bacaan sholat idul fitri

Hari sudah semakin dekat dengan lebaran, sudah hafal bacaan sholat idul fitri belum? Melakukan sholat ied merupakan salah satu anjuran untuk dilakukan oleh umat muslim di hari Idul Fitri dengan hukum sunnah muakkad yang berarti sangat dianjurkan. 

Bacaan Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri 

Sholat Idul Fitri merupakan Sholat Idain, sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan untuk menyambut hari raya Islam. Sholat Idain sendiri memiliki dua jenis, yaitu yang Sholat Idul Adha yang dilakukan pada hari raya Idul Adha dan Sholat Idul Fitri yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri. 

Pelaksanaan sholat Idul Fitri dilaksanakan oleh semua umat Islam di tanggal yang sama, yaitu 1 Syawal. Arti dari Idul Fitri sendiri berasal dari kata Ied yang berarti kembali dan Fitri yang berarti suci dan bersih dari semua dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya. 

Menjalankan sholat idul fitri memiliki rukun sholat yang sama dengan melakukan sholat fardhu lima waktu, tetapi dengan beberapa perubahan sholat yang dilakukan saat idul fitri bersifat sunnah. 

Cara sholat Ied fitri berbeda dari sholat lima waktu. Hal ini bisa dilihat dari waktu sholat dimulai, yaitu sejak matahari terbit hingga sudah masuk waktu sholat dzuhur. Sholat Ied fitri juga berbeda dari sholat idul adha yang dianjurkan mengawalkan waktu bagi mereka yang ingin berkurban selepas sholat Ied, sholat idul fitri disunnahkan untuk memperlambatnya untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang belum melakukan zakat fitrah. 

Sejarah Sholat Idul Fitri 

bacaan sholat idul fitri

Mendekati lebaran apa penasaran dengan sejarah sholat Idul Fitri? Perayaan sholat Idul Fitri pertama kali dilakukan pada 624 Masehi atau tahun ke-2 Hijriyah, bertepatan dengan usainya Perang Badan yang dimenangkan oleh umat Muslim. 

Pada saat itu, perang yang berlangsung saat Ramadan dengan jumlah pasukan umat Muslim yang sedikit jumlahnya dibandingkan dengan kaum Quraisy bisa menang merupakan sebuah keajaiban dari Allah SWT dan perayaan indah dan barokah dari bulan Ramadan. 

Baca Juga: Rayakan Tahun Baru Islam dengan Mempelajari Sejarahnya!

Bagaimana Tata Cara Sholat Idul Fitri dan Bacaannya?

Saat melaksanakan sholatnya, tata cara sholat Idul Fitri dan bacaannya juga berbeda dari sholat sunnah lainnya. Berikut ini adalah tata cara sholat Idul Fitri serta bacaan yang dilakukan sebelum dan saat hendak sholat. 

Sunnah Sebelum dan Sesudah Melaksanakan Sholat Ied Fitri 

Terdapat beberapa sunnah yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah melakukan sholat Ied Fitri, mari pelajari apa saja di bawah ini!

  • Sebelum Sholat Idul Fitri

Sunnah yang bisa dilakukan sebelum menjalankan sholat Idul Fitri adalah:

1. Mandi dan memotong kuku: Kebersihan merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, terutama sebelum melakukan sholat Idul Fitri. 

“Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, ‘Bahwasanya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha” (HR. Ibnu Majah)

2. Menggunakan wangi-wangian dan memakai pakaian terbaik: Sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri disarankan untuk memakai pakaian terbaik yang dimiliki dan wewangian.

“Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

1. Sebelum sholat pastikan untuk makan dahulu: Sebelum melakukan sholat Ied Fitri, Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk sarapan terlebih dahulu.  Rasulullah bersabda:

“Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia sholat dulu.” (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

2. Mengumandangkan takbir hingga saat waktunya sholat Ied Fitri: Salah satu sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengucapkan takbir sebelum memulai sholat Idul Fitri. Hal ini bahkan dilakukan pada malam sebelum Idul Fitri yang dikenal sebagai malam takbiran. 

  • Sesudah Sholat Idul Fitri 

Setelah selesai melaksanakan sholat Ied Fitri, terdapat beberapa sunnah yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Pulang lewat dari jalur yang berbeda dari saat berangkat: dengan tujuan dari amalan sunnah ini untuk berbagi kebahagian dengan orang lain, mengambil jalan yang berbeda tentunya akan bertemu dengan orang lain di perjalanan. Pastikan sapa dengan senyuman. 

“Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (Antara pergi dan pulangnya).” (HR. Bukhari)

2. Mengucapkan selamat seperti Taqabbalallahu Minna Waminkum kepada satu sama lain: Ucapan tersebut adalah doa yang berarti semoga Allah menerima amalan kami dan kalian. 

Baca Juga: 10 Cara Mengajarkan Anak Puasa dan Manfaatnya di Bulan Ramadhan

Tata Cara Sholat Idul Fitri 

bacaan sholat idul fitri

Pelaksanaan sholat Idul Fitri adalah pada 1 Syawal yang dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit hingga masuk waktu dzuhur, tetapi biasanya sholat Idul Fitri berjamaah dilaksanakan pada pukul 7-8 pagi hari. Ada berrapa rakaat sholat idul fitri? Dalam sholat Idul Fitri terdapat 2 rakaat dan untuk melaksanakan sholat, terdapat tata cara sholat Ied Fitri, yaitu:

  1. Dimulai dengan membaca niat sholat Idul Fitri 
  2. Dilanjutkan dengan membaca takbiratul ihram 
  3. Kemudian baca doa iftitah seperti ketika membaca tasbih 
  4. Baca surat Al Fatihah dan lanjutkan dengan membaca surat pendek 
  5. Lanjutkan dengan gerakan sholat pada umumnya, yaitu dengan rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud dan kembali sujud
  6. Pada rakaat kedua, melakukan takbir sebanyak lima kali dan disunahkan untuk membaca tasbih 
  7. Lanjutkan dengan surat Al Fatihah dan surat pendek 
  8. Rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud dan kembali sujud 
  9. Akhiri dengan melakukan tahiyat akhir dan salam seperti melaksanakan sholat biasa 
  10. Jika sudah selesai melaksanakan sholat Ied Fitri, maka khatib akan melakukan takbir sebanyak 9 kali dan pada khutbah yang kedua akan melakukan takbir sebanyak 7 kali. 

Niat Sholat Idul Fitri 

Saat hendak melakukan sholat Idul Fitri, salah satu bacaan sholat Idul Fitri adalah niat sholat. Bacaan niat sholat Idul Fitri terbagi menjadi tiga, yaitu pemimpin sholat atau imam, pengikut pemimpin atau makmum dan bagi mereka yang menjalankan sholat Idul Fitri sendiri. 

  • Niat Sholat Idul Fitri untuk Imam 

“Ushalli sunnatan Ii ‘idil Fithri rak’ataini imaman lillahi ta’alaa.”

Arti dari niat ini adalah: Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat menjadi imam karena Allah Ta’ala.”

  • Niat Sholat Idul Fitri untuk Makmum

“Ushalli sunnatan Ii’ idil Fithri rak’ataini makmuuman lillahi ta’ala.”

Arti dari niat ini adalah: Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah Ta’ala.”

  • Niat Sholat Idul Fitri Sendirian 

“Ushalli sunnatan li’ idil Fithri rak’ataini lillahi ta’alaa.”

Arti dari niat ini adalah: Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga: Siap Puasa Dengan Ketahui Bacaan Niat Mandi Puasa Ramadhan

Doa Sholat Idul Fitri 

Terdapat beberapa doa sholat idul fitri yang perlu dilakukan saat menjalankan sholat, yaitu:

  • Doa Iftitah

Tata cara sholat Idul Fitri dan bacaannya adalah membaca doa iftitah setelah takbiratul ihram. Bacaan doa iftitah adalah:

Kabiiraw walhamdu lilaahi katsuran wa subhaanallaahi bukrataw wa’ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin, inna shalaati wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lilaahi rabbil’aalamiin, laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina. 

Arti dari bacaan sholat Idul Fitri pada bagian doa iftitah adalah:

“Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha suci Allah pada pagi dan petang hari. Menghadapkan wajahku kepada tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukanNya. 

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu baginya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri.”

  • Takbir 

Salah satu bacaan sholat Idul Fitri adalah takbir yang dilakukan sebanyak 7 kali. Bacaan takbir sholat idul fitri yang dibaca setiap takbir adalah kalimat tasbih:

Subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar 

Arti dari bacaan sholat Idul Fitri ini adalah:

“Maha suci Allah, segala pujian bagi-nya, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar.”

Itulah penjelasan mengenai sholat Ied Fitri serta bacaan sholat Idul Fitri! Meski berhukum sunnah, tetapi sangat disarankan untuk dijalankan karena itu pastikan untuk mempersiapkan sholat lebaran sebaik mungkin dan mengikuti sunnah yang ada. 

Tidak ada yang tahu akan apa yang terjadi saat melaksanakan sholat Ied Fitri meski sudah jaga kesehatan, tetapi risiko bencana dapat diminimalisir dengan asuransi kesehatan. Super Easy Health dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh!

Artikel Terkait