perbedaan kebutuhan dan keinginan

Sulit untuk mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan. Terkadang rasa menginginkan sesuatu bisa menipu otak, sehingga berpikiran bahwa itu adalah sebuah kebutuhan. Maka dari itu, mari ketahui apa perbedaan kebutuhan dan keinginan dimulai dari mengerti penjelasan keduanya.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Pengertian Kebutuhan

Pengertian Kebutuhan

Berbeda dari keinginan yang tidak bersifat mengikat, pengertian kebutuhan adalah hal – hal yang diperlukan untuk bertahan hidup, sehingga bersifat wajib. Jika kebutuhan tidak terpenuhi, maka akan ada dampak yang signifikan terjadi. 

Jenis Kebutuhan 

Kebutuhan seseorang bisa dibagi menjadi 3 jenis, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Namun, Abraham Maslow membagi kebutuhan manusia menjadi 5 bagian, kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta dan rasa memiliki, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. 

  • Jenis Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer sama dengan kebutuhan pokok yang mencakup sandang, pangan dan papan. Pengertian dari sandang adalah jenis kebutuhan seperti pakaian yang layak untuk dipakai dan berguna tidak hanya untuk menutupi area kemaluan, tetapi juga menjaga badan tetap bersih dan hangat. Pangan adalah kebutuhan makanan, makhluk hidup apapun memerlukan makanan dan minuman sebagai sumber tenaga. Manusia membutuhkan tempat tinggal untuk berteduh dan beristirahat, ini dipenuhi dengan jenis kebutuhan papan.

  • Jenis Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder bersifat pelengkap dan tidak wajib, karena hanya melengkapi kebutuhan primer. Contoh dari kebutuhan sekunder adalah bahwa manusia membutuhkan pakaian yang merupakan jenis kebutuhan primer, tetapi corak dan motif dari pakaian tidak bersifat wajib. Hal ini membuat baju dengan corak, warna, motif atau pola tertentu sebagai kebutuhan sekunder.

Kebutuhan sekunder bisa terpenuhi berdasarkan kemampuan ekonomi seseorang, contohnya jaket kulit akan lebih gampang dijangkau oleh mereka dari kelas menengah ke atas. 

Meski bersifat tidak wajib, kebutuhan sekunder berjalan selaras dengan budaya dan gaya hidup yang ada di masyarakat, sehingga perlu untuk mengikuti standar dan ekspektasi tertanamkan.

  • Jenis Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier bergantung pada kedudukan, kemampuan dan pendapatan ekonomi seseorang, karena itu dibilang sebagai jenis kebutuhan yang bersifat mewah. Jenis kebutuhan tersier setiap orang berbeda.karena fungsi dari kebutuhan tersier adalah untuk kesenangan pribadi.

Seseorang bisa menyenangi alat musik, pergi wisata ke luar negeri, memiliki alat transportasi baik mobil atau motor. Lalu, kenapa kebutuhan tersier bukan keinginan? Hal ini karena kebutuhan tersier bersifat prestise, sehingga jika kebutuhan ini terpenuhi maka derajat atau martabatnya terangkat. 

Namun, kebutuhan tersier bisa disertakan dengan kebutuhan primer, seperti memiliki smartphone atau laptop yang penting digunakan untuk bekerja. 

Selain jenis kebutuhan di atas, ada juga jenis kebutuhan menurut Abraham Maslow. Ketahui penjelasan dari jenis – jenis kebutuhan menurut Maslow di bawah ini.

  • Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan fisiologis mirip dengan kebutuhan primer dimana dilakukan untuk seorang individu yang bertahan hidup. Contoh jenis kebutuhan fisiologis adalah makanan dan minuman, kebutuhan dan istirahat.

  • Kebutuhan Rasa Aman

Jenis kebutuhan rasa aman adalah seseorang yang merasa terlindungi dari bahaya apapun. 

  • Kebutuhan akan Rasa Cinta dan Rasa Kasih Sayang

Jenis kebutuhan ini menggambarkan ikatan yang dimiliki dengan individu lainnya, seperti rasa kasih sayang yang diterima dari keluarga, teman, kelompok sosial, bahkan dari pasangan lawan jenis.

  • Kebutuhan Penghargaan 

Jenis kebutuhan ini diperlukan untuk mendapatkan kekuatan, meraih prestasi dan diakui prestasinya oleh orang lain. Pada dasarnya kebutuhan ini adalah bentuk harga diri seseorang.

  • Kebutuhan Aktualisasi Diri

Jenis kebutuhan aktualisasi dilakukan dengan cara mengembangkan potensi diri agai potensi diri tercapai. Terdapat beberapa jenis kebutuhan aktualisasi diri, yaitu kebutuhan kognitif, kebutuhan estetik dan kebutuhan aktualisasi diri.

Baca Juga: 100 Caption IG Aesthetic Bahasa Inggris dan Indonesia 2023. Auto Banjir Likes!

Apa itu Keinginan

apa itu keinginan

Keinginan adalah Saat seseorang menginginkan sesuatu, itu biasanya tidak bersifat mengikat, sehingga tidak harus memiliki barang tersebut segera atau sama sekali. Pada dasarnya, keinginan adalah rasa ingin memiliki suatu benda atau jasa, tetapi tidak ada dampak signifikan jika rasa ingin tersebut tidak terpenuhi.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Perbedaan kebutuh dan keinginan dalam ekonomi bisa dipahami dari dampaknya pada kehidupan dan tujuan dibalik keharusan memiliki suatu barang atau jasa. Yuk, pahami perbedaan kebutuhan dan keinginan di bawah ini.

  • Kebutuhan merupakan dasar individu yang wajib untuk dipenuhi untuk bisa bertahan hidup, tetapi keinginan yang tidak terpenuhi tidak akan berdampak banyak pada kehidupan.
  • Kebutuhan seseorang terbatas, tetapi seseorang bisa menginginkan sesuatu sebanyak – banyaknya, sehingga keinginan bisa tidak terbatas.
  • Agar bisa hidup, kebutuhan perlu dipenuhi, tetapi keinginan menginginkan sesuatu yang menambah kenyamanan hidup meski tidak mendasar.
  • Dimana keinginan bersifat sementara dan bisa berubah dalam jangka waktu dekat, kebutuhan akan terus diperlukan secara konstan.
  • Kebutuhan yang tidak terpenuhi bisa mengancam nyawa dengan menyebabkan timbulnya penyakit dan lainnya. Dampak dari keinginan yang tidak terpenuhi tak akan menyebabkan masalah yang besar.

Contoh Kebutuhan dan Keinginan 

Untuk memahami kebutuhan dan keinginan lebih dalam lagi, mari ketahui contoh kebutuhan dan keinginan di bawah ini!

Keinginan 

  1. Menonton konser idola mu adalah sebuah keinginan karena tidak menonton pun masih bisa bertahan hidup.
  2. Sama halnya dengan menonton pertandingan olahraga dimana tidak hanya bisa ditonton lain kali, siarannya juga bisa didapatkan. 
  3. Jika tidak memiliki bisnis yang membutuhkan kapal, memiliki kapal pesiar atau yacht hanya merupakan sebuah keinginan.
  4. Jika handphone masih bagus dan belum rusak, mengganti dengan handphone terbaru hanya merupakan sebuah keinginan.
  5. Rumah mewah merupakan sebuah keinginan, di rumah sederhana selama bersih tetap bisa bertahan hidup.

Kebutuhan 

  1. Makanan dan minuman adalah sumber tenaga tubuh, jika tidak dipenuhi maka bisa menyebabkan tubuh yang lemas dan tidak berenergi, serta rentan terkena penyakit.
  2. Akses air bersih merupakan kebutuhan dimana jika tidak memiliki air bersih sulit untuk mandi, memasak, minum dan lainnya. Menggunakan air kotor akan menyebabkan penyakit dengan meminum air yang terkontaminasi bakteri.
  3. Tempat tinggal diperlukan untuk seseorang berteduh dan beristirahat.
  4. Oksigen merupakan udara yang dihirup. Jika tidak memiliki oksigen maka tidak bisa bernapas dan berpotensi mengalami kematian.
  5. Akses obat sangat penting, karena jika jatuh sakit dan tidak memiliki obat bisa berisiko menjadi semakin parah hingga mengalami kematian.

super easy party

Itu lah perbedaan kebutuhan dan keinginan beserta contoh yang jelas dari kedua konsep. Selain contoh diatas, masih ada satu lagi sebuah kebutuhan kan wajib dimiliki, asuransi kesehatan yang bisa menjaga kesehatanmu! Super Easy Health Protection bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000, lho!

Artikel Terkait