cara dapat uang dari internet

Di rumah berasa gabut setengah mati? Sabar ya, pentingkan social distancing dan diam di rumah dulu itu lebih aman lho. Banyak kok kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama di rumah.

Tapi kalau dipikir-pikir, diam di rumah itu juga bikin kamu boros karena makin doyan belanja online. Jadi bingung gak sih, mesti gimana?

Tenang, hobi browsing itu berpotensi untuk menghasilkan uang lho. Tim Super You sudah siapkan 4 cara memanfaatkan internet untuk nambah uang jajan. Siap jadi produktif?

1. Mengisi survei online

Pertama, cobain isi survei online. Biasanya, banyak perusahaan yang butuh opini dari banyak orang, termasuk kamu nih. Tujuannya untuk mendapat masukan atau pendapat tentang produk yang mereka sudah atau sedang buat.

Tidak banyak. Kamu hanya butuh waktu, kesabaran, dan juga akun PayPal.

Jika kamu sudah mencapai poin tertentu maka kamu bisa mencairkan imbalannya dengan dipindahkan ke akun PayPal.

Tentunya cara kerja tiap website berbeda. Contoh website survei online yang bagus adalah YouGov Indonesia, Viewfruit, dan ySense yang tadinya bernama ClixSense.

2. Mengajar kelas online

Jago buat puisi? Atau pernah ikut lomba catur? Apapun kepintaranmu, kamu bisa berbagi dengan mengajar online dan mendapatkan uang lho.

Ditambah lagi, makin banyak pekerjaan yang mudah dikerjakan hanya dari rumah. Kelas online menjadi populer dan sering dicari baik oleh siswa maupun orang dewasa. Selain ngumpulin uang, seru kan sembari menambah ilmu di waktu senggang.

Di Rumah Saja? Berikut 45 Ide Usaha Yang Bisa Kamu Coba!

Apa syarat menjadi pengajar online?

Yang penting percaya diri dan berniat menekuni keahlianmu itu dengan cara mengajari orang lain aja kok. Gadget is a must, mengingat era digital yang mempermudah komunikasi. Jangan lupa juga untuk mengikuti ketentuan dari platform pengajar masing-masing.

Ada beberapa situs yang menyediakan kelas online. Jika kamu lebih percaya diri untuk mengajar bimbingan belajar online untuk anak-anak tingkat SD sampai SMA, maka kamu akan cocok untuk menjadi pengajar Ruang Les Online dari Ruang Guru.

Lain halnya, jika kamu mempunyai soft skill, kamu cocok untuk menjadi pengajar di Kelas Kita atau BitDegree.

Untuk Kelas Kita, sistem pembayaran dilakukan dengan pembagian hasil  60:40. Kamu akan mendapat 60% dari setiap pembayaran kelasmu dan 40% sisanya untuk Kelas Kita. Komisinya bisa ditarik kapan saja asal sudah lebih dari Rp500 ribu.

Sementara itu, Bit Degree mempunyai approach yang berbeda dimana mereka menawarkan 99% bagi hasil kepada pengajar dengan hanya 1% komisi bagi mereka. Namun, Bit Degree hanya bergerak khusus di bidang digital, seperti IT, desain, bisnis, maupun pemasaran.

3. Menjadi pekerja lepas atau freelancer

Jika kamu memang tertarik untuk bergerak di bidang digital, dengan skill seperti desain atau penulis copywriter, kamu akan cocok menjadi pekerja lepas! Biasanya pekerja lepas akan dibayar per projek yang mereka kerjakan. Namun, pada beberapa kasus, kamu bisa dibayar per jam dan dalam bentuk dolar.

Kamu harus mempunyai skill di bidang digital. Biasanya pekerja lepas lebih banyak dicari untuk bidang-bidang tersebut.

Namun, jangan takut karena kebanyakan skill di bidang digital bisa dipelajari dan diasah secara otodidak atau belajar sendiri.

Yang kamu perlukan adalah mencari bidang untuk ditekuni, semisal copywriting, dan mencarinya di Google atau YouTube dengan contoh seperti “belajar copywriting gratis.”

Setelah mendapatkan skill tersebut, kamu bisa pergi ke website-website yang mempromosikan jasa freelancer.

Jika kamu lebih familiar dengan bahasa Indonesia, maka kamu bisa mencoba untuk mendaftar pekerja lepas di dua situs berikut, yaitu Fast Work dan Projects.co.id.

Dari sini kamu bisa menemukan pekerjaan untuk jasa desain grafis, jasa ilustrasi, jasa arsitektur dan interior desain, jasa membuat aplikasi/program, jasa penerjemahan, jasa menulis (termasuk copywriting dan ghostwriting), jasa SEO (Search Engine Optimization), dan jasa lainnya.

Jika kamu cukup percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggis kamu, kamu bisa mencari pekerjaan di situs freelance internasional seperti UpWork atau Freelancer.com.

Jika kamu mempunyai banyak waktu, kamu bisa cari pekerjaan part time. Bedanya dengan freelance, kerja part time bakalan pakai kontrak jangka panjang

Pengen Punya Asuransi Tapi Gak Mau Bayar Premi Mahal?

Super You Saja. Mulai dari Rp.28.500 per Bulan lho!

Kamu-kamu yang punya jiwa estetik dan kreatif, wajib buka usaha custom nih. Mungkin kamu jago menciptakan lagu atau mendesain gelas?

Custom tentu banyak diminati sebab seseorang bisa mendapatkan suatu produk atau layanan sesuai yang dia mau. Contohnya, Christian Tucci berhasil menghasilkan uang dari membuat puisi custom bagi orang-orang.

Berguna buat sekitar, ngasih untung juga buatmu. Yuk, be more creative guys!

Selain kreativitas, kamu juga butuh skill digital marketing yang baik. Dengan mengetahui cara pemasaran yang benar di sosial media, kamu pun bisa mendapat customer untuk layanan apapun yang kamu sediakan.

Siap untuk work from home?

Apapun cara yang kamu pilih, selalu ingat bahwa uang bisa datang dari ilmu.

Tim Super You berharap agar kamu tetap aman dan sehat meski di rumah aja. Selalu sedia perlindungan diri dan lebih aware terhadap risiko penyakit. Mulailah dari perlindungan asuransi jiwa atau asuransi penyakit kritis, start from Rp30.000-an aja kok per bulan!

SHARE

Artikel Terkait Lainnya