang mana risiko kecelakaan merupakan bagian dari kehidupan. Kecelakaan lalu lintas salah satu yang sulit dihindari oleh setiap pengendara. Meski kita sudah hati-hati saat berkendara, ada faktor lain yang mungkin saja mengenai kita.

Hal tersebut dapat dilihat dari angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang terbilang tinggi, beberapa kasus di antaranya melibatkan pengguna jalan yang lain. Kecelakaan sendiri dapat menyebabkan masalah-masalah baru lagi, seperti pengobatan, perbaikan kendaraan, berhenti bekerja, bahkan berujung kematian. Lantas, bagaimana dengan Teman SUPERjuangan melihat situasi yang demikian?

Kebutuhan akan asuransi kecelakaan sudah seharusnya menjadi prioritas keuangan kita. Dengan asuransi kecelakaan, kita memiliki perlindungan finansial untuk mengatasi biaya yang diakibatkan oleh kejadian yang tidak terduga ini. Termasuk kepada ahli waris yang mungkin turut dirugikan. Adapun jika tidak terjadi, masih banyak manfaat memiliki asuransi kecelakaan diri yang bisa kita dapatkan.

Nah, lewat artikel kali ini Supermin mau membagikan alasan kenapa kita harus mempunyai asuransi kecelakaan diri. Pastinya juga dengan mengetahui pengertian asuransi kecelakaan. Setelah itu, Supermin akan membantu Teman SUPERjuangan bisa menentukan asuransi kecelakaan dengan maksimal. Berikut pembahasannya.

Table of Contents

Asuransi kecelakaan

Pengertian Asuransi Kecelakaan

Sebenarnya, apa itu asuransi sih? Apakah Teman SUPERjuangan sendiri udah tau pengertian asuransi? Kata asuransi merujuk pada bentuk pertanggungan atau penggantian penanggung yang telah disepakati bersama saat sesuatu menimpa tertanggung. Perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung, sementara kita penerimanya disebut sebagai tertanggung.

Kesepakatan tersebut dituang dalam polis, yang mana didapatkan ketika tertanggung membayarkan premi secara rutin kepada penanggung. Adapun jika kita tidak memenuhi kewajiban tersebut, maka penanggung berhak untuk tidak memberikan pertanggungan atau penggantian apa pun. Begitulah alur asuransi secara dasar.

Nah, asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang dirancang khusus untuk kondisi cedera, cacat, atau kematian yang disebabkan oleh kecelakaan tidak terduga. Ini berbeda dari asuransi kesehatan yang cuma fokus pada biaya perawatan medis karena suatu penyakit aja. 

Di sisi lain, nggak jarang orang sulit membedakan asuransi kecelakaan dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa memang meliputi pemberian santunan kematian karena kecelakaan kepada ahli waris. Tapi, hanya jika tertanggung meninggal dunia, tidak bisa hanya berupa luka-luka saja. Sementara asuransi kecelakaan, cedera dan catat pun tetap ditanggung. 

Jadi, perbedaan utama asuransi kecelakaan dengan asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa merupakan penyebab dari klaim yang diajukan. Buat tau lebih jauh tentang asuransi kecelakaan, Teman SUPERjuangan jangan berhenti baca sampai di sini aja ya!

Apa Saja Cakupan Asuransi Kecelakaan?

Mungkin kamu bertanya-tanya, perlindungan seperti apa yang bisa didapatkan dari asuransi kecelakaan ini. Pada umumnya, asuransi kecelakaan mencakup berbagai bentuk kecelakaan yang bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari asuransi kecelakaan yang umum, seperti lalu lintas atau kendaraan sepeda motor. Sampai dengan asuransi kecelakaan yang spesifik, seperti perjalanan, transportasi, serta olahraga.

Setiap bentuk asuransi kecelakaan memiliki manfaat yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan, risiko yang ingin dilindungi, atau bahkan penawaran perusahaan asuransi kecelakaan yang menerbitkannya. Namun, secara garis besar akan menanggung beberapa hal di bawah:

  1. Cedera

Asuransi kecelakaan akan menanggung biaya perawatan atau pengobatan medis yang dikeluarkan akibat kecelakaan. Bisa berupa rawat jalan, kamar inap, operasi, makanan, obat-obatan, kunjungan dokter, dan terapi atau rehabilitasi.

  1. Cacat total dan tetap

Asuransi kecelakaan akan memberikan santunan tunai jika tertanggung mengalami cacat total dan tetap yang menghambatnya melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya bekerja. Biasanya dengan kondisi kehilangan penglihatan dan kehilangan anggota gerak tubuh,

  1. Kematian

Asuransi kecelakaan akan melakukan pembayaran kepada ahli waris sebagai santunan tunai saat tertanggung dinyatakan meninggal dunia karena kecelakaan. Selepas uang pertanggungan yang dijanjikan diberikan, maka perjanjian polis berakhir.

  1. Transportasi

Dalam hal ini, transportasi yang dimaksudkan buat keperluan medis, misalnya ambulan hingga helikopter untuk keperluan perawatan yang mendesak saja. Balik lagi, bergantung isi perjanjian polis yang disepakati.

  1. Pemakaman

Beberapa asuransi kecelakaan memberikan penggantian  untuk biaya pemakaman saat tertanggung dinyatakan meninggal dunia karena kecelakaan selama dalam masa pertanggungan.

  1. Penggantian pendapatan

Jika mengalami cedera atau cacat total dan tetap karena kecelakaan sehingga terpaksa harus kehilangan pekerjaan, penanggung akan memberikan santunan tunai bulanan untuk penggantian pendapatan saat tertanggung memiliki manfaat tambahan ini.

Asuransi kecelakaan

Manfaat Memiliki Asuransi Kecelakaan

Kalau misalkan kita tau apa yang akan terjadi di hari esok, kita nggak butuh asuransi. Kita bisa menghindari risiko-risiko yang akan datang nanti. Tapi kan sebaliknya, kita nggak tau dan nggak bisa menghindari layaknya kecelakaan, maka asuransi kecelakaan adalah salah satu jalan buat melindungi diri dari risiko tersebut.

Jika Teman SUPERjuangan masih ragu dengan asuransi kecelakaan, cobalah renungkan alasan yang udah Supermin rangkum. Ini dia manfaat asuransi kecelakaan yang bisa kamu dapatkan!

1. Memberikan perlindungan finansial

Lagi dan lagi, apa pun jenisnya, termasuk manfaat asuransi kecelakaan selalu mampu memberikan perlindungan finansial terhadap biaya perawatan medis hingga kematian oleh karena kecelakaan. Tanpa manfaat asuransi kecelakaan yang utama ini, mungkin saja kita harus mengeluarkan banyak uang demi pengobatan. Tapi, dengan memiliki asuransi kecelakaan, pengeluaran tersebut akan terasa ringan.

2. Membuka akses medis dengan cepat

Sama halnya tanpa manfaat asuransi kecelakaan, mungkin berat bagi seseorang menyanggupi biaya pengobatan yang mahal. Khawatir berujung proses pengobatan yang begitu lambat. Oleh sebabnya, manfaat asuransi kecelakaan membantu kita mendapatkan layanan medis sehingga mempercepat pemulihan diri pasca kecelakaan karena bantuan finansial serta jangkauan rumah sakit yang terbaik dari penanggung.

3. Mendapat ganti pendapatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat asuransi kecelakaan yang menawarkan manfaat penggantian pendapatan dengan santunan tunai bulanan. Manfaat asuransi kecelakaan yang satu ini pastinya membantu keuangan kamu tetap stabil karena mesti kehilangan pekerjaan, terlebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kamu juga dapat lebih fokus pada pengobatan selepas alami kecelakaan.

4. Menjaga kesejahteraan keluarga

Manfaat asuransi kecelakaan dapat menjaga kesejahteraan keluarga yang berkaitan dengan kestabilan finansial. Hal ini menjamin masa depan kamu dan keluarga baik-baik aja, terbebas dari keterpaksaan menghutang karena perlu membayar biaya pengobatan dulu secara mendadak. Tak dipungkiri juga, akar permasalahan keluarga terletak pada kesalahan perencanaan keuangan.

5. Memiliki rasa aman dan nyaman

Manfaat asuransi kecelakaan setidaknya membuat kamu memiliki rasa aman dan nyaman, termasuk kesadaran penuh untuk berhati-hati saat berkendara. Kamu pun dapat kembali ke rumah dan berkumpul bersama keluarga dengan keadaan sehat. Ingat kan, di balik tubuh yang kuat, ada jiwa yang bahagia. Ini karena kamu udah mengambil keputusan yang tepat untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko kecelakaan yang nggak terduga, bukan?

Tips Memilih Asuransi Kecelakaan yang Tepat

Teman SUPERjuangan, memilih asuransi kecelakaan yang tepat juga nggak kalah penting loh. Jangan sampai salah mengambil langkah, mengingat pastinya kamu ingin asuransi kecelakaan yang kamu pilih benar-benar memberikan manfaat. Nah, kamu udah tau belum apa yang harus kamu lakukan dalam menentukan asuransi kecelakaan? Kalau kamu masih bingung, kamu bisa ikuti tips memilih asuransi kecelakaan yang tepat di bawah ini!

  1. Sesuaikan kebutuhan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak bentuk asuransi kecelakaan. Karena itu, pertimbangkan asuransi kecelakaan sesuai kebutuhan, seperti usia, pekerjaan, dan gaya hidup kamu. Terutama pekerjaan. Misalnya, kamu sering berpergian kerja dengan sepeda motor, kamu bisa ambil asuransi kecelakaan lalu lintas.

  1. Pilih premi terjangkau

Selain menyesuaikan kebutuhan, kamu bisa pertimbangkan asuransi kecelakaan dengan premi yang terjangkau. Kamu juga bisa membandingkan satu sama lain, termasuk promo menarik yang ditawarkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan anggaran yang sudah kamu tetapkan tanpa mengurangi kualitas perlindungan asuransi kecelakaan tersebut.

  1. Perhatikan isi polis

Terakhir, perhatikan dengan teliti isi polis yang diberikan kepada kamu guna menghindari kesalahpahaman kamu dengan perjanjian yang sebenarnya. Mintalah penjelasan sebenar-benarnya dari pihak asuransi sebagai penanggung.

Nah, dari ketiga tips memilih asuransi kecelakaan di atas, Super You by Sequis punya solusi. Kini ada Super Safe Protection bisa dengan tambahan perlindungan Super Motor Protection, premi terjangkau mulai dari Rp36.500 aja per bulan. Pastinya dengan uang pertanggungan hingga Rp50 juta manfaat terbaik yang bisa diberikan. Jadi, dewasa ini udah nggak ada lagi alasan kita nggak bisa punya asuransi kecelakaan bukan? Yuk, daftar sekarang juga!

Artikel Terkait