Secara umum, begini proses pengajuan klaim cashless di luar negeri:
- Hubungi call center AdMedika dan lengkapi dokumen, seperti:
Jangan lupa untuk memberikan alamat e-mail kamu juga.
2. Call Center AdMedika akan mengecek apakah kamu benar peserta asuransi:
- Jika terkonfirmasi, maka lanjut ke proses berikutnya.
- Jika tidak, maka klaim akan ditolak.
Kemudian, AdMedika akan bekerjasama dengan International Assistance (IA) untuk menghubungi rumah sakit rekanan di luar negeri.
3. Call center IA akan melakukan koordinasi dengan rumah sakit rekanan tersebut dan memberikan konfirmasi ketersediaan dokter.
- Jika dokter tersedia, maka lanjut ke proses berikutnya.
- Jika tidak, maka klaim akan ditolak.
4. IA akan memberikan informasi kepada AdMedika yang akan menghubungi kamu kembali. Setelah itu, kamu akan menerima salinan Confirmation Letter.
5. Kamu bisa datang ke rumah sakit rekanan yang sudah disetujui dan menunjukkan kartu kepesertaan, kartu identitas, serta Confirmation Letter.
6. Lanjutkan dengan proses admisi dan perawatan rumah sakit.
7. Sebelum perawatan, pastikan dokter yang menangani perawatan mengisi formulir Pre-Admission dan mengirimnya ke IA.
8. IA akan bekerja sama dengan AdMedika dan Sequis untuk masalah pembayaran perawatan, dan akan memberikan Surat Jaminan ke rumah sakit rekanan yang bersangkutan.
Pra-pendaftaran untuk Rawat Inap di luar negeri (dengan diagnosis awal):
Jika kamu sudah mendapatkan diagnosis awal dengan dokter dari rumah sakit rekanan dan ingin menjalani perawatan:
- Pastikan kamu mencantumkan laporan medis atas kondisi diagnosis yang telah diterima (baik tes lab dan/atau diagnostik lainnya) pada formulir Pre Admission.
- Setelah menerima laporan medis ini, IA akan memberikan Surat Jaminan yang sesuai manfaat Polis kamu kepada rumah sakit rekanan yang bersangkutan.
Pra-pendaftaran untuk Rawat Inap di luar negeri (tanpa diagnosis awal):
Jika kamu belum mendapatkan diagnosis dengan dokter tertentu dari rumah sakit rekanan dan ingin mendapatkan diagnosis melalui perawatan di luar negeri:
- Kamu bisa mengklaim biaya prosedur diagnosis dan konsultasi jika sudah tercantum dalam manfaat Polis dan akan dibayarkan setelah pemeriksaan (secara reimbursement). Pastikan kamu menghubungi AdMedika atau IA untuk pendaftaran perawatan agar di-cover.
- Pastikan kamu mencantumkan laporan medis atas kondisi diagnosis yang telah diterima (baik tes lab dan/atau diagnostik lainnya) saat melengkapi formulir Pre Admission.
- Jika kasusnya sesuai dengan manfaat Polis setelah pemeriksaan dokumen, maka IA akan melakukan pendaftaran dengan fitur cashless dan menerbitkan Surat Jaminan kepada rumah sakit rekanan atas nama kamu.
Pra-pendaftaran untuk Rawat Inap di luar negeri (manfaat perawatan darurat):
- Kamu melakukan deposit terlebih dahulu dengan kartu kredit saat mendaftar perawatan.
- Pastikan kamu, keluarga, atau pihak rumah sakit menghubungi Sequis atau IA dalam waktu 24 jam setelah perawatan darurat.
- Pastikan kamu atau pihak rumah sakit mengirimkan formulir Pre Admission dan mencantumkan laporan medis atas kondisi diagnosis yang telah diterima (baik tes lab dan/atau diagnostik lainnya).
- IA akan mengecek apakah dokumen dan kasus kamu sesuai ketentuan manfaat pada Polis:
- Jika sesuai, maka kamu akan bisa mendapat fasilitas cashless. IA akan memberikan Surat Jaminan kepada rumah sakit rekanan yang bersangkutan.
- Jika tidak sesuai, maka klaim kamu akan ditolak.