penetralisir daging kambing

Daging kambing, meskipun dianggap sebagai hidangan lezat nan bergizi, seringkali memiliki rasa atau aroma yang kuat. Mungkin saja tak semua orang menerimanya, sehingga mencari makanan dan minuman penetralisir daging kambing. Di samping itu, makanan dan minuman penetralisir daging kambing memang diperlukan dalam pola makan yang seimbang untuk mempertahankan nutrisinya loh.

Sayangnya, masih banyak yang tidak memperhatikan penetralisir daging kambing sebagai pola makan yang seimbang. Apalagi saat perayaan Idul Adha, yang identik dengan daging kambing. Jika kurang menyukai rasa atau aroma yang kuat tersebut, bisa saja tidak akan melewatkan makanan dan minuman penetralisir daging kambing. Tapi, bagaimana dengan kamu yang sangat menyukai berbagai olahan daging kambing?

Nah, SUPERmin ingin membagikan apa saja penetralisir daging kambing agar tubuh tetap sehat merayakan hari raya Idul Adha yang sebentar lagi. Teman SUPERjuangan jangan sampai ketinggalan informasi yang menarik sekaligus berguna ini, ya!

Table of Contents

Mengapa Rasa atau Aroma Daging Kambing Lebih Kuat?

Intermezzo– kenapa sih rasa atau aroma daging kambing dianggap lebih kuat daripada jenis daging merah lainnya, bahkan dengan sapi? Rasa atau aroma yang kuat pada daging kambing disebut juga gamey, istilah yang menggambarkan ciri khas suatu daging yang biasa kita konsumsi. Namun, rasa atau aroma yang kuat pada daging kambing menimbulkan reaksi yang berbeda-beda pada setiap individu. Sebagian menyukainya, ada juga yang tidak menyukainya.

Gamey daging kambing disebabkan oleh beberapa faktor, ternyata salah satunya diet alami kambing. Kambing melakukan diet alami yang berbeda dari hewan ternak lainnya, dengan mengonsumsi dedaunan, rumput liar, hingga rempah-rempah yang memberikan rasa dan aroma kuat pada dagingnya.

Selain itu, si kambing aktif loh. Mereka termasuk hewan dengan aktivitas fisik yang lebih tinggi sehingga mempengaruhi komposisi otot dalam daging. Dan pada gilirannya, membuat rasa dan aroma daging kambing lebih kuat. Sementara juga, daging kambing cenderung berlemak, serat lebih kasar, serta memiliki tekstur yang padat.

Terakhir, ada yang tahu nggak sih bau prengus bikin rasa dan aroma daging kambing menyengat. Prengus adalah bau yang dikeluarkan oleh kambing untuk menarik lawan jenis, fungsinya kayak parfum pada manusia gitu. Bau prengus biasanya masih terasa walaupun sudah dipotong karena melekat pada lemaknya berwarna putih. Jadi, itulah alasan kenapa daging kambing memiliki rasa atau aroma yang lebih kuat.

penetralisir daging kambing

Tips Mengurangi Aroma Kuat Daging Kambing

Teman SUPERjuangan, proses pengolahan daging kambing juga akhirnya mempengaruhi. Jika tidak disiapkan dengan benar, bau daging kambing akan menjadi dominan. Lain hal untuk rasa yang pekat hingga kita bisa mengenali olahan dari daging kambing, beberapa orang terganggu dengan aromanya yang terlalu kuat ini.

Untuk meramaikan Idul Adha kamu, tak lengkap tanpa daging kambing, apalagi yang penuh gizi. Karena daging kambing itu mempunyai segudang manfaat loh, meski masih kedengaran mengonsumsi daging kambing sama dengan kolesterol selama ini. Padahal kalau makannya yang berlebihan baru berisiko. Sebenarnya tetap ada kok cara menikmati daging kambing.

Nah, termasuk penetralisir daging kambing dengan memperhatikan langkah-langkah penting sebelum memasaknya. Teman SUPERjuangan bisa ikuti tips mengurangi aroma kuat daging kambing di bawah ini!

  • Pilih daging kambing yang berkualitas

Pertama, memilih daging kambing yang berkualitas. Perhatikan cirinya punya warna merah yang segar, tekstur padat dan respon elastis kembali ke bentuk semula, dan lemak putih bersih tersebar merata di antara serat daging.

  • Pastikan membersihkannya dengan baik

Untuk penetralisir daging kambing, pastikan kamu membersihkan daging kambing dengan baik sebelum memasaknya. Meski sudah memilih bagian yang sedikit lemak, tetap harus membuang kulit yang mungkin mengandung bau.

  • Rendam dalam larutan garam

Ketiga, kamu bisa merendam daging kambing dalam larutan garam di setiap sisi daging kambing. Ini bisa mengurangi atau menghilangkan bau daging kambing. Bahkan, ikut merendahkan kadar darah dari daging kambing yang masih tersisa.

  • Beri asam

Bahan-bahan masakan yang asam kerap dipakai sebagai penetralisir daging kambing, seperti perasan jeruk, air cuka, hingga nanas. Kamu bisa memotong nanas jadi bagian yang lebih kecil atau parut hingga halus selama beberapa jam.

  • Lumuri dengan bumbu

Tak kalah penting, lumuri daging kambing dengan bumbu yang menggunakan rempah-rempahan kuat guna menyamarkan baunya. Kamu bisa menyamakan jenis bumbu yang buat mengolah daging kambing itu sendiri.

penetralisir daging kambing

Makanan dan Minuman Penetralisir Daging Kambing

Tidak dipungkiri saat Idul Adha kita kalap mengonsumsi daging kambing. Jika berlebihan, ada risiko kesehatan yang sedang mengintai kita loh Teman SUPERjuangan. Sebab bukan hanya sebagai penetralisir daging kambing yang rasa atau aromanya kuat saja, perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Sesederhana rasa berat atau kurang nyaman di perut, makanan dan minuman penetralisir daging kambing membantu mengurangi semua efek samping tersebut. Ingat untuk memasukkannya ke dalam porsi, ingat juga ini makanan dan minuman penetralisir daging kambing setelah habis!

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Ketiga nutrisi ini akan menjaga kesehatan pencernaan, antara lain membantu mempercepat pergerakan makanan, mendorong pembentukan tinja yang sehat, serta mencegah sembelit. Selain itu, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Karbohidrat

Tak ada karbohidrat dalam daging kambing sedikit pun, mengingat nutrisi satu ini dibutuhkan oleh tubuh kita. Nah, untuk tetap mendapatkan manfaat karbohidrat sebagai sumber energi utama dan mengendalikan gula darah, kamu bisa menambahkan beras merah atau kentang manis, ya.

  1. Acar

Hampir sama dengan penetralisir daging kambing sebelumnya, sayuran akar juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Wortel dan timun contoh sayuran akar yang cocok dimakan berbarengan dengan daging kambing, tentu untuk penetralisir. Kamu bisa jadikan keduanya sebagai acar.

  1. Air putih

Makanan atau minuman penetralisir daging kambing selanjutnya adalah air putih. Meski terihat mudah hanya dengan air putih, masih banyak orang yang belum cukup meminumnya setelah memakan daging kambing. Padahal aiir putih sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

  1. Jus jeruk

Kamu juga bisa pilih jus jeruk sebagai penetralisir daging kambing. Selain dikenal memberi kesegaran, jus jeruk ampuh menjadi penawar rasa mual dan penurun kadar kolesterol sehabis mengonsumsi daging kambing. Sebaiknya, jangan campurkan pemanis ke dalam jus jeruk agar hasilnya maksimal.

  1. Air kelapa

Kelapa memang pohon dengan seribu manfaat, termasuk airnya. Mengonsumsi air kelapa tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan racun dalam tubuh, juga mampu sebagai penetralisir daging kambing yang sering menyebabkan rasa tidak nyaman di perut serta bau tidak sedap dalam mulut dengan memberikan kesegaran.

  1. Teh hijau

Teh hijau terkenal kaya akan antioksidan untuk mencegah risiko kerusakan sel. Di samping itu, kafein alami dari teh hijau baik untuk meningkatkan metabolisme lemak, bebas dari penumpukan lemak. Dan kemampuannya ini membantu mengimbangi asupan kalori untuk menjaga berat badan ideal.

  1. Yoghurt

Yoghurt juga memiliki banyak manfaat sebagai penetralisir daging kambing. Hal ini dikarenakan yoghurt menyimpan bakteri baik yang bisa membantu proses pencernaan sehabis makan daging kambing, dan meredakan gejala pusing apabila dirasakan oleh kamu.

  1. Apel

Apel dapat berperan sebagai penetralisir daging kambing dengan menyediakan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang cukup. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu kadar gula darah tetap stabil, melawan radikal bebas, hingga meredakan peradangan yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi daging kambing.

  1. Pisang

Saat berusaha menyeimbangkan pola makan yang sehat, ambillah daging kambing dalam porsi cukup yang kemudian ditutup dengan makan pisang. Selain membuat kamu kenyang, pisang juga bermanfaat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh sehingga menghindari atau mengurangi rasa pusing. Ini karena kandungan potasium sebagai penetralisir daging kambing.

Teman SUPERjuangan, jangan lupa untuk mempraktikkan langsung penetralisir daging kambing di atas agar terhindar dari risiko kesehatan. Nah, supaya hidup tambah aman dan nyaman, pastikan juga Super Easy Health dari Super You by Sequis sudah kamu miliki. Tenang, premi mulai Rp4.500 aja, kamu bisa dapat asuransi kesehatan menyeluruh yang pertanggungan hingga Rp1 milyar loh. Yuk, daftar sekarang juga!

Artikel Terkait