cara mengetahui ukuran cincin

Cincin merupakan perhiasan yang banyak digunakan sebagai simbolisme dalam hubungan. Banyak cara mengetahui ukuran cincin untuk mendapatkan ukuran yang pas sehingga tidak mudah jatuh dan nyaman dipakai, terutama karena digunakan dalam berbagai hubungan penting seperti pernikahan. 

Selain untuk mendapatkan cincin dengan ukuran yang pas, mengetahui cara mengukur cincin juga bisa membantu saat ingin membeli cincin secara online. Ini juga bisa bagi mereka yang ingin memilih cincin untuk diberikan kepada pasangan mereka, karena itu mari ketahui cara mengukur lingkaran cincin. 

Cara Mengetahui Ukuran Cincin

Sejarah Cincin Menjadi Sebuah Simbolisme

Sejarah Cincin

Sebelum mengetahui cara mengukur cincin, mari ketahui dahulu sejarah cincin menjadi sebuah simbolisme seperti dalam hubungan. 

Cincin pernikahan adalah salah satu cincin perjanjian yang paling banyak digunakan, sejarah dari pertukaran cincin sudah ada sejak 3,000 tahun yang lalu. Namun, tidak semua cincin tersebut memiliki berlian. Pertukaran cincin berlian tercatat pertama kali adalah dalam wasiat seorang janda yang meninggal pada tahun 1417.

Digunakannya cincin oleh orang Mesir adalah untuk Egyptian Pharaohs atau untuk Firaun karena bentuknya. Bentuk dari cincin adalah lingkaran yang mereka gunakan untuk merepresentasikan keabadian. Mengapa lingkaran bisa merepresentasikan keabadian?

Hal ini karena bentuk lingkaran tidak memiliki awal dan akhir, serta matahari dan bulan juga berbentuk lingkaran.

Saat Aleksander Agung mengalahkan Mesir, mereka mengambil tradisi cincin, tetapi untuk beda penggunaan. Dimana di Mesir cincin digunakan oleh Firaun, di Yunani cincin digunakan untuk diberikan kepada pasangan mereka sebagai bukti kesetiaan.

Romawi menggunakan cincin untuk pernikahan karena kepercayaan Mesir bahwa jari manis di tangan kiri memiliki vena amoris atau pembuluh darah cinta yang langsung tersambung ke jantung sehingga timbul tradisi untuk mengenakan cincin pernikahan di jari manis. Tradisi ini berlanjut hingga sekarang.

Jenis – Jenis Cincin

Selain cincin pernikahan, masih banyak jenis – jenis cincin lainnya. Yuk, ketahui apa saja di bawah ini.

  • Promise Ring

Promise ring merupakan cincin yang digunakan untuk merepresentasikan perjanjian yang terjadi diantara dua orang yang sedang menjalin hubungan. Promise ring biasanya diberikan sebelum cincin pertunangan sebagai simbol keseriusan mereka dalam menjalin hubungan tersebut. Makna dari promise ring bisa berbeda bagi tiap pasangan, ada yang menggunakannya sebagai janji pertunangan di masa depan, sebagai rasa unjuk saling menyayangi dan lainnya. Menggunakan promise ring bisa di jari manapun, atau bahkan bisa digunakan sebagai kalung.

  • Purity Ring

Purity ring menyimbolkan dedikasi seseorang untuk menahan nafsu dan tetap suci sebelum menikah. Purity ring bisa digunakan oleh siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa, pria maupun wanita dan tidak ada aturan mengenai harus digunakan di jari mana. Saat seseorang memilih untuk mengenakan purity ring mereka harus melakukan purity pledge.

  • Friendship Ring

Friendship ring merupakan cincin yang digunakan oleh dua orang yang menjalin hubungan persahabatan untuk menunjukkan keakraban dan kedekatan mereka. Friendship ring juga digunakan untuk menunjukkan apresiasi dan dukungan atas satu sama lain.

  • Engagement Ring

Engagement ring atau cincin pertunangan merupakan cincin yang diberikan saat dilamar dan secara tradisional digunakan oleh calon mempelai wanita.

  • Eternity Band

Eternity band merupakan cincin yang diberikan setelah pernikahan. Lebih tepatnya diberikan saat anniversary sebagai simbol cinta yang tak kunjung habis. Secara tradisional, hanya wanita yang memakai eternity band dan meskipun bisa digunakan di jari manapun, banyak yang menggunakannya di jari manis tangan kiri.

Baca Juga: 7 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Ketahui Sekarang!

Ukuran Cincin 

Saat ingin membeli cincin, kita harus tahu dahulu ukuran cincin yang pas pada jari yang dituju. Bagaimana cara mengetahui ukuran cincin? Yuk, ketahui di bawah ini.

Pada dasarnya, ukuran cincin wanita dan ukuran cincin pria berbeda. Ukuran cincin wanita normal untuk berkisar sekitar ukuran 6, 6,5 dan 7 dan ukuran cincin pria normalnya ukuran 10, 10,5 dan 11. Namun, meski mengetahui ukuran normal untuk pria dan wanita, ketahui cara mengukur lingkaran cincin untuk mendapatkan cincin yang pas!

  • Benang

Menggunakan benang wol atau tali berbahan lembut lainnya bisa digunakan sebagai cara mengetahui ukuran cincin. Balut tali ke buku jari, bagian paling tebal dan menonjol yang akan dilewati cincin saat dipasang, dan beri tanda di ujung tali dengan pena. Ukur dengan penggaris untuk mengetahui diameternya.

  • Pita Meteran

Pita meteran bisa digunakan sebagai cara mengukur lingkaran cincin dengan jari melilitkannya ke buku jari mengelilingi jari – jari tangan dari angka nol dan ketahui angka apa yang terakhir di meteran. Lihat tabel konversi cincin untuk mengetahui ukuran yang pas dengan yang ditunjukkan pita meteran.

  • Kertas dan Penggaris

Kertas dan penggaris bisa digunakan untuk membantu menentukan ukuran cincin. Siapkan kertas, gunting, penggaris dan pena lalu potong kertas agar bisa dililit ke jari yang ingin dipasangkan cincin lalu beri tanda menggunakan pena dimana titik temu kertas. Jika sudah, ukur dengan penggaris dan cari ukurannya di tabel konversi cincin.

  • Ukuran dari Cincin Sebelumnya

Cara mengetahui ukuran cincin bisa dengan menggunakan cincin yang sebelumnya. Caranya adalah dengan meletakkan cincin di permukaan yang datang dan ambil penggaris, kemudian letakkan diatas cincin untuk menghitung diameter cincin bagian yang paling dalam dan bukan diluar. 

  • Beli Alat Ukur Cincin

Cara mengukur cincin paling mudah adalah dengan menggunakan alat ukur cincin. Lilitkan alatnya ke jari tangan, sesuaikan dan nomor ukuran cincin yang pas akan langsung terlihat.

super spekta day talkshow

Nah, itu lah cara mengetahui ukuran cincin untuk mencari cincin yang pas digunakan. Saat membeli cincin pastikan untuk mengecek jika diberikan sertifikat dan keasliannya ya agar selalu terlindungi. Selain cincin, kita juga bisa melindungi kesehatan, lho! Asuransi kesehatan bisa membantu melindungi diri seperti Super Easy Health dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait